Kota-Kota Misterius yang Ada di Indonesia

Dibaca Normal: 3 menit aja

Indonesia sebagai salah satu negara kepulauan, juga dikenal sebagai negara yang memiliki keanekaragaman kebudayaan. Tak hanya itu, masyarakat Indonesia juga masih memiliki kepercayaan akan misteri masing-masing hingga akhirnya timbul dan berkembang secara turun temurun. Misteri-misteri yang dipercayai seperti misteri benda pusaka, makhluk gaib penunggu tempat tertentu dan lainnya. Salah satu misteri yang juga banyak jadi bahan perbincangan adalah mengenai kota misteri atau kota gaib. Berikut beberapa kota misteri atau kota gaib yang dipercaya ada di beberapa daerah di Indonesia.

1. Padang 12

Padang 12. (Sumber: rhienawathie)

Walau disebut sebagai Kota Padang 12, kota misterius yang satu ini bukan terletak di pulau Sumatera atau di Padang.  Kota ini terletak di Ketapang, Kalimantan Barat. Kota ini disebut sebagai Padang 12 karena kerajaan tersebut memiliki luas 12 meter persegi yang berupa padang tandus yang dipenuhi rerumputan liar. Padang 12 diketahui sebagai kota gaib tempat sebuah suku gaib yaitu suku Limun tinggal dan memiliki kehidupan yang mewah.

Menurut penuturan warga setempat, anggota suku Limun juga kerap kali berinteraksi drngan warga sekitar hingga membeli berbagai bahan makanan di pasar. Mereka menggunakan kunyit sebagai alat tukar yang keesokan harinya dipercaya berubah menjadi emas. Konon, rumah-rumah dari suku Limun sendiri terbuat dari emas dan memiliki banyak kendaraan mewah. Walau demikian, hanya orang-orang tertentu saja yang dapat melihatnya.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider
Baca Juga
Kota Manakah di Dunia yang Cocok dengan Kepribadianmu?

2. Wentira

Tugu kuning Wentira. (Sumber: Dream)

Kota misterius lainnya adalah Wentira yang dipercaya terletak di sebuah kebun kopi di daerah antara Kota Palu dan Kabupaten Mutong. Cerita tentang Kota Wentira ini sudah membuat heboh masyarakat Sulawesi bahkan sudah menjadi topik pembicaraan di TV. Keberadaan kota misterius ini ditandai dengan adanya tugu berwarna kuning yang dipercaya masyarakat setempat sebagai gerbang gaib menuju Wentira.

Kota misterius ini juga dikabarkan dihuni oleh bangsa yang serupa dengan manusia namun tidak memiliki garis tengah di bibir mereka. Kehidupan di Wentira pun dikabarkan sama seperti kehidupan yang ada di Padang 12, kehidupan masyarakatnya sangat mewah dan megah dengan banyaknya gedung-gedung bertingkat yang dilapisi emas di sana.

Selain itu, kota Wentira juga dipercaya ada 7 panglima perang yang masing-masing memiliki bala tentara atau jumlah pasukan yang sangat banyak yang bisa menutupi seluruh laut Indonesia. Bahkan adapula yang menganggap bahwa Wentira merupakan warisan dari Benua Atlantis yang hilang.

3. Saranjana

Saranjana. (Sumber: Dream)

Kota misterius lainnya yang juga menjadi perbincangan adalah Kota Saranjana walau tidak ada yang tahu dimana letak persis kota ini. Namun, beberapa masyarakat percaya bahwa kota misterius ini berada di Pulau Halimun, Kalimantan Selatan. Berdasarkan cerita yang beredar,  Saranjana disebutkan penuh dengan gedung-gedung tinggi serta orang-orang dengan penampilan fisik yang sempurna dan barang siapa masuk ke kota ini, dia tidak akan pernah bisa kembali.

Pada tahun 1845 kota ini sempat digambarkan keberadaannya lewat sebuah peta yang dibuat oleh Salomon Muller. Walau begitu, cerita mengenai kota misterius ini lebih banyak beredar dari mulut ke mulut tanpa pernah ada bukti statistik mengenai keberadaan kota tersebut. Pernah ada cerita aneh di mana pemerintah di sekitar tempat tersebut dikirimi banyak alat berat dari Jakarta dan alat ini sudah dibayar lunas semuanya.

Baca Juga
4 Kota yang Menjadi Favorit Para Digital Nomad Indonesia

4.  Makam Kemangi

Makam kemangi. (Sumber: Desa Penaruban)

Di Kendal juga muncul cerita mengenai kota misterius yang konon terletak di sekitar kawasan makam kemangi. Cerita misterius dan menyeramkan banyak beredar mengenai kota tersebut bahkan banyak warga yang mengalami beragam keanehan.

Salah satu contohnya adalah kisah seorang supir yang mengantarkan pasir ke daerah tersebut dan tidak bisa menemukan jalan keluar dari kawasan Makan Kemangi. Tak hanya itu, ada juga kisah tentang seorang supir dealer mobil yang mengantarkan mobil pesanan dari orang yang telah meninggal sebelumnya dan sempat hilang beberapa waktu. Setelah berhasil ditemukan kembali, supir ini mengatakan bahwa kota misterius tersebut hampir sama keadaannya dengan daerah sekitar tetapi keadaannya lebih enak.

Artikel Terkait
GenK LIFE

5 Aktivitas di Rumah yang Bikin Social Distance Jadi Asik

GenK LIFE

Untukmu yang Moody, 5 Cara Mengatasi Mood Swing

GenK LIFE

Apakah Cairan Disinfektan Benar Dapat Cegah Virus Corona?

GenK LIFE

Halaman Rumah Makin Fotogenic dengan Berbagai Jenis Tanaman Hias Outdoor Ini

GenK LIFE

Kenali Varian Masker Wajah Organik yang Sesuai dengan Kebutuhan Kulitmu

GenK LIFE

Tata Cara Membagikan Angpao yang Baik dan Benar

Quizzes

Slider