fbpx

4 Alasan Kamu Harus Jadi Pribadi Konsisten

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
konsistensi adalah

Untuk mencapai sebuah tujuan hidup diperlukan kegigihan. Namun, sebuah kegigihan akan percuma jika tidak dibarengi dengan konsistensi, GenK.

Misalnya kamu sedang menjalankan diet. Di dalam tiga bulan, kamu selalu makan makanan yang sehat, menjaga pola tidur, dan selalu olahraga dengan teratur. Alhasil kamu berhasil menurunkan berat badan sesuai target. Tubuhmu pun menjadi ideal.

konsistensi adalah 1

Ilustrasi olahraga untuk menurunkan berat badan (sumber: pexels.com)

Namun, di bulan berikutnya, kamu mulai jenuh menjalankan rutinitas yang kamu lakukan selama diet dulu. Akhirnya, di dua bulan setelahnya, tubuhmu kembali membesar dan tidak sesuai lagi dengan target awal.

Inilah salah satu bukti kenapa konsistensi sangat dibutuhkan, GenK.

Kamu tahu trik nya, kamu juga gigih menjalankan setiap stepnya,  tetapi kamu lengah soal mempertahankan tubuh ideal tersebut. Sayang banget kan kamu sudah berjuang berbulan-bulan, eh berat badannya malah balik lagi karena tidak konsisten.

Hayo… kalau kamu sendiri orang yang konsisten atau bukan, GenK?

Supaya kamu lebih paham lagi apa itu konsistensi dan apa saja sih manfaatnya kalau diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari, kami punya penjelasan singkatnya khusus buat kamu nih.  

Apa Itu Konsistensi?

Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.

Kamu pasti sudah pernah mendengar penggalan peribahasa di atas. Yap, peribahasa tersebut bisa menggambarkan secara singkat betapa pentingnya konsistensi dalam berkehidupan.

konsistensi adalah 2

Ilustrasi menentukan goals (sumber: pexels.com)

Menurut KBBI, konsistensi adalah ketetapan dan kemantapan dalam bertindak. Atau secara garis besar, konsisten adalah kemauan dan kemampuan kamu untuk mencapai goals atau target sampai benar-benar tercapai dan terealisasikan.

Memang, untuk mencapai goals tidak akan mudah. Apalagi kalau goals tersebut merupakan hal yang besar dan terasa sangat sulit dijangkau. Akan tetapi kalau kamu konsisten, semua bisa diatasi kok.

Jangan lupa, kesuksesan selalu diawali dengan kegagalan.

Baca Juga   Bridge of Life: Kalimat Positif Pemberi Harapan Hidup di Atas Sungai Han

Habis gelap terbitlah terang.  

Konsistensi Bisa Mengalahkan Kualitas Loh

Banyak orang yang lebih berbakat darimu. Mereka lebih pintar, lebih kaya, lebih keren, dan tentunya lebih kreatif darimu. Tapi bagaimana cara untuk tidak kalah dari mereka?

Konsistensi adalah kunci utamanya. Semua orang bisa berkarya.

Semua orang. Tapi yang pada akhirnya bisa bertahan adalah orang yang konsisten.

Ini seleksi alam. Jika kamu konsisten, pasti kamu bisa mencapai tujuan. Bahkan ada yang mengatakan bahwa konsistensi bisa mengalahkan kualitas.

konsistensi adalah 3

Ilustrasi malas (sumber: pexels.com)

Pernah dengar istilah “rezeki dipatok ayam”?

Kita ambil contoh yang mudah. Misal, kamu adalah seorang komikus digital. Setiap hari Sabtu, kamu pasti mengunggah episode terbaru. Namun suatu waktu kamu mengalami writer’s block.

Baca Juga   Kenapa Waktu Terasa Cepat di Situasi Tertentu?

Bagaimana cara kamu melalui masa-masa krisis ide? Apakah kamu memilih untuk tenggelam bersama permasalahan tersebut atau malah bangkit lagi dan melanjutkan komik digital buatanmu?

Kalau kamu memilih untuk terus menunda episode berikutnya, maka akan ada komikus baru yang kapan pun bisa menggantikan posisimu. Walau dari segi ilustrasi gambar dan jalan ceritanya masih kurang oke, tapi karena dia konsisten dengan terus mengunggah episode komik digitalnya, maka dia bisa saja mengalahkanmu.

konsistensi adalah 4

Ilustrasi menyusun strategi (sumber: pexels.com)

Konsisten adalah strategi yang paling efektif untuk terus maju, bahkan melewati pesaing terberat.

Akan tetapi, walaupun konsistensi bisa mengalahkan kualitas, alangkah baiknya kalau konsistensi ini juga diikuti dengan kualitas. Yang tadinya sudah dapat nilai A, maka kamu bisa dapat A+.

Cobain deh. Dijamin tidak akan rugi, GenK!

“If you’re not that good now, consistency will make you better.”

Belajar Disiplin Dulu Yuk!

Buat kamu yang mau menjadi orang yang konsisten, ada berbagai macam cara loh yang bisa kamu coba. Nah, satu hal yang wajib banget kamu coba adalah dengan menerapkan sifat disiplin.

Tidak semua orang bisa bekerja secara teratur, GenK. Sebagian orang lebih banyak membuang waktu untuk menunggu, misalnya menunggu inspirasi, ide, maupun mengerjakan revisi pekerjaan. Kalau kamu masuk ke dalam golongan yang hanya mau menunggu, kapan mau memetik hasilnya?.

Kunci konsistensi adalah selalu mengingat apa saja skala prioritasmu, apa yang lebih penting, dan apa targetmu selama ini.

Kalau ketiga hal itu sudah tertanam di dalam diri, maka kamu tidak akan mager lagi untuk berdisiplin menyelesaikan semua pekerjaan.  

Membentuk Karakter Diri lewat Konsistensi

Pengulangan yang dilakukan secara terus menerus akan membentuk karakter diri. Pertanyaannya, karakter seperti apa yang mau kamu bangun? Kamu ingin dipandang seperti apa oleh orang lain?

konsistensi adalah 5

Ilustrasi menunda pekerjaan (sumber: pexels.com)

Untuk konteks yang satu ini, kami ambil contoh lagi deh.

Misalkan kamu adalah seorang karyawan kantor. Lalu bosmu meminta kamu untuk mengumpulkan laporan tepat jam 4 sore setiap harinya. Pada hari pertama, kamu dapat melakukannya. Tapi karena satu dan lain hal, kamu tidak pernah bisa mengumpulkan laporan tepat waktu di hari-hari selanjutnya. Maka bosmu akan menganggap bahwa kamu tidak serius menjalani pekerjaan yang sedang kamu tekuni sekarang. Bisa-bisa posisimu akan digantikan oleh orang lain.

Sifat malas, jika dibiarkan, akan benar-benar tertanam menjadi kebiasaan yang membentuk karakter diri kamu.

Itu berarti, kalau ingin membangun karakter yang bagus, maka cobalah dimulai dengan berdisiplin melakukan sikap yang bagus. Setelah itu tinggal bagaimana cara kamu untuk tetap konsisten menjalankan setiap pekerjaan.

Mau bagaimanapun, setiap pekerjaan yang kamu pegang merupakan tanggung jawabmu. Tidak mesti pekerjaan di kantor kok, tetapi pekerjaan yang sering dianggap sepele pun harus dilakukan secara konsisten, GenK. Intinya adalah komitmen.

Mulai sekarang coba tanamkan self discipline di dalam diri kita, yuk!  

Baca Juga   Cara dan Tips Membuat Musikalisasi Puisi Sederhana

Konsistensi Membuatmu Lebih Mudah Mencapai Goals

konsistensi adalah 6

Ilustrasi mencapai goals (sumber: pexels.com)

Percaya atau tidak, dengan terus konsisten, kamu bisa lebih mudah mencapai goals loh. Karena, kamu tidak akan mudah menyerah jika berbagai kendala datang menghampirimu kapan saja dan di mana saja.

Sifat disiplin yang sudah ditanamkan akan semakin membantu kamu untuk tetap berada di jalur yang seharusnya. Kamu pun akan menjadi pribadi yang tekun dan gigih, GenK.

Oh iya, setiap konsistensi dan kegigihan selalu berjalan secara beriringan. Atau dengan kata lain, kegigihan adalah penunjang agar kamu bisa terus konsisten dan pada akhirnya bisa mencapai goals.


Jadi, konsisten adalah kunci dari segala kesuksesan. Jangan lupa juga untuk menjaga kualitas pekerjaanmu. Jangan biarkan kamu jatuh karena sisi negatifmu. Ayo terus berkarya, GenK! Semangat!

Tentang Penulis

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
GenK LIFE

7 Jenis Pekerjaan dalam Satu Tim Produksi Animasi

GenK LIFE

5 Cara Menambah Followers Twitter ala kreativv ID

GenK LIFE

4 Profesi Kekinian di Industri Kreatif yang Bisa Kamu Coba

GenK LIFE

Serba Bisa dengan 3 Hard Skill Serbaguna di Industri Kreatif

GenK LIFE

7 Jenis Profesi Buat Kamu yang Hobi Menulis

GenK LIFE

5 Tips Facebook Marketing untuk Membangun Brand-mu

GenK LIFE

5 Tips Kreatif Main Instagram agar Kontenmu Lebih Menarik

GenK LIFE

Cara Membuat Form Online Praktis dan Gratis

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Copyright, Anak Kreatif Wajib Tahu

GenK LIFE

Kepribadian Pekerja Kreatif Berdasarkan Golongan Darah

GenK LIFE

10 Ciri Orang dengan Intuisi Tinggi yang Berani Mewujudkan Idenya

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Art Block dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

5 Jenis Pekerjaan Buat Kamu yang Hobi Menggambar

GenK LIFE

Yuk Belajar Cara Membuat Kalender Sendiri

GenK LIFE

5 Cara Tepat dan Mudah Belajar Mengetik Cepat

GenK LIFE

Apa Itu Meme? Budaya Komunikasi Kekinian Anak Milenial

GenK LIFE

5 Alasan Kenapa Self-Talk Bisa Bikin Hidup Lebih Tenang

GenK LIFE

Design Thinking, Skill Mencari Solusi yang Dibutuhkan di Zaman Sekarang

GenK LIFE

Memahami Fobia Generasi Milenial: dari FOMO hingga Jomblo

GenK LIFE

Baru Mulai Bisnis? Yuk Baca Cara Jualan Online Lengkap!

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link