GenK LIFE

5 Barang Ini Berpotensi Menjadi Media Penyebaran Virus Corona

penyebaran virus corona

Hasil penelitian menunjukkan bahwa virus corona dapat menyebar lewat percikan air liur seseorang yang batuk atau bersin. Percikan air liur tersebut akan melayang ke udara dan bisa mengenai orang atau barang yang berada di sekitarnya. Orang-orang mulai khawatir dan bertanya-tanya berapa lama virus tersebut dapat bertahan, yaitu beberapa jam bahkan beberapa hari lamanya. 

Hal ini tentu mengkhawatirkan, terutama buat kamu yang hampir setiap hari bepergian naik kendaraan umum. Ada ratusan bahkan ribuan orang yang menggunakan kendaraan yang sama denganmu. Cara mencuci tangan dengan baik dan benar merupakan salah satu langkah preventif yang terbukti menghambat penyebaran virus corona. Jika tidak ada sabun, setidaknya kamu menggunakan hand sanitizer sebagai pengganti saat kepepet. Berikut beberapa barang yang berisiko tinggi menjadi media penyebaran virus corona. Yuk disimak informasinya!

1. Tombol Lift

penyebaran virus corona

Menekan tombol lift (sumber: axess2.co.uk)

Penyebaran virus corona bisa terjadi lewat tombol lift loh. Lift adalah alat transportasi yang dapat mengangkut orang dan juga barang. Kamu akan sering menemukan lift di pusat perbelanjaan, apartemen, atau perkantoran. Demi menghindar dari risiko infeksi virus corona, sebaiknya kamu hindari memencet tombol lift. Mengapa demikian? Karena tanpa disadari, ada ribuan orang yang menekan tombol tersebut dan kamu tidak dapat menjamin kebersihan tangan mereka. Apabila keadaan mengharuskan kamu untuk menekan tombol lift dengan tangan telanjang, usahakan untuk segera cuci tangan setelahnya.

2. Uang Kertas

penyebaran virus corona

Contoh uang kertas (sumber: pexels.com)

Beberapa karyawan dari beberapa bank ternama diumumkan positif terjangkit virus corona. Namun, belum diketahui pasti apakah mereka tertular virus tersebut dari uang kertas atau bukan. Hal ini menimbulkan kekhawatiran publik akan penyebaran virus corona yang terjadi lewat uang kertas meski lembaga World Health Organization (WHO) sampai saat ini belum menyebut secara spesifik apakah uang kertas dapat menjadi sumber sarana penularan virus. Akan tetapi, WHO hanya memberikan himbauan agar kamu selalu mencuci tangan dengan sabun setelah memegang uang. Akan lebih baik lagi jika kamu menggunakan dompet digital sebagai media transaksi pembayaran.

Baca Juga :   Cara Mencuci Tangan yang Benar untuk Mencegah Virus Corona
About author

Related posts
GenK LIFE

Mengenal Hari Bahasa Ibu, Perjuangan Mempertahankan Bahasa Asli

GenK LIFE

Mulai Daur Ulang Plastik, Langkah Kecil Selamatkan Bumi

GenK LIFE

Ingin Bayar Cashless? Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

GenK LIFE

7 Cara Agar Tidak Mudah Baper, Kamu Wajib Tahu!