5 Cara Tepat dan Mudah Belajar Mengetik Cepat

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
cara mengetik cepat

Di zaman modern yang serba cepat, kemampuan mengetik menjadi salah satu skill wajib yang sangat berguna baik dalam keseharian kita. Baik untuk keperluan pribadi maupun untuk urusan profesional. Nah, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengasah kemampuan mengetik cepatmu. 

Mulai dari penggunaan smartphone kita sehari-hari, hingga urusan pekerjaan, ada satu hal yang pasti kita semua lakukan., mengetik. Baik sekadar mengetik pesan singkat di smartphone, atau mengetik laporan pekerjaan di kantor. 

Mengetik telah menjadi salah satu rutinitas reguler banyak orang yang hidup di zaman modern ini. Untuk itulah, penguasaan kemampuan mengetik cepat dapat sangat membantu kita untuk mengerjakan tugas dengan lebih efisien

Tidak ada jalan singkat atau trik khusus yang dapat kamu lakukan supaya bisa mengetik cepat, GenK. Semuanya bergantung pada latihan yang rutin dan cara-cara tertentu yang dapat membantumu untuk mengetik dengan lebih cepat. 

Mau tahu apa saja cara-cara yang bisa kamu lakukan? Yuk disimak!

1. Sebelum Belajar Mengetik Cepat, Pelajarilah Dasar Keyboard

mengetik cepat 1

Layout keyboard (sumber: getfreewrite.com)

Sebelum kamu mulai mengasah kemampuan mengetik cepatmu, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mempelajari dasar-dasar keyboard. Kenalilah terlebih dahulu jenis-jenis keyboard dan bentuk yang sering digunakan.

Ada keyboard berbentuk lurus, bergelombang, serta ukuran keyboard yang besar dan kecil. Pilihlah jenis yang sesuai dengan apa yang sering kamu gunakan supaya saat kamu memulai mengetik akan terasa nyaman karena lebih familiar. 

Cobalah untuk mengingat posisi tiap-tiap key mulai dari huruf, angka, arah dan karakter khusus pada keyboard. Dengan begitu, kamu tahu kemana harus menekan tombol saat sedang mengetik. 

 

2. Mengatur Posisi Badan 

mengetik cepat 2

Posisi mengetik yang ideal (sumber: techspirited.com)

 

Proses mengetik bisa menjadi salah satu kegiatan yang lumayan menguras tenaga kamu, GenK. Apalagi jika mengetik menjadi bagian dari rutinitas pekerjaan kantormu sehari-hari.

Supaya kamu bisa mulai mengetik cepat, jangan lupa perhatikan posisi tubuhmu sebelum mulai bekerja. Dengan membuat posisi yang sesuai, kamu bisa mengetik dengan lebih nyaman dan lancar. 

Aturlah postur tubuhmu dengan duduk secara tegak dan jangan membungkuk. Ubahlah posisi kursi menyesuaikan dengan tinggi badanmu agar sejajar dengan layar monitor. 

Posisikan pergelangan tanganmu agar setinggi dengan keyboard supaya lebih mudah untuk menjangkau setiap tombol.

Harus diingat juga GenK, saat kamu akan mengetik, pastikan untuk mengetik di atas meja atau permukaan yang rata. Hindarilah mengetik menggunakan laptop dengan berpangkuan pada pahamu. 

Selain tidak nyaman dalam durasi mengetik yang lama, menggunakan pahamu sebagai tumpuan saat mengetik juga tidak baik untuk kesehatanmu loh, GenK. 

3. Sesuaikan Posisi Jari untuk Mengetik Cepat 

mengetik cepat 3

Mengetik dengan sepuluh jari (sumber: wikihow.com)

Ini dia salah satu kunci utama dari mengetik cepat, GenK, memposisikan jari dengan tepat di atas keyboard. Cobalah lihat gaya kamu saat mengetik, apakah kamu termasuk pengetik sebelas jari, alias dengan dua jari telunjuk? 

Aduh, kalau masih mengetik gaya sebelas jari, waktunya kamu latihan menggunakan sepuluh jari, GenK. Mengetik dengan menggunakan sepuluh jari adalah hal yang mesti dikuasai sebagai dasar mengetik cepat. 

Buat kamu anak gamer PC tentu sudah sangat akrab dengan penggunaan keyboard sebagai alat kendali saat bermain. Prinsip mengetik cepat kurang lebih sama, yaitu dengan meletakan jari-jarimu di atas posisi tombol yang tepat.

Coba perhatikan rumus peletakan jari berikut GenK:

  • Telunjuk kiri di atas huruf F, dengan jangkauan karakter: F, G, C, V, T dan 6.
  • Jari tengah kiri di atas huruf D, dengan jangkauan karakter: D, R, 5, dan X.
  • Jari manis kiri di atas huruf S, dengan jangkauan karakter: S, Z, E , 4, dan 3.
  • Kelingking kiri di atas huruf A, dengan jangkauan karakter: A, Caps Lock, 2, 1, W, Q, Tab, Shift, dan Ctrl.
  • Telunjuk kanan di atas huruf J, dengan jangkauan karakter: J, 6, 7, U, J, N, M, H, Y, dan B.
  • Jari tengah kanan di atas huruf K, dengan jangkauan karakter: K, I, 8, dan koma.
  • Jari manis kanan di atas huruf L, dengan jangkauan karakter: L, titik, O, dan 9.
  • Kelingking kanan di atas titik koma, dengan jangkauan karakter: titik koma, P, /, 0, ‘, -,  =, [, ], #, Shift, Enter, Backspace, dan tombol Ctrl.
  • Jempol kanan dan kiri berada di atas tombol Space.
Baca Juga   Kenapa Waktu Terasa Cepat di Situasi Tertentu?

4. Practice Makes Perfect

 

mengetik cepat 4

Practice makes perfect (sumber: pexels.com)

 

Setelah mengetahui semua cara di atas, yang sekarang harus kamu lakukan adalah latihan, latihan, dan terus latihan. 

Dengan terus berlatih, kamu dapat meningkatkan kemampuan mengetik cepat dalam waktu singkat. Bisa karena terbiasa. Semakin sering kamu mengasah skill mengetikmu, maka akan secara otomatis juga kecepatanmu turut bertambah. 

Kebiasaan rutin mengetik bisa kamu coba lakukan dengan hal-hal yang sederhana, GenK. Bisa dengan mulai menulis cerita pendek atau bikin blog kamu sendiri.

Pelan-pelan lalu ditingkatkan ke aktivitas yang lebih berat dengan membuat laporan kantor atau tugas sekolah. Cobalah juga untuk fokus melihat ke layar tanpa mengintip ke keyboard saat mengetik.

Tentunya setelah kamu menghafal letak setiap karakter keyboard. Cara tersebut bisa membuatmu lebih efisien dalam mengetik karena perhatianmu tertuju pada satu pusat, GenK. 

Lakukanlah tahap ini secara perlahan, dan tidak perlu buru-buru dalam satu waktu. Kamu bisa mengetik dengan perlahan-lahan, lalu dengan bertahap, kecepatan mengetikmu akan meningkat dengan sendirinya. 

5. Latihan Mengetik Cepat Dengan Game 

mengetik cepat 5

Contoh game untuk latihan mengetik (sumber: bigfishgames.com)

Selain mengetik secara konvensional dengan mengerjakan tugas-tugas kantor atau sekolah, kamu juga bisa melatih skill mengetik cepat melalui game.

Jadi selain sambil belajar, kamu juga bisa turut bermain game yang mengasyikan, GenK. Kamu bisa memilih berbagai pilihan game mengetik cepat yang melatih kemampuan dalam mengetik dengan gratis di internet. 

Game uji coba kecepatan mengetik biasanya akan mengukur kecepatan mengetikmu dengan jumlah kata yang dapat kamu hasilkan per menit atau disebut Words Per Minute (WPM). 

Cobalah menguji kecepatan mengetikmu dengan menggunakan situs https://10fastfingers.com/typing-test/english

Kamu akan melihat seberapa banyak kata yang bisa kamu tulis dengan tepat dalam waktu satu menit menggunakan berbagai bahasa pilihanmu. 


Bagaimana GenK, sudah siap untuk melatih mengetik dengan cepat? Semoga cara-cara di atas bisa berguna yah. Selamat mencoba!

 

Tentang Penulis

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
GenK LIFE

5 Alasan Kenapa Draw My Life Sangat Populer di YouTube

GenK LIFE

5 Rekomendasi Jenis Usaha Tanpa Modal lewat Online

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Influencer dan Cara Mudah Menjadi Influencer

GenK LIFE

4 Tips Public Speaking Efektif yang Patut Kamu Coba

GenK LIFE

3 Tips Cara Parafrase Ampuh Supaya Tulisanmu Bebas Plagiat

GenK LIFE

4 Tips Jadi Fotogenik untuk Tampil Menawan di depan Kamera

GenK LIFE

5 Cara Cepat Menghafal yang Paling Efektif, Kamu Wajib Baca

GenK LIFE

3 Gerakan Senam Otak Sederhana untuk Melatih Kreativitas

GenK LIFE

Mengenal Berbagai Macam Tipe Kecerdasan dan Gaya Belajar

GenK LIFE

5 Alasan Kenapa Orang Suka Foto di Kamar Mandi

GenK LIFE

Kenapa Milenial Hobi Travelling? Bukan Sekadar Tren Loh..

GenK LIFE

Cek Plagiat dengan Cara Ini, Biar Karyamu Gak Menyalahi Aturan

GenK LIFE

4 Alasan Kenapa Orisinalitas Itu Penting di Industri Kreatif

GenK LIFE

4 Trik Instastory Kekinian Buat Instagram Makin Kece

GenK LIFE

Gini Jadinya Kalau Kekuatan Superhero Bumilangit Dipakai Sehari-hari!

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Hashtag Serta Tips & Trik Cara Pakainya

GenK LIFE

7 Jenis Pekerjaan dalam Satu Tim Produksi Animasi

GenK LIFE

5 Cara Menambah Followers Twitter ala kreativv ID

GenK LIFE

4 Profesi Kekinian di Industri Kreatif yang Bisa Kamu Coba

GenK LIFE

Serba Bisa dengan 3 Hard Skill Serbaguna di Industri Kreatif

            Artikel Selanjutnya