GenK LIFE

Ingin Bayar Cashless? Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

pembayaran-cashless

Adanya sistem cashless adalah untuk mempermudah kegiatan penggunanya sehari-hari, terutama urusan finansial. Secara definisi, cashless adalah sistem pembayaran yang dilakukan secara digital, sehingga nggak pakai uang tunai lagi untuk melakukan transaksi. Biasanya juga disebut dengan pembayaran non-tunai. Apakah kamu salah satu penggunanya? 

Nah, baik pengguna atau calon pengguna, sebaiknya kamu cari tahu dulu apa saja kelebihan dan kekurangan pembayaran non tunai. Tentunya agar kamu lebih waspada meskipun ada banyak kemudahan yang ditawarkan. Mari kita simak dari kelebihannya terlebih dahulu. 

Kelebihan Menggunakan Cashless

pembayaran-cashless

Ilustrasi membayar cashless (Sumber: rd.com)

Menggunakan cashless tentu memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya. Pasti banyak kampanye yang pernah menyebutkan apa saja kelebihan dari pembayaran non-tunai ini, salah satunya pergerakan menuju cashless society atau masyarakat tanpa tunai yang memang sedang diterapkan di beberapa negara. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak kelebihan menggunakan pembayaran digital berikut ini!

1. Lebih Praktis 

pembayaran-cashless-praktis

Pembayaran non tunai lebih praktis daripada pembayaran tunai (Sumber: unsplash.com)

Apabila sudah terbiasa cashless, dampak positif yang paling terasa adalah transaksi pembayaran jadi lebih praktis. Kamu nggak perlu lagi membawa dompet tebal ke mana-mana karena semuanya sudah terhubung di satu aplikasi dompet digital. Nggak ada lagi yang namanya mencari uang receh atau belum ambil uang di ATM saat keadaan mendesak.

2. Lebih Cepat

pembayaran-pakai-kartu-lebih-cepat

Pembayaran menggunakan kartu atau dompet digital lebih cepat prosesnya (Sumber: unsplash.com)

Dengan pembayaran non tunai, proses transaksi akan terasa lebih cepat dan nggak memakan banyak waktu. Kalau dulu, saat membayar barang belanjaan secara tunai berarti waktu yang terpakai otomatis akan lebih banyak. Pertama menyiapkan uang, kedua transaksi, dan ketika menunggu kembalian. Kejadian seperti ini nggak akan kamu rasakan jika menerapkan pembayaran digital, karena proses transaksi dijamin lebih cepat.

3. Jejak Transaksi yang Jelas

kelebihan-cashless

Transaksi cashless bisa dilacak melalui history pembayaran (Sumber: unsplash.com)

Kelebihan cashless yang berikutnya yaitu semua jejak transaksi bisa kamu lihat kapan saja dan di mana saja, tentunya dengan daftar transaksi yang mendetail di penyedia layanan. Dengan begitu kamu nggak perlu lagi repot-repot menyimpan struk sebagai bukti transaksi, karena tinggal cek saja di histori pemasukan dan pengeluaran.

Baca Juga :   Benarkah Cashback Dompet Digital Bikin Ketagihan?
About author

Related posts
GenK LIFE

Mengenal Hari Bahasa Ibu, Perjuangan Mempertahankan Bahasa Asli

GenK LIFE

Mulai Daur Ulang Plastik, Langkah Kecil Selamatkan Bumi

GenK LIFE

7 Cara Agar Tidak Mudah Baper, Kamu Wajib Tahu!

GenK LIFE

Cara Mengusir Overthinking Buat Kamu yang Gampang Galau, Yuk Disimak!