fbpx

Mengontrol Mimpi lewat Lucid Dream

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
lucid dream adalah

Pernahkah kamu bermimpi dan tiba-tiba tersadar bahwa kamu sedang bermimpi? Lalu tiba-tiba kamu bisa mengontrol alur cerita mimpimu sendiri. Lucid dream adalah nama fenomena ini. Yuk simak penjelasannya, GenK!

Malam itu kamu bermimpi pergi ke hutan belantara. Semuanya gelap. Hanya ada cahaya rembulan yang menerangi kabut malam. Kemudian otakmu memerintah untuk membuat api unggun dan anehnya di dalam mimpi itu, kamu benar-benar membuat api unggun.

Kamu mengontrol mimpimu sendiri.

Memilih jalan cerita yang bakal kamu lalui selanjutnya.

Menjadi sutradara di dalam mimpi sendiri.

Ini tidak horor kok, GenK. Biasanya saat bermimpi kamu melakukan semuanya secara tidak sengaja. Apapun jalan cerita yang kamu dapatkan benar-benar di luar kuasamu. Terus apa jadinya kalau bisa mengontrol mimpi?

Fenomena seperti ini disebut dengan lucid dream. Pasti kamu punya banyak pertanyaan tentang mimpi yang satu ini. Jika penasaran, yuk simak penjelasan singkatnya, GenK!  

Apa Itu Lucid Dream?

Lucid dream adalah sebuah kemampuan mengamati dan mengendalikan mimpi kamu sendiri secara sadar. Dengan kata lain, kamu bisa mengontrol mimpimu sendiri.

Ini mengubah dunia mimpi menjadi realitas alternatif yang hidup. Di mana segala sesuatu yang kamu lihat, dengar, rasakan, atau bahkan cicipi mirip dengan kehidupan di dunia nyata.

lucid dream adalah

Ilustrasi lucid dream (sumber: mkkb.info)

Saat lucid dream, kamu dapat memilih kapan ingin bangun dari tidur.

Tapi siapa yang mau cepat-cepat bangun dari mimpi yang bisa kamu kendalikan?

Di sana kamu dapat bebas menjelajahi cara kerja pikiran bawah sadar dengan kesadaran total. Wah keren banget kan, GenK?

Akan tetapi tidak semua orang berhasil melakukan mimpi ini.  

Lucid Dream Sudah Terbukti Secara Sains

Mungkin kamu akan bertanya-tanya, apakah lucid dream benar adanya atau hanya halusinasi saja?

Apalagi sejak zaman dahulu kala, mimpi sangat erat kaitannya dengan dunia magis. Sehingga ada pembatas yang sangat tipis antara nyata dan semu.

lucid dream adalah 2

Ilustrasi yoga mimpi (sumber: wanderlust.com)

Berdasarkan filosofi Yoga Mimpi, para biksu di Tibet sebenarnya telah melakukan kontrol mimpi selama lebih dari seribu tahun loh. Namun, istilah lucid dream belum ada sampai tahun 1800-an, ketika suatu hari seorang peneliti mimpi bernama Marquis d’Hervey de Saint-Denys yang mulai memperkenalkan istilah tersebut.

Konsep ini baru benar-benar dikenal pada tahun 1960-an berkat Celia Green. Ia menunjukkan potensi ilmiah terjadinya tubuh yang sadar total saat bermimpi. Ia juga menjadi orang pertama yang membuat istilah tidur REM dan false awakening.

Rapid Eye Movement atau tidur REM adalah kondisi normal saat tidur yang ditandai dengan adanya gerakan cepat dan acak dari mata. Kondisi ini paling rentan dialami oleh orang yang mengidap gangguan pola tidur. REM nantinya juga akan berkaitan dengan yang namanya sleep paralysis.

lucid dream adalah 3

Urutan sinyal mata kiri-kanan yang direkam oleh Keith Hearne (sumber: world-of-lucid-dreaming)

Pada tahun 1975, seorang ahli psikologi dari Inggris bernama Keith Hearne berhasil menunjukkan bukti ilmiah pertama tentang lucid dream. Ia melakukan penelitian dengan menangkap gerakan mata saat tertidur yang dilakukan oleh sukarelawan lucid dream.

Wah ternyata prosesnya panjang banget ya, GenK. Ternyata tidak semudah itu untuk membuktikan mimpi.

Tahapan Lucid Dream

Apakah lucid dream bisa dipelajari? Jawabannya adalah iya.

Ternyata lucid dream adalah kondisi yang dapat kamu lakukan dengan sengaja. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk masuk ke kondisi ini. Yuk intip tahapnya, GenK!  

Baca Juga   Tips Memilih Buku Referensi Skripsi

1.“Bangun” di dalam mimpi

Tahapan pertama, kamu akan mengalami kondisi di mana kamu menyadari kalau kamu sedang bermimpi. Sehingga otakmu beralih ke mode “bangun” di dalam mimpi.  

2.Mengalami sleep paralysis

lucid dream adalah 4

Ilustrasi sleep paralysis (sumber: inc.com)

Kemudian di dalam mimpi yang normal, kesadaranmu dimatikan. Itulah sebabnya badanmu akan terasa kaku dan tidak bisa digerakkan. Bahkan untuk berbicara pun tidak bisa. Kondisi seperti ini dinamakan sleep paralysis.

Sleep paralysis adalah rasa lumpuh saat tidur yang merujuk pada kondisi ketidakmampuan badan untuk bergerak ketika sedang tidur, padahal otakmu sudah bangun. Secara singkat, kondisi ini terjadi saat otakmu sudah sadar, tapi tubuhmu masih tertidur. Biasanya kondisi ini disertai dengan halusinasi seram.  

Baca Juga   Kenapa Kamu Harus Punya Tujuan Hidup?

3.Lanjutkan tidur

Untuk melanjutkan lucid dream, jangan sampai kamu benar-benar terbangun dari sleep paralysis. Ikuti saja, GenK, karena itu adalah keadaan yang aman dan alami.  

4. Membuat memori prospektif

“Jika nanti saat aku tidur dan bermimpi, aku akan ingat kalau sebenarnya sedang bermimpi.” Menanamkan kalimat seperti di atas sebelum masuk ke alam mimpi, dapat menjadi salah satu cara yang mujarab untuk menuju lucid dream. Kegiatan seperti ini digunakan untuk membuat memori prospektif.

Apa itu memori prospektif?

Memori prospektif adalah kemampuan otak untuk mengingat apa yang akan dilakukan nanti. Dengan menanamkan kalimat di atas, otakmu akan memerintah secara otomatis saat kamu kembali terlelap dan akan membimbingmu menuju lucid dream.  

5.Mulai mengatur mimpi

lucid dream adalah 5

Ilustrasi tidur (sumber: mydr.com.au)

Lama-lama kamu akan semakin masuk ke alam mimpi, tetapi otakmu tetap sadar total. Di saat itu pula kamu bisa mulai mengatur mimpi. Tetap baring di atas tempat tidur dan biarkan kamu membuat jalan cerita sendiri.  

Tips: Supaya lebih cepat, coba pasang lagu khusus untuk menuju lucid dream. Konon, dengan lagu ini kamu akan lebih cepat terlelap dan masuk ke tidur yang benar-benar nyenyak. Jika tertarik, kamu bisa dengarkan alunan lagunya lewat video YouTube atau platform lainnya.  

Manfaat Lucid Dream

Banyak orang yang tertarik dengan lucid dream yang kemudian dijadikan sebagai tempat pelarian dari realita kehidupan.

Dengan mimpi ini, kamu bisa membuat cerita yang menakjubkan dan seakan benar-benar terjadi. Pokoknya semua hal yang tidak bisa kamu temukan di dunia nyata dapat kamu buat sendiri di dalam mimpi ini. Seru banget kan?

Tidak sebatas hiburan semata, ternyata lucid dream juga bermanfaat untuk kesehatan mental dan meningkatkan kreativitas loh. Yuk simak, GenK!  

Baca Juga   7 Cara Manajemen Waktu Supaya Kamu Sukses di Usia Muda

1.Sebagai tempat berpetualang

lucid dream adalah 6

Ilustrasi lucid dream (sumber: fanpop.com)

Lewat imajinasi yang kamu kembangkan di dalam mimpi, maka kamu mampu menciptakan sebuah dunia baru. Segala hal yang ada di dalam dunia tersebut tergantung dari imajinasi yang kamu rangkai.

Mau bikin cerita persis seperti di negeri dongeng? Bisa.

Mau bertemu pasukan Avengers? Bisa juga dong.

Bangun cerita semenarik mungkin dan berpetualanglah di dalam sana, GenK.  

2. Meningkatkan kreativitas

Melakukan pekerjaan setiap hari tentu akan membentuk pola hidup membosankan. Kerja pun jadi terasa monoton. Ujung-ujung ide jadi mampet. Makanya kamu membutuhkan kreativitas ekstra untuk memunculkan ide-ide baru dengan cepat.

Lucid dream bisa menjadi salah satu solusinya. Dengan mengerahkan imajinasi dan kreativitas saat membangun dunia baru di mimpi, kamu jadi terbiasa membentuk pola, bentuk, dan segala jenis rupa yang unik-unik, GenK.  

3. Menghilangkan stres

Stres adalah gangguan psikologis yang dialami seseorang karena adanya tekanan yang muncul dari diri sendiri maupun dari lingkungan sekitar. Gangguan ini muncul karena banyaknya jenis tuntutan yang kamu dapatkan sehari-hari atau tekanan apapun.

Kondisi ini jangan dibiarkan terus-menerus. Kamu mesti mencari cara menghilangkan stres yang ampuh, tapi dengan cara positif ya, GenK. Jika dirasa cara-cara yang kamu punya masih kurang efektif, mungkin ini saatnya kamu untuk mencoba lucid dream.

Dengan lucid dream, kamu dapat merasakan mimpi yang indah dan menghibur. Maka stres yang sedang kamu alami akan hilang dengan sendirinya secara berangsur-angsur. Akan tetapi jangan sampai kamu terjebak dalam dunia yang semu ini karena terlalu asik dan takut untuk menghadapi kehidupan yang sesungguhnya. Ingatlah bahwa kamu harus melanjutkan hidup di dunia nyata, GenK.  


Lucid dream adalah hal yang mungkin bisa kamu coba. Akan tetapi kamu mesti bisa membedakan mana yang mimpi dan mana yang kenyataan untuk menghindari risiko yang merugikan kamu, GenK.

Simpan Artikel Ini.

Simpan artikel ini untuk kamu baca lagi nanti, GenK.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
GenK LIFE

Yang Perlu Kamu Tahu dari Tes Kepribadian MBTI

GenK LIFE

Tren Ngabuburit Zaman Now vs Zaman Dulu

GenK LIFE

5 Ide Acara Bukber yang Seru dan Anti Boros

GenK LIFE

Tips Memilih Buku Referensi Skripsi

GenK LIFE

Tips Waktu dan Jenis Olahraga Saat Puasa

GenK LIFE

6 Tips Menghadapi Quarter Life Crisis

GenK LIFE

6 Cara Meningkatkan Konsentrasi Saat Puasa

GenK LIFE

Apakah Kamu Alpha Male dan Alpha Female? Yuk Ikut Tesnya!

GenK LIFE

4 Cara Berpikir Objektif

GenK LIFE

Ciri dan Manfaat Jadi Orang Open Minded!

GenK LIFE

9 Cara Membuat CV Yang Menarik Perhatian Rekruiter

GenK LIFE

8 Cara Membangun Jenjang Karir yang Kamu Inginkan

GenK LIFE

5 Cara Menghilangkan Rasa Minder di Kantor

GenK LIFE

4 Langkah Pengambilan Keputusan yang Tepat

GenK LIFE

Mau Jadi Freelancer? Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya!

GenK LIFE

Tips Mengatasi Kreativitas yang Mandek

GenK LIFE

Manajemen Perhatian agar Mengerjakan Tugas Lebih Efisien

GenK LIFE

7 Rutinitas Sebelum Tidur yang Bikin Kamu Nyenyak Terlelap

GenK LIFE

Cara Beradaptasi dengan Lingkungan Baru lewat Komunikasi yang Baik

GenK LIFE

Mengenal Generasi Z, Penerus Generasi Milenial

            Artikel Selanjutnya