fbpx

Tips Waktu dan Jenis Olahraga Saat Puasa

Dibaca Normal: 6 menit aja 😊
tips olahraga saat puasa

Beberapa orang merasa takut kalau harus olahraga saat sedang berpuasa. Munculnya rasa lapar dan haus yang semakin menjadi-jadi adalah kekhawatiran utamanya. Daripada galau, yuk baca tips olahraga saat puasa berikut ini, GenK!

Pada dasarnya olahraga dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Kalau dikaitkan dengan puasa itu berguna banget loh.

Saat puasa, tubuh akan lebih rentan lemas dan mudah kehilangan cairan tubuh. Ujung-ujungnya jadi lesu deh. Bahkan sampai malas beranjak dari kasur. Kalau begitu terus, pekerjaanmu bisa tertunda dan malah menumpuk loh.

Mulai sekarang gak perlu galau lagi, karena kami akan membagikan beberapa tips olahraga saat puasa yang bisa kamu terapkan sendiri di rumah. Kita lihat tipsnya sama-sama, yuk!

Olahraga Saat Puasa 1

Ilustrasi olahraga saat puasa (sumber: suratkabar.id)

Tiga Waktu Ideal Berolahraga di Bulan Puasa

Setidaknya ada tiga waktu yang ideal untuk berolahraga di bulan puasa, yaitu setelah setelah sahur, sebelum buka puasa, dan sesudah buka puasa. Setiap waktu memiliki triknya tersendiri. Simak penjelasan lengkapnya, GenK!  

  • Olahraga Setelah Sahur

Waktu olahraga yang pertama adalah setelah sahur.

Saat sahur, kamu menyantap makanan sebagai bekal puasa seharian. Selain keseimbangan gizi, kamu juga mesti menjaga kebugaran tubuh. Kalau keduanya tidak seimbang, maka konsentrasi akan cepat buyar.

Bisa gawat kalau baru jam 2 siang fokusmu sudah bercabang ke mana-mana. Makanya kedua hal itu berguna banget untuk meningkatkan konsentrasi saat puasa.

Sebelum olahraga usahakan kamu minum air putih yang cukup saat sahur. Supaya cairan tubuh tetap terjaga dan kamu tidak ambruk, GenK.

Olahraga Saat Puasa 2

Ilustrasi gerakan pemanasan (sumber: fitnessformen.co.id)

Lakukan gerakan-gerakan ringan, seperti pemanasan dan peregangan tubuh. Sebenarnya jenis olahraga bisa disesuaikan dengan tingkat ketahan tubuhmu, karena setiap orang memiliki tingkat stamina yang berbeda-beda dan hanya diri kamu sendiri yang bisa mengukurnya.

Lari-lari kecil alias jogging juga bisa menjadi pilihanmu sebelum berangkat kerja. Gunakan pakaian santai, ambil sepatu sport, dan mainkan lagu kesukaanmu.

Lari keliling komplek perumahan sambil melihat pemandangan pagi yang indah merupakan hal yang mengasyikan loh. Udara di pagi hari juga masih segar dan sejuk. Otak jadi lebih segar dan siap untuk menjalani hari yang panjang.

Akan tetapi ada yang harus kamu ingat, GenK. Jangan terlalu lama berolahraga, cukup 60 menit saja. Kalau terlalu lama, bisa-bisa energimu terkuras loh. Padahal matahari pun belum terbit seutuhnya.

Baca Juga   Apa Benar Makanan Sehat Bisa Bikin Kamu Bahagia?
 

  • Olahraga Sebelum Buka Puasa

Olahraga Saat Puasa 3

Ilustrasi olahraga sebelum buka puasa (sumber: wellandgood.com)

Waktu berikutnya yang ideal untuk berolahraga saat puasa adalah sebelum buka puasa, alias saat ngabuburit.

Ada beragam pilihan kegiatan untuk ngabuburit, seperti jalan-jalan bersama teman, belanja, dan main game. Kalau kamu merasa kurang cocok dengan kegiatan seperti itu, cobain olahraga sebelum buka puasa buat nemenin ngabuburit, GenK. Cukup lakukan olahraga ringan supaya energimu masih tersisa sampai waktunya buka puasa.

Olahraga saat puasa juga berguna banget buat kamu yang mau menurunkan berat badan supaya lebih ideal. Melakukan olahraga di kala perut kosong dipercaya mampu membantu menghilangkan lemak yang lebih banyak daripada biasanya loh.

Setelah kehilangan energi setelah berolahraga, kamu bisa mengembalikan energimu lagi setelah buka puasa. Sehingga kamu tidak perlu takut kelaparan dan dehidrasi. Namun jangan terlalu berlebihan juga yap!

Jangan sampai kamu malah pusing dan lemas setelah olahraga. Jenis dan durasi olahraga tetap disesuaikan dengan kondisi tubuh di hari itu. Waktu yang ideal untuk olahraga saat puasa tidak lebih dari 60 menit, GenK.  

  • Olahraga Setelah Buka Puasa

Olahraga Saat Puasa 4

Ilustrasi olahraga setelah buka puasa (sumber: groupon.com)

Dan waktu ideal yang terakhir untuk olahraga saat puasa adalah setelah berbuka.

Lakukan olahraga setelah buka puasa selama 2-3 jam setelah berbuka puasa. Kamu bisa menambahkan intensitas durasi dan jenis gerakan, seperti meningkatkan massa otot. yang memerlukan banyak energi.

Namun perlu kamu ingat. Sebelum melakukan olahraga pastikan kamu sudah memberi jarak antara makan dan olahraga. Tunggu dulu sampai makanan benar-benar dicerna oleh tubuh. Sehingga energi sudah terkumpul lagi, GenK. Olahraga pun jadi lebih fit dan tubuh jadi bugar lagi deh.

Dari ketiga waktu ideal yang sudah kami sebutkan di atas, manakah yang sekiranya ingin kamu terapkan? Atau bahkan ketiganya?

Sebanyak apapun jenis dan durasi olahraga, pastikan lagi dengan tingkat stamina tubuhmu sendiri. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau personal trainer terlebih dahulu, GenK.  

Baca Juga   5 Cara Keluar dari Hidup Membosankan

Jenis-Jenis Olahraga Saat Puasa

Kalau tadi sudah membahas kapan waktu yang ideal, sekarang kami akan membahas tentang jenis-jenis olahraga yang bisa menjadi pilihanmu saat puasa. Yuk simak apa saja jenisnya, GenK!  

  • Olahraga Kardio

Olahraga Saat Puasa 5

Ilustrasi olahraga kardio (sumber: exhalespa.com)

Olahraga kardio atau yang disebut juga dengan aerobik adalah kegiatan olah tubuh untuk memperkuat jantung dan paru-paru.

Dengan melakukan senam kardio mampu memperbaiki fungsi tubuh yaitu paru-paru untuk memanfaatkan oksigen.

Lalu juga berguna untuk memperbaiki denyut jantung dan menjaga tekanan darah. Ada banyak jenis olahraga kardio yang bisa menjadi pilihanmu, seperti berjalan kaki, bersepeda, berlari, dan berenang.

Kamu juga bisa mencari panduan senam kardio di media sosial, salah satunya YouTube. Di sana ada banyak trainer yang mengunggah video senam kardio yang super simpel dan bisa kamu praktikkan sendiri di rumah.

Kalau dihubungkan dengan waktu ideal olahraga saat puasa, olahraga kardio cocok dilakukan setelah sahur dan sebelum buka puasa, GenK.  

  • Jogging

Olahraga Saat Puasa 6

Ilustrasi jogging (sumber: hightoweradvisors.com)

Jogging adalah salah satu olahraga yang bagus untuk membentuk massa otot, menjaga kesehatan jantung, dan membakar kalori. Olahraga yang satu ini disebut-sebut lebih efektif untuk membakar lemak daripada angkat beban.

Namun saat puasa, kamu mesti mengatur takaran dan intensitas olahraga. Jangan sampai kamu malah kehilangan energi dan dehidrasi karena lupa waktu dan terlalu memaksakan diri.  

  • Lari di Tempat

Lari di tempat bisa menjadi opsi lain kalau tubuhmu tidak sanggup untuk jogging di bulan puasa. Tidak seperti jogging, kegiatan lari di tempat tidak memerlukan banyak energi. Cocok buat kamu yang ingin olahraga santai, GenK.  

Baca Juga   Kenapa Kita Mengalami Dejavu?

  • Yoga

Olahraga Saat Puasa 7

Ilustrasi yoga (sumber: webmd.com)

Lelah dengan rutinitas seharian merupakan pemicu munculnya stres. Yoga bisa menjadi salah satu solusinya. Tidak hanya sekadar olah tubuh rutin, yoga juga dapat menyehatkan tubuh loh. Apalagi di saat puasa, tubuh mesti bugar supaya tidak gampak capek dan lemas.

Dengan yoga, tubuh dan pikiran jadi lebih rileks dengan cara mengatur pernapasan dan melatih fleksibilitas tubuh. Komponen utama saat melakukan yoga adalah rangkaian gerakan dan pernapasan, GenK.

Buat kamu yang masih pemula, disarankan untuk mengikuti kelas yoga atau menggunakan trainer pribadi. Ada beberapa gerakan yoga yang bisa fatal jika kamu salah memilih posisi.

Kalau dihubungkan dengan waktu ideal olahraga saat puasa, lakukan yoga setelah sahur. Udara di pagi hari memang segar banget deh!  

  • Hula Hoop

Tips Waktu dan Jenis Olahraga Saat Puasa 8

Ilustrasi bermain hula hoop (sumber: nspt4kids.com)

Hula hoop adalah sebuah jenis permainan menggunakan gelang berukuran besar yang diputar di area perut dan pinggul.

Manfaat utama bermain hula hoop adalah untuk melatih keseimbangan tubuh, karena gelang tidak boleh jatuh dari pinggang dan pinggul. Tapi tahukah kamu kalau hula hoop punya manfaat bagi kesehatan tubuh?

Dengan bermain hula hoop bisa membakar lemak di area perut, pinggang, dan juga pinggul. Sehingga mampu mencegah risiko obesitas.

Bermain hula hoop bisa dilakukan di ketiga waktu ideal yang sudah kami sebutkan di atas, karena hula hoop termasuk olahraga ringan yang tidak memerlukan banyak energi. Beda lagi ceritanya kalau hula hoop yang dimainkan oleh atlet profesional ya, GenK.


Itu dia penjelasan tips waktu dan jenis olahraga saat puasa yang bisa menjadi pilihanmu. Jaga tubuh biar tetap bugar, GenK, sehingga puasa pun jadi lancar.

Tentang Penulis

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
GenK LIFE

Mengenal Berbagai Macam Tipe Kecerdasan dan Gaya Belajar

GenK LIFE

5 Alasan Kenapa Orang Suka Foto di Kamar Mandi

GenK LIFE

Kenapa Milenial Hobi Travelling? Bukan Sekadar Tren Loh..

GenK LIFE

Cek Plagiat dengan Cara Ini, Biar Karyamu Gak Menyalahi Aturan

GenK LIFE

4 Alasan Kenapa Orisinalitas Itu Penting di Industri Kreatif

GenK LIFE

4 Trik Instastory Kekinian Buat Instagram Makin Kece

GenK LIFE

Gini Jadinya Kalau Kekuatan Superhero Bumilangit Dipakai Sehari-hari!

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Hashtag Serta Tips & Trik Cara Pakainya

GenK LIFE

7 Jenis Pekerjaan dalam Satu Tim Produksi Animasi

GenK LIFE

5 Cara Menambah Followers Twitter ala kreativv ID

GenK LIFE

4 Profesi Kekinian di Industri Kreatif yang Bisa Kamu Coba

GenK LIFE

Serba Bisa dengan 3 Hard Skill Serbaguna di Industri Kreatif

GenK LIFE

7 Jenis Profesi Buat Kamu yang Hobi Menulis

GenK LIFE

5 Tips Facebook Marketing untuk Membangun Brand-mu

GenK LIFE

5 Tips Kreatif Main Instagram agar Kontenmu Lebih Menarik

GenK LIFE

Cara Membuat Form Online Praktis dan Gratis

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Copyright, Anak Kreatif Wajib Tahu

GenK LIFE

Kepribadian Pekerja Kreatif Berdasarkan Golongan Darah

GenK LIFE

10 Ciri Orang dengan Intuisi Tinggi yang Berani Mewujudkan Idenya

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Art Block dan Cara Mengatasinya

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link
kid logo
EARLY BIRD
Daftar dengan mengisi form di bawah ini

 
close-link