GenK LIFE

Merasa Sakit saat Self Quarantine COVID-19, Ini Hal yang Harus Kamu Lakukan

Belakangan ini, dunia memang sedang digemparkan dengan penyebaran pandemi COVID-19 yang semakin meluas. Bahkan setiap pemerintahan yang ada di masing-masing negara juga telah memberlakukan berbagai upaya pencegahan demi menghentikan penyebaran virus yang semakin meluas.

Beberapa upaya yang dilakukan misalnya, dengan menjaga kebersihan diri, rajin cuci tangan dengan sabun, penggunaan hand sanitizer dan masker di tempat umum maupun transportasi publik, penyemprotan disinfektan bahkan memberlakukan physical distancing.

Physical distancing ini juga membuat banyak perusahaan memberlakukan work from home bagi para pekerjanya. Walau demikian, terkadang masih ada banyak hal lain yang dilakukan dalam upaya pencegahan, seperti self quarantine.

Dalam menjalankan self quarantine, kita memang menghambiskan seluruh waktu kita di rumah. Namun, terkadang karena satu dua hal lain, kita bisa saja merasa sakit atau kurang sehat. Nah, beberapa hal ini bisa kamu lakukan di rumah selama self quarantine berlangsung.

1. Tetap diam di dalam rumah

Ilustrasi flu. (Sumber: pexels)

Apabila kamu sudah memiliki tanda-tanda sakit, seperti demam, sakit kepala, radang tenggorokan ataupun hidung mulai berair, pilih untuk tetap beristirahat di rumah. Jika mungkin perusahaan atau tempat kamu sekolah atau bekerja belum memberikan waktu libur atau memberlakukan work from home, mintalah ijin.

Baca Juga :   Rendah Diri Bikin Makin Terpuruk, Usir Kebiasaan Ini dengan Tips Berikut!

Hal ini bertujuan agar kamu bisa lebih fokus untuk beristirahat agar tanda-tanda sakit itu tidak semakin bertambah parah. Selain itu, sangat baik untukmu membatasi diri agar tidak keluar rumah dan bertemu dengan banyak orang agar kamu tidak menularkan sakitmu kepada mereka.

2. Tunggu, jangan langsung memeriksakannya

Ilustrasi melakukan video call. (Sumber: pexels)

Jika memang dalam sehari keadaanmu juga belum membaik padahal sudah beristirahat ataupun mengonsumsi obat, jangan langsung memeriksakannya ke dokter. Bukan tidak membolehkan ataupun menyarankan yang tidak baik, ini juga baik untuk kamu menjauhkan diri dari orang lain untuk pencegahan virus.

Selain itu, di jaman sekarang yang serba canggih, tentu juga diimbangi dengan teknologi yang semakin berkembang. Sekarang sudah terdapat beberapa aplikasi kesehatan yang bisa secara mudah untuk kamu akses dari ponsel atau gadget milikmu. Kamu bisa meminta saran dari dokter baik lewat telepon, chat ataupun layanan digital lainnya. Kamu bisa langsung menjelaskan seluruh gejala yang kamu alami dan ikutilah nasihat atau saran yang diberikan oleh dokter dengan baik.

About author

Related posts
GenK LIFE

Yuk, Simak Tipsnya Biar Tetap Bugar Saat Puasa Ramadhan!

GenK LIFE

Bridge of Life: Kalimat Positif Pemberi Harapan Hidup di Atas Sungai Han

GenK LIFE

Rekomendasi Podcast Indonesia Buat Menginspirasi Hari-Harimu

GenK LIFE

4 Alasan Kamu Harus Jadi Pribadi Konsisten