fbpx

Kepribadian Pekerja Kreatif Berdasarkan Golongan Darah

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
kepribadian berdasarkan golongan darah

Eh, kamu kok perfeksionis banget sih? Golongan darah kamu A yah pasti”. Ada yang pernah mendengarkan hal seperti di atas, GenK?  Tes kepribadian berdasarkan golongan darah sempat populer beberapa waktu yang lalu. Apakah kamu pernah mencobanya? 

Dalam menentukan kepribadian seseorang, terdapat banyak cara yang kerap kali dilakukan. Mulai dari membagi kepribadian berdasarkan zodiak atau shio Cina, tes kepribadian MBTI, sampai mengelompokan kepribadian berdasarkan golongan darah. 

Sejak beberapa tahun belakangan, tes kepribadian berdasarkan golongan darah cukup ramai diperbincangkan terutama oleh para kawula muda. Nah, bagaimana golongan darah bisa menggambarkan aktivitas kreatif seseorang ya?

Kuylah kita baca di bawah. 

Mengenal Kepribadian Berdasarkan Golongan Darah 

Kepribadian berdasarkan golongan darah 1

Ilustrasi kepribadian berdasarkan golongan darah (sumber: tofugu.com)

Tahukah kamu golongan darah yang kamu miliki? Bagaimana dengan anggota keluargamu? 

Golongan darah merupakan sistem yang dipakai untuk mengelompokan tipe darah manusia menjadi empat golongan yaitu A, B, O, dan AB. Sistem pengelompokan ini sudah ada sejak lama, dan banyak dipakai dalam dunia kesehatan untuk mencari tahu tipe darah seseorang. 

Mencari tahu tipe darah seseorang merupakan hal yang krusial, terkait dengan proses transfusi darah. Dengan mencocokan golongan darah yang sesuai, proses transfusi darah dapat terjadi dan berjalan dengan baik. 

Nah, tapi ternyata bukan cuma dipakai sebagai bahan transfusi darah nih, GenK. Golongan darah juga menjadi salah satu indikator yang digunakan untuk menentukan kepribadian seseorang. 

Meskipun ada banyak tes kepribadian lain yang dapat dicoba, tes kepribadian dengan menggunakan golongan darah adalah yang paling familiar di Jepang, Korea, dan beberapa negara di Asia lainnya. Orang-orang dari Jepang dan Korea sangat mempercayai jenis kepribadian berdasarkan golongan darah. 

Orang-orang di Jepang, terutama para kaum perempuan, sangat senang dalam hal pembahasan terkait golongan darah. Hampir 99% orang Jepang mengetahui golongan darahnya masing-masing, berdasarkan survei yang diadakan terhadap 3,355 orang pada tahun 2016 kemarin. 

Baca Juga   4 Profesi Kekinian yang Cocok untuk Lulusan Desain Komunikasi Visual

Budaya Negeri Matahari Terbit 

Kepribadian berdasarkan golongan darah 2

Ilustrasi orang berkumpul (sumber: metropolisjapan.com)

Di Jepang, golongan darah merupakan bagian penting yang digunakan sebagai indikator untuk mengetahui kepribadian seseorang. Maka dari itulah tes kepribadian ini dinamakan “Japanese Blood Type Personality”, atau Kepribadian Berdasarkan Golongan Darah Jepang. 

Saat kamu melancong ke Negeri Matahari Terbit atau sekadar bertemu dengan orang Jepang, jangan sampai kaget kalau salah satu hal pertama yang mungkin ditanyakan adalah mengenai golongan darahmu. Belajar mengenai golongan darah bisa membantumu berteman dengan orang Jepang loh

Menanyakan golongan darah di Jepang merupakan hal yang sangat wajar saat seseorang pertama kali bertemu. Mirip saat kita menanyakan zodiak yang dimiliki oleh seseorang. Dengan mengetahui golongan darah, orang Jepang akan tahu orang seperti yang mereka temui dan cocok tidaknya dengan kepribadian mereka.

Tidak sedikit loh, orang Jepang yang sangat terobsesi dengan pengelompokan kepribadian ini. Beberapa perempuan bahkan menolak untuk menjalin hubungan dengan laki-laki yang memiliki golongan darah yang dianggap tidak sesuai dengannya, GenK. 

Meskipun kepribadian berdasarkan golongan darah ini masih tergolong pseudoscience, yang tidak dapat didukung oleh fakta ilmiah, penggunaannya masih sangat marak hingga saat ini. Budaya bersosialisasi, etika, watak, hingga karakter seseorang di tempat kerja pun dapat dibaca hanya dari melihat golongan darahnya. 

Golongan-golongan darah tertentu memiliki tingkat kecocokan antara satu dan lainnya, dengan mempertimbangkan ciri-ciri dari sifat yang dimiliki oleh tiap-tiap golongan darah. 

Baca Juga   5 Cara Menambah Followers Twitter ala kreativv ID

Tipe-tipe Kepribadian Anak Kreatif Berdasarkan Golongan Darah 

Ilustrasi jenis-jenis kepribadian (sumber: tofugu.com)

Nah, setelah mengetahui cerita singkat mengenai teori kepribadian berdasarkan golongan darah, waktunya kamu cari tahu tipe-tipe anak kreatif sesuai golongan darahnya, GenK. Ini dia nih: 

1. Si Rapi, Golongan Darah A  

Kepribadian berdasarkan golongan darah 5

Ilustrasi kepribadian darah A (sumber: tofugu.com)

Kamu punya teman di kantor yang selalu rapi dan terorganisir? Setiap menulis ide hasil brainstorming, pasti tulisannya tertata dan bahkan memakai bolpoin warna-warni supaya enak dibaca. Ada kemungkinan kalau teman kamu itu bergolongan darah A, GenK. 

Si rapi dan perfeksionis, dua sifat tersebut paling sering diasosiasikan dengan para pemilik golongan darah A. Segala hal harus dilakukan dengan terencana dan dilakukan dengan sangat teliti. Pas ngerjain proyek misalnya, pokoknya setiap detail kegiatan harus dibuat dengan matang. 

Karena sifatnya yang perfeksionis ini, mereka juga biasanya keras kepala dan mudah stres jika sesuatu berjalan tidak sesuai dengan rencananya. Jadi harus cukup sabar nih saat bekerja dengan golongan darah A. 

Tapi dijamin deh, semua pekerjaan yang diberikan kepada mereka akan terlaksana dengan baik dan pasti beres. Faktanya, 40% orang Jepang memiliki golongan darah ini. Makanya gak kaget dong, kalau orang Jepang terkenal sangat rapi dan perfeksionis.  

Baca Juga   Manajemen Perhatian agar Mengerjakan Tugas Lebih Efisien

2. Si Kreatif, Golongan Darah B

Kepribadian berdasarkan golongan darah 6

Ilustrasi kepribadian darah B (sumber: tofugu.com)

Berbicara mengenai hal-hal kreatif, tak lengkap rasanya tanpa turut mengikutkan para pemilik golongan darah B. Kekuatan utama yang dimiliki oleh tipe darah ini ada pada kreativitasnya yang tanpa batas. Ide-ide baru dan inovatif dapat selalu muncul dari mereka, GenK. 

Untuk mencari inspirasi ide, mereka biasanya akan pergi keluar dan melakukan hal-hal baru yang anti-mainstream. Seperti mencoba brainstorming sambil travelling atau sekadar berjalan-jalan di sudut kota tua. Jiwa petualang golongan darah B sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. 

Orang bertipe ini juga memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi, paling anti dengan kebiasaan yang membosankan dan konvensional. Buat kamu yang sering kebingungan dalam mencari ide, bisa banget berdiskusi dengan mereka untuk inspirasi baru.  

3. Si Optimis, Golongan Darah O 

Kepribadian berdasarkan golongan darah 7

Ilustrasi kepribadian darah O (sumber: tofugu.com)

Buat para pekerja kreatif bergolongan darah O, mereka inilah yang biasanya menjadi mood maker saat lagi ngumpul. Apapun acaranya, semua bisa dibuat menjadi lebih menyenangkan dengan kehadiran temanmu bergolongan darah O. 

Dalam melakukan pekerjaannya, mereka selalu optimis dan selalu mengusahakan yang terbaik. Energi positif akan dibawa ke dalam setiap langkahnya, jadi orang-orang di sekitar biasanya juga ikut tertular dan jadi lebih bersemangat saat mengerjakan tugas-tugasnya. 

Tipe kepribadian ini berbanding terbalik dengan si rapi yang bergolongan A. Jika para perfeksionis dari tipe A sangat memperhatikan detail saat mengerjakan proyeknya, mereka yang bergolongan darah O lebih condong ke garis besarnya dan tidak terlalu berfokus pada hal-hal kecil.

Secara alami, pemilik darah O juga mempunyai bakat leadership yang baik dan sangat percaya diri dengan kemampuan yang dimilikinya. Jadi sangat bisa diandalkan untuk presentasi ide, GenK. 

Baca Juga   5 Cara Keluar dari Hidup Membosankan

4. Si Eksentrik, Golongan Darah AB 

Kepribadian berdasarkan golongan darah 8

Ilustrasi kepribadian darah AB (sumber: tofugu.com)

Dengan statusnya sebagai golongan darah paling langka di dunia, tipe darah AB memang istimewa, GenK. Kepribadian berdasarkan golongan darah A dan B bersatu padu dalam satu karakter yang ada pada kategori ini nih.

Orang dengan darah AB memiliki banyak sifat yang cukup unik. Mereka memiliki kharisma yang dapat menarik perhatian banyak orang, makanya gak kaget lagi kalau tipe ini cukup populer dan pas untuk dijadikan visual atau perwakilan sebuah kelompok. 

Soal mencari ide, kamu tidak perlu ragu lagi dengan kemampuan si AB ini, GenK. Paling jago dalam urusan hal-hal yang berbau artistik dan menarik. Para pemilik golongan darah ini cocok banget kalau dipasangkan dengan golongan darah B. Dijamin deh, inspirasi ide mereka pasti bikin kamu bertepuk tangan. 


Wah, menarik banget kan. Cuma berbekal golongan darah, kamu jadi tahu karakter yang dimiliki seseorang. Eits, tapi tetap diingat kalau patokan ini tidak untuk menjadi stereotip yah. Kepribadian seseorang bisa saja berbeda dan tidak selalu mirip dengan apa yang dikategorikan. Semuanya balik lagi ke diri masing-masing, GenK. 

 

Tentang Penulis

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
GenK LIFE

5 Alasan Kenapa Orang Suka Foto di Kamar Mandi

GenK LIFE

Kenapa Milenial Hobi Travelling? Bukan Sekadar Tren Loh..

GenK LIFE

Cek Plagiat dengan Cara Ini, Biar Karyamu Gak Menyalahi Aturan

GenK LIFE

4 Alasan Kenapa Orisinalitas Itu Penting di Industri Kreatif

GenK LIFE

4 Trik Instastory Kekinian Buat Instagram Makin Kece

GenK LIFE

Gini Jadinya Kalau Kekuatan Superhero Bumilangit Dipakai Sehari-hari!

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Hashtag Serta Tips & Trik Cara Pakainya

GenK LIFE

7 Jenis Pekerjaan dalam Satu Tim Produksi Animasi

GenK LIFE

5 Cara Menambah Followers Twitter ala kreativv ID

GenK LIFE

4 Profesi Kekinian di Industri Kreatif yang Bisa Kamu Coba

GenK LIFE

Serba Bisa dengan 3 Hard Skill Serbaguna di Industri Kreatif

GenK LIFE

7 Jenis Profesi Buat Kamu yang Hobi Menulis

GenK LIFE

5 Tips Facebook Marketing untuk Membangun Brand-mu

GenK LIFE

5 Tips Kreatif Main Instagram agar Kontenmu Lebih Menarik

GenK LIFE

Cara Membuat Form Online Praktis dan Gratis

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Copyright, Anak Kreatif Wajib Tahu

GenK LIFE

10 Ciri Orang dengan Intuisi Tinggi yang Berani Mewujudkan Idenya

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Art Block dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

5 Jenis Pekerjaan Buat Kamu yang Hobi Menggambar

GenK LIFE

Yuk Belajar Cara Membuat Kalender Sendiri

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link
kid logo
EARLY BIRD
Daftar dengan mengisi form di bawah ini

 
close-link