Ciri dan Manfaat Jadi Orang Open Minded!

Dibaca Normal: 4 menit aja 😊
open minded

Open minded kerap dijadikan sebagai tolak ukur tingkat kedewasaan seseorang. Kalau kamu sendiri, merasa pribadi yang berpikiran terbuka? Yuk, cari tahu ciri-ciri dan  manfaat menjadi pribadi yang berpikiran terbuka, GenK!

Open minded adalah soal toleransi diri.

Kamu mau membuka diri dengan hal-hal baru dan mau terbuka dengan pendapat orang lain.

Terdengar simpel, GenK? Eits, jangan salah. Memiliki pemikiran terbuka itu sulit loh.

Menampung berbagai macam pemikiran dan opini orang lain yang jelas berbeda cara pandang denganmu tentu pada awalnya akan terasa menjengkelkan. Apalagi kalau idenya bertolak belakang denganmu.

Dengan membuka pikiran, maka akan ada kemungkinan masuknya pengetahuan baru, peluang, petualangan, dan kebahagiaan yang lebih besar di hidup kamu loh.

Open Minded 1

Ilustrasi open minded (sumber: pexels.com)

Bayangkan kamu sedang berdiri di tengah-tengah lapangan stadion yang memiliki tembok pembatas. Kamu tinggal pilih, mau keluar sebentar dari lapangan itu atau tetap tinggal di sana?

Keluar dari lapangan stadion berarti kamu mau untuk keluar dari zona nyaman. Caranya bisa dengan membuka diri, menerima pemikiran dan opini orang lain.  

Open Minded Dibarengi dengan Berpikir Kritis

Punya pemikiran terbuka itu bukan berarti harus menelan mentah-mentah semua informasi yang masuk. Jangan sampai kamu malah tenggelam di dalam informasi yang sudah jelas bohong dan salah.

Menjadi orang yang open minded akan lebih baik kalau dibarengi dengan berpikir kritis. Begitu pula sebaliknya. Keduanya harus seimbang.

Ciri-Ciri Orang yang Open Minded

Apakah kamu sudah merasa menjadi orang yang berpikiran terbuka? Atau kamu malah masih ragu dengan dirimu sendiri?

Tenang saja, GenK, karena kami akan membagikan ciri-cirinya khusus buat kamu nih. Coba kenali ciri-cirinya dan aplikasikan untuk menilai dirimu sendiri, yuk!    

Baca Juga   Kenapa Waktu Terasa Cepat di Situasi Tertentu?

1. Menilai masalah dari banyak sisi

Semalam adikmu meminjam mobil untuk pergi bersama teman kampusnya. Saat pulang, bemper mobilmu lecet. Padahal sebelumnya mobilmu masih baik-baik saja kok. Lalu kamu merenung di kantor: sebenarnya apa sih penyebab mobilmu lecet?

Open Minded 2

Ilustrasi merenung di kantor (sumber: pexels.com)

Yap, ini adalah salah satu ciri orang yang open minded. Kalau tidak, pasti kamu sudah menyalahkan adikmu dan memarahinya karena sudah merusak mobilmu. Padahal ada banyak kemungkinan yang terjadi.

Dari permasalah tersebut, kamu bisa mengambil hikmahnya. Kamu jadi lebih berhati-hati saat berkendara dan memeriksa body serta mesin mobil secara berkala.    

2.Tidak mudah menyimpulkan sesuatu

Ciri yang kedua adalah kamu tidak mudah menyimpulkan sesuatu. Ini masih berhubungan dengan poin nomor 1. Kamu membutuhkan informasi sebanyak-banyak untuk memastikan sebuah informasi itu valid atau tidak. Bukan berarti kamu tidak mau menerima opini orang lain loh. Hanya saja kamu tidak ingin membenarkan sebuah pernyataan yang belum tahu asal-usulnya, GenK.    

3. Cobain dulu, baru berkomentar

Orang yang open minded akan sangat menghindari yang namanya menduga-duga. Kamu baru mau berkomentar setelah mencoba. Jika sudah mencoba, kamu jadi lebih tahu yang sebenarnya dan tidak perlu menduga-duga lagi deh. Ciri ini juga akan menghindari kamu dari sikap pesimis. Selalu ada jalan kalau kamu mau mencobanya terlebih dahulu, GenK.    

Baca Juga   Cara Beradaptasi dengan Lingkungan Baru lewat Komunikasi yang Baik

4.Bagi kamu tidak ada yang tidak mungkin

Ciri orang berpikiran terbuka yang berikutnya adalah selalu percaya kalau tidak ada yang tidak mungkin. Ini juga berhubungan dengan poin nomor 3. Segala sesuatu harus dicoba dulu. Selain menjawab rasa penasaran, kamu jadi tidak mudah putus asa deh.  

Gimana, GenK, keempat ciri-ciri di atas sudah ada di dalam dirimu?

Kalau belum, berlatihlah agar cepat menjadi pribadi yang berpikiran terbuka. Manfaatnya banyak loh, bukan hanya untukmu, tapi juga orang-orang di sekitarmu.  

Manfaat Jadi Orang Open Minded

Setelah tahu ciri-cirinya, sekarang kami akan membahas seputar manfaat menjadi orang yang open minded. Ada beberapa manfaat yang berguna banget untuk berkehidupan sehari-hari, GenK. Yuk simak!    

1.Tidak mudah berprasangka buruk

Orang menjadi mudah berprasangka buruk karena pikiran-pikiran negatif sudah tertanam di benaknya. Lain halnya dengan pribadi yang terbuka. Kamu jadi lebih mudah untuk berpikir positif deh, karena kamu mampu menilai masalah dari banyak sisi dan tidak mudah menyimpulkan sesuatu.    

2.Mau menerima orang baru

Manfaat yang berikutnya adalah kamu jadi mau dan lebih mudah untuk menerima orang di dalam hidup. Siapa tahu orang tersebut bisa membawa kebahagian besar di dalam hidupmu.

Open Minded 3

Ilustrasi berteman dengan orang baru (sumber: pexels.com)

Nah, buat kamu yang merasa sedang menjalani kehidupan yang membosankan, gak ada salahnya untuk pergi menjelajah ke tempat baru. Di sana kamu akan menemukan orang baru yang tentunya membawa cerita tersendiri.    

Baca Juga   Cara Membuat Jurnal Harian untuk Merawat Kesehatan Mental

3.Lebih optimis

Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Dengan bersikap terbuka, segala sesuatu terasa mudah, karena dibarengi dengan optimisme yang tinggi dari dalam diri kamu sendiri. Lalu dengan menanamkan optimisme, kamu jadi terbiasa untuk melewati masalah loh. Segala rintangan akan kamu hadapi, GenK.  

4. Memiliki keterampilan memecahkan masalah yang lebih baik

Kalau cara A gak bisa, lakuin cara B.

Menanam pemikiran seperti itu sangat berguna banget deh. Kamu jadi tidak mudah terjebak dan larut dalam sebuah permasalahan yang sebenarnya bisa dipecahkan dengan cara lain.    

5. Stres berkurang

Orang yang memiliki pemikiran terbuka bakalan lebih mudah terhindar dari stres, karena kamu sudah terbiasa menerima perubahan. Di zaman sekarang, segala sesuatu akan lebih cepat mengalami perubahan.

Open Minded 4

Ilustrasi stres berkurang (sumber: pexels.com)

Contoh di dunia kerja, saat ini bekerja dengan sistem remote atau bekerja dari jarak jauh sedang populer loh. Sedangkan dulu bekerja harus datang pagi-pagi ke kantor untuk absen dan baru bisa pulang kalau sudah sore.

Kalau kamu tidak bisa menerima perubahan, maka kamu akan terjebak di lingkaran yang sama. Tidak ada perubahan, malah mengalami kemunduran. Ujung-ujungnya stres melanda. Wah jangan sampai seperti itu ya, GenK.


Nah, itu dia ciri dan manfaat menjadi orang yang yang open minded. Sekarang kamu jadi lebih mengenal dirimu sendiri bukan? Cobalah untuk bersikap terbuka di dalam berkehidupan sehari-hari, terutama saat kamu sedang merasa lelah dan stres. Percayalah setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Meskipun butuh waktu yang panjang, GenK.

Polling

Simpan Artikel Ini.

Simpan artikel ini untuk kamu baca lagi nanti, GenK.

Artikel Terkait
GenK LIFE

Tren Ngabuburit Zaman Now vs Zaman Dulu

GenK LIFE

5 Ide Acara Bukber yang Seru dan Anti Boros

GenK LIFE

Tips Memilih Buku Referensi Skripsi

GenK LIFE

Tips Waktu dan Jenis Olahraga Saat Puasa

GenK LIFE

6 Tips Menghadapi Quarter Life Crisis

GenK LIFE

6 Cara Meningkatkan Konsentrasi Saat Puasa

GenK LIFE

Apakah Kamu Alpha Male dan Alpha Female? Yuk Ikut Tesnya!

GenK LIFE

4 Cara Berpikir Objektif

GenK LIFE

9 Cara Membuat CV Yang Menarik Perhatian Rekruiter

GenK LIFE

8 Cara Membangun Jenjang Karir yang Kamu Inginkan

GenK LIFE

5 Cara Menghilangkan Rasa Minder di Kantor

GenK LIFE

4 Langkah Pengambilan Keputusan yang Tepat

GenK LIFE

Mau Jadi Freelancer? Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya!

GenK LIFE

Tips Mengatasi Kreativitas yang Mandek

GenK LIFE

Manajemen Perhatian agar Mengerjakan Tugas Lebih Efisien

GenK LIFE

7 Rutinitas Sebelum Tidur yang Bikin Kamu Nyenyak Terlelap

GenK LIFE

Cara Beradaptasi dengan Lingkungan Baru lewat Komunikasi yang Baik

GenK LIFE

Mengenal Generasi Z, Penerus Generasi Milenial

GenK LIFE

5 Cara Keluar dari Hidup Membosankan

GenK LIFE

Apakah Kamu Orang yang Toxic? Yuk Kenali Ciri-Cirinya!

            Artikel Selanjutnya