GenK LIFE

Meditasi Bisa Menghilangkan Stress, Ini Cara Tepat Melakukannya!

meditasi untuk pemula

4. Kontrol Pernapasanmu dengan Baik

teknik pernafasan

sumber: https://www.integrativenutrition.com/

Pernapasan merupakan hal yang akan terus terjadi walau tanpa kita sadari. Ketika melakukan kegiatan ini, sebaiknya kamu tetap melakukan kontrol terhadap pernapasan. Sebab, pernapasan menjadi kunci yang akan membuatmu berhasil melakukan meditasi secara optimal atau tidak. Kontrol ritme pernapasan secara teratur agar pikiranmu bisa menyelami fokus dan konsentrasi yang lebih baik. Untuk meditasi pemula bisa menggunakan tips ini :

1. Hirup napas dari hidung selama 4 hitungan

2. Tahan napas selama 7 hitungan

3. Hembuskan napas dari mulut selama 8 hitungan.

Ulangi langkah ini selama 6-12 putaran, lalu tunggu hingga napasmu kembali seimbang dan rileks. Agar pernapasan dan konsentrasi tetap terjaga, ada baiknya untuk kamu melakukan pernapasan perut. Jenis pernapasan yang satu ini akan membuat badan tidak mudah lelah dan pikiran jadi lebih tenang.

5. Lakukan Meditasi Secara Rutin

Kegiatan apa pun itu jika dilakukan secara rutin akan membawa hasil yang optimal. Kamu mungkin saat ini tidak punya waktu untuk melakukan meditasi dalam waktu lama. Jika demikian, lakukanlah sesuai dengan jumlah waktu maksimal yang bisa kamu alokasikan setiap harinya dengan aplikasi pendukung meditasi yang bisa kamu download di AppStore atau Google Playstore. Sedikit waktu saja tidak masalah apalagi jika kamu berhasil membuatnya rutin terlaksana setiap hari. Hasilnya, lama-lama akan semakin bisa kamu rasakan dan membuat hidupmu lebih tenang dan lebih mudah berkonsentrasi.

Kegiatan ini adalah salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan sebagai jalan untuk menemukan kedamaian dan mengurangi masalah kesehatan mental. Berbagai penat dan kejenuhan yang kamu rasakan hingga saat ini mungkin sudah membuatmu memasuki masa depresi akan tetapi jangan menyerah. Pilihlah untuk melakukan kegiatan-kegiatan untuk mengalihkan perhatian seperti meditasi. Dengan lima hal tersebut maka hasil yang akan diperoleh semakin optimal.

Baca Juga :   Bosan WFH? Isi Kuis Ini dan Lihat Olahraga yang Cocok Buat Kamu
About author

Related posts
GenK LIFE

Mengenal Hari Bahasa Ibu, Perjuangan Mempertahankan Bahasa Asli

GenK LIFE

Mulai Daur Ulang Plastik, Langkah Kecil Selamatkan Bumi

GenK LIFE

Ingin Bayar Cashless? Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

GenK LIFE

7 Cara Agar Tidak Mudah Baper, Kamu Wajib Tahu!