GenK LIFE

5 Cara Tepat dan Mudah Belajar Mengetik Cepat

cara mengetik cepat

Di zaman modern yang serba cepat, kemampuan mengetik menjadi salah satu skill wajib yang sangat berguna baik dalam keseharian kita. Baik untuk keperluan pribadi maupun untuk urusan profesional. Nah, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengasah kemampuan mengetik cepatmu. 

Mulai dari penggunaan smartphone kita sehari-hari, hingga urusan pekerjaan, ada satu hal yang pasti kita semua lakukan, mengetik. Baik sekadar mengetik pesan singkat di smartphone, atau mengetik laporan pekerjaan di kantor. Mengetik telah menjadi salah satu rutinitas reguler banyak orang yang hidup di zaman modern ini. Untuk itulah, penguasaan kemampuan mengetik cepat dapat sangat membantu kita untuk mengerjakan tugas dengan lebih efisien

Tidak ada jalan singkat atau trik khusus yang dapat kamu lakukan supaya bisa mengetik cepat. Semuanya bergantung pada latihan yang rutin dan cara-cara tertentu yang dapat membantumu untuk mengetik dengan lebih cepat. Mau tahu apa saja cara-cara yang bisa kamu lakukan? Yuk disimak!

1. Sebelum Belajar Mengetik Cepat, Pelajarilah Dasar Keyboard

mengetik cepat 1

Layout keyboard (sumber: getfreewrite.com)

Sebelum kamu mulai mengasah kemampuan mengetik cepatmu, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mempelajari dasar-dasar keyboard. Kenalilah terlebih dahulu jenis-jenis keyboard dan bentuk yang sering digunakan.

Ada keyboard berbentuk lurus, bergelombang, serta ukuran keyboard yang besar dan kecil. Pilihlah jenis yang sesuai dengan apa yang sering kamu gunakan supaya saat kamu memulai mengetik akan terasa nyaman karena lebih familiar. Cobalah untuk mengingat posisi tiap-tiap key mulai dari huruf, angka, arah dan karakter khusus pada keyboard. Dengan begitu, kamu tahu kemana harus menekan tombol saat sedang mengetik. 

Baca Juga :   5 Tips Cara Membaca Cepat

2. Mengatur Posisi Badan 

mengetik cepat 2

Posisi mengetik yang ideal (sumber: techspirited.com)

Proses mengetik bisa menjadi salah satu kegiatan yang lumayan menguras tenaga kamu. Apalagi jika mengetik menjadi bagian dari rutinitas pekerjaan kantormu sehari-hari. Supaya kamu bisa mulai mengetik cepat, jangan lupa perhatikan posisi tubuhmu sebelum mulai bekerja. Dengan membuat posisi yang sesuai, kamu bisa mengetik dengan lebih nyaman dan lancar. 

Aturlah postur tubuhmu dengan duduk secara tegak dan jangan membungkuk. Ubahlah posisi kursi menyesuaikan dengan tinggi badanmu agar sejajar dengan layar monitor. Posisikan pergelangan tanganmu agar setinggi dengan keyboard supaya lebih mudah untuk menjangkau setiap tombol.

Harus diingat juga, saat kamu akan mengetik, pastikan untuk mengetik di atas meja atau permukaan yang rata. Hindarilah mengetik menggunakan laptop dengan berpangkuan pada pahamu. Selain tidak nyaman dalam durasi mengetik yang lama, menggunakan pahamu sebagai tumpuan saat mengetik juga tidak baik untuk kesehatanmu loh

Baca Juga :   Kerja Terampil di Industri Kreatif dengan 4 Soft Skill Ini

About author

Related posts
GenK LIFE

Yuk, Simak Tipsnya Biar Tetap Bugar Saat Puasa Ramadhan!

GenK LIFE

Bridge of Life: Kalimat Positif Pemberi Harapan Hidup di Atas Sungai Han

GenK LIFE

Rekomendasi Podcast Indonesia Buat Menginspirasi Hari-Harimu

GenK LIFE

4 Alasan Kamu Harus Jadi Pribadi Konsisten

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.