5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Bikin Podcast

Dibaca Normal: 4 menit aja
kenapa harus bikin podcast

Podcast sedang ramai diperbincangkan loh. Media yang popularitasnya terus meroket ini membuat banyak orang tertarik untuk menjadi seorang podcaster. Hmm Kira-kira apa saja yah yang menjadi alasan kenapa harus bikin podcast?

Seandainya kamu bertanya-tanya apakah podcast layak untuk dicoba atau tidak, jawabannya adalah iya.

Meskipun tren podcastbelum bisa mengalahkan YouTube, tapi media kreatif yang satu ini tidak bisa dianggap remeh. Dapat dilihat dari perkembangannya yang semakin hari semakin meroket.

Kalau soal penggemar jangan ditanya lagi, GenK. Pendengar podcast diprediksi akan semakin meningkat di tahun mendatang.

Untuk lebih lengkapnya, kami sudah merangkum 5 hal yang menjadi alasan kenapa harus bikin podcast. Yuk disimak!

Tidak Semua Orang Bisa Nge-Vlog

Profesi YouTuber nampaknya dicita-citakan oleh banyak orang. Mengingat saat ini YouTube menjadi fenomena digital yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Melihat keseruan para YouTuber yang bikin vlog hampir setiap hari dan setelah itu mendapat pemasukan dari kontennya memang menggiurkan. Siapa sih yang gak mau?

kenapa harus bikin podcast

Canggung di depan kamera (sumber: shutterstock.com)

Sayangnya tidak semua orang bisa berbicara di depan kamera. Merasa canggung saat rekaman sangat mungkin terjadi kalau kamu belum terbiasa. Diperlukan latihan berkali-kali sampai akhirnya kamu bisa lancar ngobrol sama viewers nan jauh di sana.

Intinya sih harus pede, GenK. Langkahnya seperti cara membuat vlog yang pernah kami bahas di artikel sebelumnya.

Podcast lebih mengutamakan audio daripada visual.

Berbeda dengan vlog, konten podcast yang pada dasarnya mengutamakan audio ini bisa dibuat tanpa perlu menampilkan visual. Jadinya gak perlu grogi lagi saat proses rekaman suara, GenK. Ungkapkan semua yang ada di benakmu lewat kata-kata secara bebas.

Baca Juga
Rekomendasi Podcast Indonesia yang Wajib Kamu Dengarkan

Seperti Ngobrol Sama Teman

Mau dengar paranormal experience, curhat soal pekerjaan, atau sekadar sharing pengalaman hidup semuanya bisa kamu lakukan lewat media podcast. Sehingga pendengar merasa lebih dekat denganmu. Apalagi kalau topik bahasannya sangat personal, kayak ngobrol sama teman deh.

Mendengar podcast (sumber: pexels.com)

Lain halnya dengan blog yang harus dibaca atau video yang mengharuskan kamu untuk duduk dan menonton, pendengar podcast hanya perlu menekan tombol play dan mendengarkan podcaster berbicara sampai selesai.

Storytelling menjadi cara yang paling efektif untuk belajar dan terkoneksi dengan dunia.

Mau didengar sambil masak, sambil menyetir mobil, atau untuk menemanimu sebelum tidur juga bisa dong, karena podcast siap menemanimu kapan saja dan di mana saja, GenK. Seru kan?

Tidak cuma sampai di sini loh, kami masih punya alasan lainnya kenapa harus buat podcast di poin berikutnya. Yuk lanjut!

Potensi Pendengar yang Lebih Besar

Beberapa orang masih belum tahu perbedaan podcast dengan radio. Kalau kamu sendiri sudah tahu belum, GenK?

Konten podcast punya potensi pendengar yang lebih banyak karena topik pembahasan yang lebih luas. Bisa didengarkan dari mana saja dan kapan saja.

Umumnya, radio memiliki cakupan pembahasan yang lebih luas ketimbang podcast, karena semua informasi bisa kamu akses hanya dengan mendengar satu stasiun radio. Keadaan ini dikarenakan radio dibatasi oleh wilayah geografis lokasi stasiun radio berada.

radio

Stasiun radio (sumber: bizjournals.com)

Lalu, apa itu podcast?

Podcast adalah channel yang mengangkat topik pembahasan yang jauh lebih spesifik dan juga tidak terikat dengan aturan seperti radio. Kalau begini semua orang jadi betah untuk berlama-lama mendengarkan siaran podcast.

Apabila kamu ingin tahu informasi yang lebih lengkap, kamu dapat membaca tentang apa perbedaan podcast dengan radio di artikel yang sudah kami publish sebelumnya, yuk!

Baca Juga
6 Rekomendasi Aplikasi Edit Suara di Android dan iPhone

Popularitas Podcast Terus Naik

Boleh dikatakan podcast termasuk media yang cukup tertinggal, tapi bukan berarti tidak berkembang loh. 五

Seperti yang kami kutip di dalam artikel Search Engine Journal, 10 Reasons Why You Need to Add Podcasts to Your Strategy (20/5/2019), yaitu:

Terdapat 48 juta pendengar podcast mingguan pada tahun 2018. Jumlah ini diperkirakan akan terus tumbuh menjadi 115 juta pendengar pada tahun 2021.

kenapa harus bikin podcast

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulai, karena semakin lama, semakin banyak pula bisnis podcast yang akan menjamur seiring berjalannya waktu, GenK.

So, lebih baik mempersiapkan dan mengembangkan konten podcast-mu sekarang sebelum kompetisi yang sebenarnya dimulai.

Memangnya kamu mau rezeki dipatok ayam?

Biaya Pembuatannya Terjangkau

Alasan kenapa harus bikin podcast yaitu karena biaya pembuatannya yang terjangkau. Terdapat banyak opsi yang bisa menjadi pilihan alat rekam untuk membuat podcast.

kenapa harus bikin podcast

Membuat podcast (sumber: pexels.com)

Memang sih, harga tidak akan pernah bisa menipu. Kualitas barang yang murah mungkin memberikan hasil yang kurang sesuai dengan keinginanmu. Untuk itu, kamu perlu berinvestasi dalam pembelian alat yang lebih mahal, GenK.

Beberapa alat mendasar yang mesti kamu punya saat baru mulai membuat podcast yaitu, mikrofon, komputer, mixer, aplikasi edit suara, dan XLR portable (alat untuk mengonversi suara analog menjadi digital).

Penasaran dengan cara lengkapnya? Yuk baca panduan lengkap cara membuat podcast Spotify yang pernah kami bahas di artikel sebelumnya.


Balik lagi ke pertanyaan awal nih. Setelah membaca apa saja hal yang menjadi alasan kenapa harus bikin podcast, haruskah kamu mulai membuat podcast?

Jawabannya tentu iya, kamu harus mulai terjun di dunia podcast sekarang juga. Podcast menjadi media untuk berkarya yang mudah digunakan, dikembangkan, terjangkau, dan tidak ada batasan ide yang mengikat.

Audiensnya sudah ada, tinggal buat sekarang, dan ambil hati mereka dengan kontenmu, GenK!

Polling

Ditulis Oleh

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
GenK LIFE

Ingin Jadi Digital Nomad? Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

GenK LIFE

Tips dan Trik Cara Menjadi Digital Nomad Abad ke-21

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Digital Nomad, Si Pengembara Abad ke-21

GenK LIFE

6 Situs Kursus Online Gratis untuk Menunjang Karier

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link