GenK LIFE

8 Cara Mengatasi Keraguan Terhadap Diri Sendiri

mengatasi keraguan pada diri sendiri

Kamu sadar bahwa dirimu adalah seorang pemimpi. Di tengah malam, kamu menuliskan daftar rencana yang ingin kamu lakukan sebulan ke depan. Mulai dari hal sederhana seperti bangun pagi hingga keinginan membuat bisnis kuliner yang perlu diperhitungkan masak-masak. Setelah daftar itu selesai, kamu justru tidak bahagia. Kamu terdiam dan mulai memikirkan hal-hal buruk. Suara-suara di dalam kepalamu berkata bahwa kamu tidak cukup baik dan hebat untuk memulai sebuah bisnis. Sebaiknya kamu mengatasi keraguanmu ini terlebih dahulu.

Karena jika kamu semakin gelisah dan kembali memikirkan kegagalan yang pernah terjadi di masa lalu, kemudian menyerah untuk merealisasikan rencana baru yang telah kamu tampung. Keraguanmu pada diri sendiri telah membuatmu kalah sebelum berperang.

Entah dari mana datangnya pemikiran negatif itu, kami mengerti bahwa sungguh menyebalkan saat mengetahui faktor penghambat keberhasilan terbesar ternyata justru datang dari diri sendiri. Ya, kami semua juga pernah merasakannya, GenK.

Baca Juga :   5 Cara Berpikir Positif

Untungnya, ada kabar baik untukmu yang ingin memperbaiki pola pikir dan meningkatkan rasa percaya diri. Berbekal kesabaran, kami yakin kamu bisa menjawab tantangan di depanmu. Kamu hanya perlu memahami dahulu faktor-faktor psikologis yang bisa menimbulkan keraguan supaya lebih terkontrol.

Alasan Munculnya Keraguan Diri

Sebelum kamu mencari tahu cara mengatasi keraguan diri, ada baiknya kamu kenali dulu alasan mengapa keraguan diri bisa muncul di dalam dirimu, GenK. Menurut para ahli dan psikolog, ada banyak hal yang bisa menyebabkan keraguan diri, tapi tiga hal yang utama adalah:

  1. Ketika masih anak-anak, kamu merekam perilaku orang tua yang sering mengungkit-ungkit sisi negatifmu. Mulai dari tingkat intelektual, penampilan, dan hal-hal lain yang ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi orang tua. Dengan adanya rasa penolakan yang sering diterima sejak kecil, kamu tumbuh sebagai orang yang sering meragukan diri sendiri.
  2. Kamu berada di lingkungan yang berisi orang-orang yang senang membicarakan hal-hal negatif dari orang lain. Dampaknya, kamu menjadi orang yang pasif dan jarang mengambil tindakan untuk menghindari komentar-komentar negatif.
  3. Keraguan diri bisa tumbuh di dalam seseorang jika ia selalu memperhatikan dan mengingat kegagalan-kegagalan yang pernah dialaminya. Kegagalan itu tidak hanya menimbulkan keraguan, tapi juga rendahnya percaya diri, pikiran negatif tentang dunia luar, emosi yang tidak stabil, hingga rendahnya keinginan untuk proaktif.

Dari tiga hal di atas, adakah yang menyebabkan kamu menjadi sosok yang ragu pada diri sendiri, GenK?

Jika kamu sudah mengetahui hal yang memicumu berpikir negatif, selanjutnya kami akan memberi tahu cara untuk ‘menyembuhkan’ keraguan diri.

About author

Related posts
GenK LIFE

5 Alasan Kenapa Self Talk Bisa Bikin Hidup Lebih Tenang

GenK LIFE

Hal yang Perlu Kamu Tahu dari Tes Kepribadian MBTI

GenK LIFE

Kapan Waktu Terbaik Otak Bekerja Agar Kamu Makin Produktif?

GenK LIFE

5 Cara Agar Kamu Bisa Keluar dari Hidup Membosankan

Leave a Reply

Your email address will not be published.