leadersingle

Ambil Kendali Hidupmu dengan Mengatur Skala Prioritas

Dibaca Normal: 5 menit aja
cara mengatur skala prioritas

Pernah merasa hidupmu ruwet oleh segudang kewajiban? Kalau iya, jangan sedih. Kami pun sama. Entah dari mana segala kewajiban yang menumpuk itu datang. Rasanya tidak ada habisnya. 24 jam sehari seakan kurang untuk menyelesaikan semuanya. Waktu, pada akhirnya, selalu menjadi hal utama yang harus kita cermati. Tugas-tugas kita akan lebih teratur dan bisa terselesaikan apabila kita mengelola waktu dengan benar. Makanya, kamu perlu mengetahui cara mengatur skala prioritas. Dengan begitu, kamu bisa memilih mana hal-hal yang penting untuk dilakukan dan mana yang bukan.

Manusia = Makhluk yang Banyak Keinginan

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Sebagai manusia, kita memang seringkali menginginkan begitu banyak hal.

Jam 10 malam seharusnya kamu pergi tidur dan beristirahat, namun pada jam yang sama serial kesukaanmu sedang tayang di televisi. Akhirnya kamu begadang hingga tengah malam. Alhasil jam tidurmu menjadi kurang, bahkan bangun kesiangan.

skala prioritas

                                 To do list (Sumber: blog.hubspot.com)

Atau, saat semestinya kamu mengerjakan tugas, kamu malah bermalas-malasan dan berpikir, “Ah, nanti saja deh.” Kamu lebih memilih jalan-jalan atau melakukan hobi. Tugasmu pun akhirnya terbengkalai.

Pernah? Sama.

Hal-hal tersebut memang membuktikan bahwa kita memiliki dua hal: kebutuhan yang sangat beragam, serta keinginan yang tidak terbatas. Kita dihadapkan pada pilihan-pilihan yang punya konsekuensi masing-masing, tapi kita terlalu lemah untuk memilih.

Namun, jika kamu mengetahui cara mengatur skala prioritas yang baik, maka kamu bisa meminimalisir dampak negatif dari pilihan yang bertumpuk ini.

Baca Juga
Ingin Duit Tambahan? Cobain 9 Pekerjaan Sampingan untuk Mahasiswa Ini

Apa itu Skala Prioritas?

Skala prioritas adalah daftar yang berisikan susunan kebutuhan berdasarkan tingkat kepentingannya, mulai dari yang terpenting hingga yang masih bisa ditunda untuk dipenuhi.

Dengan mendahulukan kebutuhan yang terpenting, maka beban kewajiban yang kita rasakan juga lebih berkurang.

Kunci dari mengatur skala prioritas yang baik adalah mengombinasikan antara mengetahui jenis kebutuhan, kemampuan diri, serta pengelolaan waktu.

Misalnya, kamu merasa lebih optimal jika bekerja pada siang hari, maka fokuskan dirimu untuk bekerja di waktu tersebut dan hindarkan diri dari aktivitas-aktivitas yang masih bisa kamu lakukan di lain waktu.

skala prioritas 2

Do your work (Sumber: classpass.com)

Jika kamu masih merasa bahwa pekerjaanmu selalu menumpuk, padahal tenggat waktunya sudah dekat, bisa jadi itu adalah tanda bahwa kamu belum mengetahui cara mengatur skala prioritas yang baik. Akibatnya, kamu selalu tergesa-gesa untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaanmu.

Baca Juga
Cara Membuat Portofolio Kreatif

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
GenK LIFE

5 Cara Berdamai dengan Diri Sendiri untuk Menjaga Kesehatan Mental

GenK LIFE

5 Racikan Jamu Tradisional untuk Daya Tahan Tubuh Saat COVID-19

GenK LIFE

Apakah Cairan Disinfektan Benar Dapat Cegah Virus Corona?

GenK LIFE

4 Cara Jitu Mengembalikan Konsentrasi Saat Lelah Bekerja

GenK LIFE

5 Cara Mengatasi Imposter Syndrome Sesuai Jenisnya

GenK LIFE

Cara Mencuci Tangan yang Benar untuk Mencegah Virus Corona

      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>
firmmobile