5 Langkah Membuat Resolusi Tahun Baru yang Realistis

Dibaca Normal: 4 menit aja
kreativv ID

Apakah kamu ingin mencapai sebuah goal tertentu di tahun 2020 ini? Ingin belajar dan menguasai bidang ilmu baru? Atau mungkin kamu pengen liburan ke tempat idamanmu? Semuanya bisa tercapai jika kamu punya resolusi tahun baru yang terancang dengan baik. Berikut ini beberapa langkah jitu yang bisa kamu ikuti untuk membuat resolusi tahun baru yang realistis.

1. Pilih Satu Hal yang Spesifik

Jika kamu ingin membuat suatu perubahan dalam gaya hidupmu, lakukanlah secara perlahan dan bertahap. Resolusi tahun baru akan menjadi sia-sia saat kamu merencanakan sebuah perubahan yang signifikan dalam waktu yang singkat. Apalagi kalau hal yang ingin kamu ubah adalah gaya hidup atau mungkin memulai sebuah rutinitas yang benar-benar baru untukmu.

Tentukanlah hal yang ingin kamu capai, lalu pilihlah sebuah bagian spesifik yang sekiranya paling mudah dikerjakan. Semakin spesifik suatu resolusi tahun baru, maka kesempatanmu untuk dapat menyelesaikannya juga akan lebih tinggi. Dengan demikian kamu bisa fokus mengerjakan hal spesifik tersebut dibanding mengejar hal besar yang memiliki kemungkinan gagal yang juga lebih tinggi.

Contohnya nih, kamu ingin mencoba gaya hidup ramah lingkungan. Mulailah dari hal paling sederhana terlebih dahulu. Misalnya dengan membawa botol minum serta menggunakan tas belanjaan ketika membeli barang-barang kebutuhanmu di supermarket. Setelah kamu terbiasa dan nyaman, barulah lanjut ke target berikutnya. Perlahan-lahan tapi pasti itu lebih baik dibanding buru-buru tapi hasilnya gak maksimal.

2. Rencanakan Dari Awal

Rencanakanlah resolusi tahun baru dengan sematang dan sebaik mungkin. Kalau bisa dari jauh-jauh hari, kamu harus sudah tahu apa sih yang ingin dicapai sepanjang tahun 2020 ini. Perlu diingat kalau resolusi tahun baru haruslah menjadi sebuah tujuan pribadi, bukan hanya ikut-ikutan tren biar terlihat kece aja.

Resolusi tahun baru 1

Buatlah resolusi tahun baru yang realistis dan make it happen! (sumber: pexel.com)

Kamu dapat menuliskan kerangka besar resolusi tahun 2020 yang terlintas di pikiranmu di buku atau perangkat elektronik. Sehabis itu, kamu dapat mulai menyusun rencana pencapaian yang lebih spesifik dari kerangka besar tadi. Pertimbangkanlah durasi yang diperlukan serta sumber daya yang sekiranya dibutuhkan untuk dapat mencapai tujuan tersebut.

Gunakanlah kalender untuk memperkirakan estimasi waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu goal. Bisa dari perhitungan pribadi atau riset dari internet. Hitung juga biaya atau faktor pendukung yang akan mempermudah kamu menyelesaikan resolusi tahun baru tersebut. Gak perlu harus akurat banget, yang penting kamu sudah punya estimasi kasar yang bisa jadi patokan untuk resolusi tahun barumu.

Baca Juga
Imposter Syndrome, Si Sukses yang Tak Pernah Merasa Puas

3. Cari Support System

Resolusi tahun baru kerap kali hanya menjadi sebuah tren semata tanpa ada realisasi yang benar-benar serius dari para pembuatnya. Penyebabnya? Target yang dibuat tidak realistis, minimnya perencanaan, serta kurangnya motivasi dan support system. Kunci yang paling penting dari resolusi yang sukses di kemudian hari adalah dukungan yang cukup dari orang-orang sekitarmu.

Temukanlah teman, keluarga, sahabat, atau orang yang bisa membantumu dalam perjalanan untuk memenuhi resolusi tahun 2020 yang kamu buat. Support system yang baik dapat membantumu untuk bangkit dan termotivasi untuk terus maju menggapai goal yang ada. Beritahukanlah kepada publik atau orang terdekat soal resolusi tahun baru yang kamu ciptakan.

Nantinya, kamu merekalah yang bisa menjadi pengingat di kala kamu lupa atau mengalami kesulitan di tengah jalan. Kamu juga akan merasa lebih terpacu untuk mencapai goal karena dorongan yang muncul dari faktor eksternal. Janganlah malu untuk meminta bantuan, daripada nantinya sesat dan menyerah di jalan. Tetap semangat dan jangan putus asa!

4. Belajar Menerima Kegagalan

Kegagalan merupakan sebuah hal wajar dalam upaya kamu untuk mencapai sesuatu. Dari kegagalan yang ada, kamu bisa belajar menjadi pribadi yang lebih kuat, tegar, tangguh, dan tentunya siap menghadapi rintangan yang ada di depan. Menyerah bukanlah pilihan, semuanya pasti ada jalan dan solusi. Kemauan dan tekad yang kuat adalah kuncinya.

Ketika kamu menemui suatu kesulitan dalam memenuhi target, ambil waktu sejenak dan cobalah lihatlah kembali resolusi tahun barumu. Apakah ada yang masih kurang? Sudah cukupkah syarat dan prasyarat yang dibutuhkan? Mungkinlah diperlukan durasi yang lebih lama untuk mencapai goal tersebut?

Dengan menjawab beberapa pertanyaan tersebut, kamu bisa mengevaluasi bagian yang dapat ditingkatkan dan diperbaiki lagi. Ingat nih, gagal itu kalau kamu sudah benar-benar berhenti mencoba. Jadi selama kamu terus mencoba, akan ada banyak kesempatan lain yang datang untukmu. Seperti kata pepatah, kegagalan itu adalah kesuksesan yang tertunda.

Baca Juga
Tips Membuat Bucket List Biar Liburan Tidak Wacana Doang

5. Self-reward

Kamu sudah berhasil memenuhi sebuah resolusi tahun 2020? Waktunya memberikan hadiah untuk diri sendiri. Iya, self-reward itu juga penting untuk dilakukan agar kamu makin semangat untuk menyelesaikan goal lainnya yang sudah dibuat. Kerja keras patut diapresiasi dengan baik, apalagi untuk diri kamu sendiri. Work hard, play hard. Setuju dong?

Resolusi tahun baru 2

Perawatan kecantikan bisa jadi salah satu self-reward yang kamu berikan ke diri sendiri (sumber: pexel.com)

Tentukanlah durasi atau goal spesifik yang jika berhasil tercapai, akan ada reward khusus yang kamu dapatkan. Reward atas kesuksesan menyelesaikan resolusi tahun baru pun bisa beragam. Misalnya dengan memanjakan diri ke restoran favorit, liburan ke destinasi idaman, atau belanja barang yang sudah kamu incar dari lama.

Self-reward bisa menjadi metode yang cukup efektif untuk membantumu mencapai goal dalam resolusi tahun baru dalam jangka waktu yang telah ditetapkan. Setelah kamu susah payah berakit-rakit ke hulu, waktunya bersenang-senang menuju tepian. Sehabis tertatih-tatih menyelesaikan resolusi tahun 2020, jangan lupa untuk have fun dan nikmati hasil kerja kerasmu.

Tak hanya resolusi tahun baru, buat kamu yang pengen traveling ke tempat impian nih, kamu bisa mengintip artikel tentang cara membuat bucket list anti wacana. Dijamin perjalanan idamanmu bisa terwujud dan bukan jadi impian semata. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait
GenK LIFE

Kenapa Generasi Milenial Masa Kini Sangat Perfeksionis?

GenK LIFE

7 Cara Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi Saat Bekerja

GenK LIFE

Yuk Cek Tipe Milenial Kamu Lewat Indonesia Millennial Report 2020

GenK LIFE

Teknik Pomodoro, Kerja Produktif dengan Waktu yang Efektif

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link