Ketahui Cara Mengendalikan Emosi, Sayangi Diri Sendiri dan Orang di Sekitarmu

Dibaca Normal: 3 menit aja
mengendalikan emosi

Emosi adalah salah satu perasaan yang ditujukan terhadap sesuatu. Umumnya emosi sendiri terbagi menjadi dua yaitu emosi positif dan juga negatif. Setiap manusia pastinya pernah mengalami keduanya. Emosi positif ataupun emosi negatif terkadang dibutuhkan, namun dalam kadar yang cukup. Jika berlebihan pastinya akan menimbulkan efek yang buruk tidak hanya untuk dirimu sendiri namun juga untuk orang di sekitarmu.

Oleh karena itu, mengatur emosi yang berlebihan sangatlah penting untuk menjaga tingkat kesadaran manusia dan membuatmu lebih bahagia. Tapi bukan berarti kamu tidak boleh merasakan emosi negatif, melainkan kamu harus membuat emosi tersebut tetap dalam taraf normal dan tidak berlebihan. Berikut akan dibahas beberapa cara mengendalikan emosi yang tepat, simak yuk!

Buat tubuh rileks

bagaimana cara mengendalikan emosi

sumber: pixabay.com

Awali dengan menyadari emosi yang kamu rasakan.  Ketika emosi meningkat biasanya diawali dengan tingkat detak jantung yang cepat, otot yang tegang, dan juga nafas yang lebih pendek. Jika tanda-tanda ini sudah dirasakan maka mulailah untuk tarik napas panjang dan atur napas agar detak jantung bisa kembali normal. Fokus pada kejadian yang terjadi dan coba regangkan tubuh sehingga menimbulkan perasaan rileks. Setelah itu baru kamu bisa merespon baik dengan menghadapi atau menghindari hal yang menyebabkan emosi tersebut muncul.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider
Baca Juga
7 Cara Ampuh Supaya Kamu Tidak Gampang Baper

Hindari Merespon Dengan Meluapkan Reaksi Buruk

kendalikan emosi

sumber: pexels.com

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjaga responmu. Khususnya jika berkaitan dengan emosi negatif, umumnya fisik akan cenderung memberikan respon yang berlebihan. Contoh, ketika marah maka otak akan cenderung memberikan sikap berteriak, memaki, menangis, menjerit dan lain sebagainya. Kamu bisa mengatasi ini dengan mencoba menenangkan diri terlebih dahulu, setelah dirasa emosi lebih tenang maka kamu bisa menentukan respon yang lebih yang baik dan tidak berlebihan.

Artikel Terkait
GenK LIFE

Ternyata Virus Ebola Jauh Lebih Mengerikan Ketimbang Virus Corona

GenK LIFE

Ikuti 5 Tahap Proses Kreatif untuk Ide yang Lebih Imajinatif

GenK LIFE

Jangan Bingung, Ini Beda ODP dan PDP Saat Corona Mewabah

GenK LIFE

Jenis-Jenis APD yang Dibutuhkan Tenaga Medis Saat Hadapi COVID-19

GenK LIFE

Jenis dan Tips Membuat Infused Water untuk Tingkatkan Daya Tahan Saat Corona

GenK LIFE

3 Trik Jitu Agar Skripsi Kamu Cepat Selesai Dalam Empat Bulan

Quizzes

Slider
      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>