Anime Vs Manga Berbeda? Calon Comic Creator Wajib Tahu!

Dibaca Normal: 3 menit aja
ilustraasi anime vs manga

Cukup sering dihubung-hubungkan, anime vs manga sebenarnya merupakan dua hal yang jauh berbeda. Sayangnya, nggak sedikit orang menggunakan dua istilah tersebut untuk mengartikan gaya kartun asal Negeri Sakura, Jepang. Pada kenyataannya, anime dan manga adalah istilah dengan makna berbeda, meskipun memang keduanya sama-sama merupakan media cerita visual. Kalau merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia, manga artinya komik gaya Jepang. Di sisi lain, anime adalah animasi khas Jepang. Nah, kamu yang bermimpi jadi comic creator sudah mulai memahami perbedaan mendasarnya? Agar bisa lebih mendalami impianmu, yuk, intip beberapa fakta penting tentang anime dan manga yang wajib kamu ketahui di bawah ini.

Slider
Slider
Slider

1. Asal Usul Kata Anime dan Manga

asal asul manga dan anime

sumber: selipan.com

Istilah ‘manga’ memang berasal dari kata asli dalam bahasa Jepang yang memiliki arti ‘gambar’. Kalau di negara asalnya sana, pengucapan lafal ‘manga’ adalah man’ga dengan adanya penekanan pada huruf ‘n’. Beda banget sama cara orang Indonesia mengucapkan manga yang melafalkannya sebagai ma-nga, ya? Nah, kalau anime sebenarnya bukan kata asli dari bahasa Jepang. Awalnya, kata yang digunakan adalah ‘animeshiyon’. ‘Animeshiyon’ adalah kata serapan dari kata bahasa Inggris, ‘animation’, yang berarti kumpulan gambar bergerak.

2. Media yang Digunakan

menggambar manga dan anime

sumber: ayoeworld.files.wordpress.com

Nah, untuk perbedaan yang satu ini tentu kamu sudah pada tahu, kan? Yups, manga dan anime memang sama-sama disajikan dalam bentuk media visual, namun tetap ada bedanya. Manga ditujukan untuk versi cetaknya yang berisi gambar dengan tulisan seperti novel grafis atau komik, sedangkan anime disajikan dalam bentuk media film atau serial televisi. Bedanya dengan manga yang sifatnya statis karena hanya menampilkan gambar dengan tulisan, anime memiliki dinamika yang tercipta berkat suara karakter ditambah dengan musik latar yang disesuaikan dengan jalan cerita. Namun di luar perbedaan tersebut, baik anime maupun manga pola dan gaya visualnya nggak jauh berbeda, kok. Setiap karakter yang dimunculkan dua media tersebut pasti digambarkan dengan fitur wajah yang sangat menarik. Mulai dari mata yang besar, rambut berwarna-warni, kaki yang jenjang dan masih banyak lagi.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider
Baca Juga
Kamu Seorang Desainer Grafis? Uji Pengetahuanmu di Sini!

3. Alur Cerita yang Disajikan antara Anime vs Manga

alur cerita anime

sumber: i.redd.it

Fakta penting lainnya yang membedakan anime dengan manga adalah alur ceritanya. Berbeda dengan anime, manga cenderung menyajikan kisah-kisah panjang dengan detail. Pasalnya, manga hadir lewat media komik atau novel grafis yang serinya bisa mencapai belasan, puluhan dan nggak jarang sampai ratusan. Kalau anime, mengingat proses produksinya yang cenderung lama dan juga memakan biaya cukup banyak, cerita yang ditampilkan jauh lebih ringkas tanpa detail-detail mendalam. Kamu juga nggak akan mendapati jalan cerita atau perkembangan karakter secara terperinci, karena pembuatannya dibatasi dengan durasi dan jumlah episode.

Slider
Slider
Slider
Artikel Terkait
GenK LIFE

6 Tanda Pasangan Posesif yang Wajib Kamu Waspadai

GenK LIFE

Makanan Penambah Darah Ini Dijamin Bikin Tubuhmu Lebih Bugar

GenK LIFE

6 Cara Meningkatkan Konsentrasi Saat Puasa

GenK LIFE

7 Fakta Unik Tahun Kabisat, Dari Larangan Menikah Sampai Mitos Kelahiran

GenK LIFE

Bertambah Usia, Sistem Imunitas Tubuh Bisa Ikut Berkurang. Kok Bisa?

GenK LIFE

Kapan Waktu Terbaik untuk Berolahraga Saat Puasa? Ini Dia Jawabannya!

Quizzes

Slider
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link