5 Cara Ini Dijamin Bisa Bikin Kamu Kreatif

Dibaca Normal: 5 menit aja
Cara-Menjadi-Kreatif-Adalah

Walaupun kamu belum atau tidak bekerja di industri kreatif, kamu tetap perlu mengasah kreativitas kamu loh! Mengapa ya, GenK? Tentu karena ada banyak manfaatnya. Artikel ini bakal mengulas manfaat dan cara menjadi kreatif.

Slider
Slider
Slider

Tapi sebelum kita bahas manfaat dan cara-caranya, ayo cari tahu lebih dulu apa sih sebenarnya pengertian kreativitas!

Apa itu kreativitas?

Kreativitas adalah suatu tindakan mencipta dengan cara mengubah ide yang baru atau unik menjadi suatu tindakan nyata. Kreativitas seseorang ditandai dengan kemampuannya dalam memahami segala sesuatu lewat sudut pandang berbeda dari orang kebanyakan.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Tujuannya apa? Ternyata tujuannya adalah untuk menemukan pola-pola yang tersembunyi. Selain itu bisa juga untuk menghubungkan beberapa fenomena yang awalnya tampak tidak terkait satu sama lainnya. Manfaatnya adalah kreativitas ini bisa membantumu mendapat solusi akan berbagai permasalahan yang ada.

Cara Menjadi Kreatif

Kamu mungkin sering melihat orang kreatif di sekitarmu. Lalu kamu ingin menjadi seperti mereka, sayangnya kamu merasa ini bakal sulit untuk direalisasikan. Mungkin kamu pun diam-diam percaya bahwa sebagian orang memang dilahirkan sebagai makhluk kreatif sementara sebagian yang lainnya tidak. Wah, bahaya nih! Pandangan itu tidak sepenuhnya benar loh.

Kreativitas ternyata bukan hadiah dari orang tua, melainkan suatu keterampilan yang bisa kamu kembangkan. Kalau kamu sudah gede, apakah itu berarti sudah terlambat untuk memulai? Tentu tidak, GenK. Keterampilan ini bisa mulai dikembangkan pada usia berapapun. Jadi, ayo sekarang kita simak cara-cara mengembangkannya!

Jalan Kaki

Definisi Kreatif Menurut kreativv ID (5)
Sumber: pexels.com

Menurut penelitian dari Stanford, berjalan kaki bisa membuatmu lebih kreatif. Kamu tahu Steve Jobs yang terkenal itu ‘kan? Nah, si pendiri Apple ini juga suka berjalan kaki untuk memunculkan ide-ide baru. Diketahui dari berita This Brainstorming Strategy Helped Steve Jobs Generate His Most Creative Ideas yang dilansir CNBC.com (8/5/2018), Jobs bahkan selalu melakukan meeting dengan posisi berdiri untuk brainstorming.

Penjelasannya bagaimana sih? Kok bisa berjalan kaki memicu kreativitas? Awalnya ada 2 orang peneliti dari Stanford yang ingin membuktikan pandangan sebagian besar orang yang merasa berjalan kaki bisa memudahkan mereka mengeluarkan ide. Kedua peneliti itu adalah seorang sarjana doktoral Marily Oppezzo dan seorang profesor Daniel Schwartz. Cara membuktikannya yaitu mereka mencoba menguji 176 mahasiswa dengan dua kondisi berbeda (yang berpikir sambil berjalan kaki dan yang sambil duduk).

Baca Juga
Fresh Graduate, Baca Ini Yuk Sebelum Kamu Masuk Dunia Kerja!

Hasil studinya, berjalan di dalam maupun di luar ruangan tetap bisa meningkatkan inspirasi atau kreativitas koresponden mereka. Dari sini kita tahu bahwa tidak menjadi masalah apakah kita berdiri dan jalan-jalan dalam ruangan ataupun berjalan kaki di luar gedung tempat kita tinggal. Intinya, tingkat kreativitas semua koresponden yang jalan-jalan ini secara konsisten dan signifikan memang lebih tinggi dibandingkan dengan koresponden yang duduk-duduk saja.

Berkarya Seni

Definisi Kreatif Menurut kreativv ID (2)
Sumber: pexels.com

Cara kedua ini memang terkesan sudah umum, GenK. Tapi herannya banyak orang masih belum mencobanya. Bagaimana dengan kamu? Membuat kerajinan tangan atau karya seni lainnya bukan cuma kegiatan anak-anak loh. Orang dewasa juga bisa melakukannya.

Kamu bisa memulainya dengan ikut kelas-kelas pelatihan seperti kelas menulis cerpen, atau kelas merajut, atau juga kelas melukis. Coba cari-cari lewat Google, biasanya banyak kelas diadakan dengan tarif yang tak mahal (sekaligus disediakan bahan dan alatnya). Nah, kalau memang kamu gak punya uang cukup, cobalah rekomendasi dari kami yang satu ini, Cara Membuat Pembatas Buku Kreatif. Selain itu, tentunya kamu juga bisa cari-cari tutorial membuat kreasi di YouTube dan Instagram.

Oh ya, ada satu lagi nih yang unik. Mungkin kamu mau coba. Ayo keluar rumah dan temukan dedaunan di sepanjang jalan. Berbagai bentuk daun ini nantinya bisa kamu jadikan hiasan. Cara mengeringkan daunnya tinggal kamu jepit di antara tebalnya halaman buku. Setelah seminggu sampai dua minggu, kamu sudah bisa memakai daun keringnya buat ditempel di pigura foto atau kreasi yang lainnya, GenK.

Menikmati Karya Seni

Definisi Kreatif Menurut kreativv ID (4)
Sumber: pexels.com

Tak cuma membuat karya sendiri, sebenarnya menikmati karya seni orang lain juga bisa mengasah kreativitasmu. Ada banyak sekali bentuk karya seni yang bisa kamu nikmati. Misalnya kamu meluangkan waktu untuk lihat-lihat karya foto di pameran, menonton film di bioskop, atau yang pastinya sudah sering kamu lakukan yaitu mendengarkan musik. Oh ya, kamu bisa juga kok menikmati karya seni dari platform digital semacam Pinterest, Instagram, dll.

Baca Juga
7 Cara Manajemen Waktu Supaya Kamu Sukses di Usia Muda

Saran kami, coba nikmati karya seni yang belum pernah kamu nikmati sebelumnya. Kemudian, ketika kamu menikmati suatu karya seni, cobalah untuk merenungkan apa maknanya dan dari mana kira-kira sumber inspirasi si pekarya. Mudah-mudahan ini bisa jadi inspirasi buatmu juga ya, GenK!

Berdiskusi dengan Orang-orang Kreatif

Definisi Kreatif Menurut kreativv ID (1)
Sumber: pexels.com

Ayo beranikan dirimu untuk mengajak orang lain berdiskusi. Orang kreatif yang dimaksud tak selalu harus berasal dari industri kreatif. Kamu bisa juga kok berdiskusi dengan teman-temanmu. Teman-teman yang seperti apa nih? Sesuai dengan karakter orang kreatif pastinya, mereka yang biasanya selalu mampu mengeluarkan ide-ide unik dan baru dari kepalanya.

Bersyukur banget kalau kamu bisa menemukan orang seperti itu, tapi kalaupun tidak ketemu, kamu bisa juga loh ikut acara-acara komunitas. Di sana nantinya, kamu pasti bisa ketemu beragam orang kreatif yang tak sungkan membagikan perspektif dan gagasan-gagasan mereka.

Belajar Hal Baru dengan Membuat Studyblr

Definisi Kreatif Menurut kreativv ID (3)
Sumber: pexels.com

Belajar hal baru sudah tentu bisa meningkatkan kreativitasmu. Tapi mungkin ini menjadi hal yang terasa tidak menarik. Kalau begitu, coba solusi dari kami satu ini, Cara Membuat Studyblr. Dengan membuat Studyblr, mempelajari apapun bisa jadi kegiatan yang asyik, GenK.

Baca Juga
5 Cara Berpikir Positif

Oh ya, cobalah untuk tidak membatasi diri dengan mempelajari hal-hal teoretis semacam mata pelajaran sekolah saja. Kamu bisa juga belajar hal baru yang ringan dan menyenangkan. Contohnya apa? Misal kamu mempelajari kebudayaan Jepang dengan menonton berbagai video YouTube, baru kemudian kamu membuat Studyblr-nya. Dengan begini kamu juga jadi bisa menghasilkan karya. Pamerkan hasilnya di akun media sosialmu untuk menjadi inspirasi teman-teman yang lain juga.


Itulah kelima cara yang dijamin ampuh meningkatkan kreativitasmu, GenK. Mudah-mudahan kamu bisa memulainya segera dan merasakan manfaatnya. Semangat! Jangan lupa, kalau kamu sudah coba, bagikan pengalamanmu di kolom komentar ya!

Slider
Slider
Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
GenK LIFE

Ingin Bayar Cashless? Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

GenK LIFE

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Bikin Podcast

GenK LIFE

Karantina Wilayah dan Pembatasan Sosial Apa Bedanya dengan Lockdown?

GenK LIFE

7 Rekomendasi Podcast Terbaik Penuh Faedah Buat Anak Kreatif

GenK LIFE

Viral Polusi Visual, Saatnya Belajar untuk Mencintai Diri Sendiri

GenK LIFE

Yuk Intip Tips dan Cara Mendapat Uang dari Podcast!

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link