6 Situs Kursus Online Gratis untuk Menunjang Karier

Dibaca Normal: 5 menit aja
kursus online gratis

Hampir semuanya sudah berbasis online, berarti kamu bisa belajar kapan saja dan di mana saja dong. Mau mengasah skill guna menunjang karier bukan sekadar wacana lagi, karena ternyata banyak yang menawarkan kursus online gratis dapat sertifikat pula.

Mengasah dan meningkatkan skill menjadi sangat penting sebagai bekal untuk bertahan di dunia kerja. Dengan terus melatihnya, lambat laun kamu bakalan andal dan menjadi expert di dalam pekerjaanmu. Pengen kayak gitu? Simak nih rekomendasi kursus online gratis dari kreativv ID. 弘

EdX

kursus online gratis

Tampilan website EdX

Dimulai dari EdX yang merupakan organisasi non-profit yang bergerak di bidang pendidikan. EdX pertama kali dikembangkan oleh Harvard University dan Massachusetts Institute of Technology (MIT) loh. Lewat situsnya di edx.org, kamu bisa mengikuti kursus online dari berbagai macam organisasi terkenal di dunia.

Hebatnya lagi, kamu bisa mengikuti kursus secara gratis. Wuih, siapa sih yang gak mau kursus di salah satu penyedia pembelajaran online terbesar di dunia?

Materi yang ditawarkan sangat beragam, misalnya ilmu komputer, bahasa, data science, bisnis dan manajemen, serta teknik dan humaniora. Semua materi informatif ini gak cuma bisa diakses lewat situs, tapi juga lewat aplikasi di ponselmu.

Situs EdX juga menyediakan S2 di universitas luar negeri tapi pembelajarannya secara online alias kuliah online. Gokil gak tuh? Hanya saja untuk yang satu ini tidak gratis, GenK, tapi boleh banget kalau mau coba.

Baca Juga
Mengenal Berbagai Macam Jenis Kain, yang Belajar Fashion Wajib Baca

Open Culture

kursus online gratis

Website Open Culture

Kursus online gratis yang berikutnya akan kami bahas adalah Open Culture yang menjadi salah satu tempat untuk mempelajari tentang pendidikan dan kebudayaan yang paling top di internet.

Di Open Culture, kamu bisa mempelajari banyak materi seperti arkeologi, arsitektur, seni, bahasa, filsafat, matematika klasik, ekonomi, film, tata boga, sastra, dan masih banyak lagi. Semuanya bisa kamu akses di situs openculture.com tanpa perlu ribet.

Nah, di platform ini kamu juga bisa mengakses dan mengunduh berbagai e-book, film, audiobook, dan video kuliah dari ilmuwan dan filsuf dunia. Lalu ada juga konten podcast yang berasal dari berbagai universitas di dunia. Terhitung ada 1.300 materi kursus, 1.500 judul film, 900 audiobook, 800 e-book, dan pembelajaran 46 bahasa asing yang bisa diakses secara gratis.

MIT OpenCourseWare

kursus online gratis

Situs Web MIT OpenCourseWare

Next, ada MIT OpenCourseWare (MIT OCW) nih. MIT OpenCourseWare adalah sebuah situs kursus online yang berisi ribuan materi perkuliahan yang diselenggarakan oleh MIT itu sendiri.

Sekadar informasi, MIT OCW adalah salah satu pelopor kuliah online di dunia loh. Di dalamnya tersedia lebih dari 2.400 kursus dari berbagai macam materi dan bidang studi yang bisa kamu akses secara gratis lewat link ocw.mit.edu, GenK.

Situs ini benar-benar worth it dicoba buat kamu yang ingin piawai di berbagai bidang hanya dengan bermodalkan internet. Sayangnya, kamu tidak akan mendapat sertifikat kalau sudah lulus kursus dari sini. Kamu juga masih memerlukan textbook untuk menunjang perkuliahan.

Baca Juga
4 Rekomendasi Kursus Online Belajar Arsitektur Gratis

Coursera

kursus online gratis

Tampilan situs web Coursera

Coursera adalah kursus online yang disediakan dari berbagai nama universitas bergengsi di dunia yang dapat diakses secara cuma-cuma dalam jumlah massal hingga puluhan ribu peserta hanya lewat internet.

Belajar di situs Coursera bisa mendapatkan akses penuh dari 2.000 program dan spesialisasi yang dikembangkan oleh lebih dari 140 perguruan tinggi dan universitas terbaik di dunia yang pastinya sangat bagus untuk menunjang kariermu.

Gak cuma kursus, tapi di Coursera kamu juga bisa kuliah online, GenK. Ada juga akreditas atau sertifikasi khusus yang bisa kamu dapatkan, tapi untuk yang ini tidak gratis alias berbayar. Meski begitu, belajar di Coursera patut dicoba buat kamu yang lagi bokek tapi tetap ingin kursus biar penambahan ilmunya tetap lancar jaya tanpa hambatan.

Apabila tertarik dengan Coursera, kamu bisa mengaksesnya lewat situs coursera.org atau lewat aplikasi di ponselmu biar lebih praktis. So, bisa belajar kapan saja dan di mana saja sebebasmu, GenK.

Udemy

udemy

Website Udemy

Platform kursus online gratis berikutnya adalah Udemy. Nama Udemy mungkin sudah tidak asing lagi untuk sebagian orang, tapi buat kamu yang belum tahu, Udemy adalah tempat belajar gratis yang diperuntukkan kepada profesional yang ingin belajar dengan para expert.

Sedikit berbeda dengan platform kursus online lainnya, konten yang disediakan di Udemy bisa kamu dapatkan dengan cara membeli dari para pembuat konten, karena tidak semuanya gratis, GenK.

Meski begitu, kamu juga bisa mendapatkan harga murah kok. Pantengin terus website-nya di udemy.com, siapa tahu mereka sedang mengadakan diskon besar-besaran. Sehingga harganya pun cukup bersahabat kalau kamu ingin membeli banyak materi.

Sama seperti beberapa situs yang sudah kami sebutkan sebelumnya, Udemy bisa kamu akses di aplikasi yang diunduh di ponselmu. Jadi gak ada lagi kendala kalau pengen belajar lewat ponsel deh.

Baca Juga
Cara Membuat Portofolio Kreatif

Khan Academy

Khan Academy

Situs web Khan Academy

Satu lagi rekomendasi kursus online buat GenKreativv nih, yaitu Khan Academy. Salman Sal Khan adalah seorang lulusan MIT dan Harvard University yang bekerja sebagai pendidik.

Khan Academy adalah tempat kursus online edukatif yang didirikan olehnya pada tahun 2006. Platform ini dapat diakses oleh siapapun secara cuma-cuma dengan cukup datang ke khanacademy.org.

Khan Academy menyediakan materi pembelajaran dari berbagai bidang studi, bahkan ada materi berbahasa Indonesia juga loh. Materinya ada dari untuk jenjang taman kanak-kanak hingga pengusaha. Semuanya bisa belajar di sini. Hebat banget gak tuh?


Simpulan

Nah, itu dia rekomendasi kursus online gratis yang bisa menjadi pilihanmu. Sertifikat yang kamu dapatkan dari platform belajar tersebut sangat bagus dimasukkan untuk mempercantik resume.

Sebenarnya masih ada platform lainnya yang lebih spesifik ke minat kamu, seperti situs untuk kursus belajar desain interior dan belajar fotografi yang pernah kami bahas di artikel sebelumnya.

Sekian dari kreativv ID, creative content platform yang menyediakan berbagai macam konten seputar industri kreatif yang inspiratif. Jadi, pantengin terus website kami untuk mendapatkan informasi baru di artikel-artikel selanjutnya, GenK.

Polling

Ditulis Oleh

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
GenK LIFE

4 Kota yang Menjadi Favorit Para Digital Nomad Indonesia

GenK LIFE

Ingin Jadi Digital Nomad? Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

GenK LIFE

Tips dan Trik Cara Menjadi Digital Nomad Abad ke-21

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Digital Nomad, Si Pengembara Abad ke-21

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link