Meditasi Bisa Menghilangkan Stress, Ini Cara Tepat Melakukannya!

Dibaca Normal: 3 menit aja
meditasi untuk pemula

Hal apakah yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan stress atau depresi yang datang? Jawabannya mungkin beragam dan kemungkinan salah satu jawaban yang muncul adalah meditasi. Meditasi barangkali masih bukan hal yang lumrah di sebagian kalangan sebagai pilihan untuk menghilangkan stress. Namun, cara ini layak untuk kamu coba karena manfaatnya yang cukup banyak. Apalagi saat ini sudah banyak platform pendukung meditasi yang memandu penyelenggaraan meditasi secara online dan gratis. Kalau kamu belum pernah mencoba meditasi, ada baiknya untuk mencari tahu apa saja manfaat dan hal yang perlu dilakukan dalam meditasi. Berikut ini adalah lima cara tepat melakukan meditasi agar bisa menghilangkan stres secara optimal.

Slider
Slider
Slider

1. Tentukan Tujuan Pasti Sebelum Melakukan Meditasi

Sebelum memutuskan untuk melakukan sesuatu, pastikan kamu memiliki alasan jelas untuk memulainya. Sama halnya dalam mengambil setiap keputusan, tentukan terlebih dahulu tujuanmu kenapa harus melakukannya. Contoh tujuan dari kegiatan meditasi ini adalah untuk memusatkan konsentrasi, mengatur fokus, meringankan depresi, hingga menghilangkan stress. Tujuan ini pula yang akan membawamu terus semangat dan konsisten dalam melakukan meditasi nantinya.

2. Pilih Waktu yang Tepat

Waktu menjadi hal penting untuk diperhatikan karena hal ini berhubungan erat dengan kondisi tubuh dan pikiran. Hasil meditasi yang optimal akan didapat jika tubuh memang benar-benar siap untuk melakukan meditasi. Salah satunya yang dibutuhkan dalam meditasi adalah konsentrasi. Saat tubuh merasa lelah tapi dipaksa untuk melakukan meditasi maka hasilnya belum tentu baik karena konsentrasi bisa buyar. Kemudian pilih waktu dimana kamu memiliki suasana hati yang baik agar konsentrasi bisa terpusat secara maksimal.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider
Baca Juga
5 Manfaat Art Therapy untuk Kesehatan Raga dan Mentalmu

3. Pusatkan Konsentrasimu

Selain kedua hal yang telah disebutkan diatas, kamu akan diminta untuk berkonsentrasi. Saat itu, buang perlahan semua pikiran bebas yang datang dan membuat konsentrasi kacau. Ketika kamu berhasil untuk memusatkan hanya dalam satu hal maka pikiran akan berada dalam kondisi yang lebih tenang selama beberapa waktu. Untuk melatih konsentrasi sederhana, pilih salah satu lubang hidung atau titik tengah pada bagian hidung, perhatikan terus titik tersebut ketika bernapas.

Slider
Slider
Slider
Artikel Terkait
GenK LIFE

5 Tips Menabung Cerdas yang Bisa Bikin Kamu Cepat Kaya

GenK LIFE

5 Cara Keluar dari Hidup Membosankan

GenK LIFE

5 Cara Atasi Ekspektasi Terlalu Tinggi Terhadap Pasanganmu

GenK LIFE

7 Tips Aman Buat Kamu yang Suka Belanja Online

GenK LIFE

Ikuti 5 Tahap Proses Kreatif untuk Ide yang Lebih Imajinatif

GenK LIFE

8 Inspirasi Kado Spesial Buat Naklukin Hati Si Dia

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link