leadersingle
leadersingle

5 Langkah Membuat Resolusi Tahun Baru yang Realistis

Dibaca Normal: 4 menit aja
kreativv ID

Apakah kamu ingin mencapai sebuah goal tertentu di tahun 2020 ini? Ingin belajar dan menguasai bidang ilmu baru? Atau mungkin kamu pengen liburan ke tempat idamanmu? Semuanya bisa tercapai jika kamu punya resolusi tahun baru yang terancang dengan baik. Berikut ini beberapa langkah jitu yang bisa kamu ikuti untuk membuat resolusi tahun baru yang realistis. 

1. Pilih Satu Hal yang Spesifik 

Jika kamu ingin membuat suatu perubahan dalam gaya hidupmu, lakukanlah secara perlahan dan bertahap. Resolusi tahun baru akan menjadi sia-sia saat kamu merencanakan sebuah perubahan yang signifikan dalam waktu yang singkat. Apalagi kalau hal yang ingin kamu ubah adalah gaya hidup atau mungkin memulai sebuah rutinitas yang benar-benar baru untukmu. 

Tentukanlah hal yang ingin kamu capai, lalu pilihlah sebuah bagian spesifik yang sekiranya paling mudah dikerjakan. Semakin spesifik suatu resolusi tahun baru, maka kesempatanmu untuk dapat menyelesaikannya juga akan lebih tinggi. Dengan demikian kamu bisa fokus mengerjakan hal spesifik tersebut dibanding mengejar hal besar yang memiliki kemungkinan gagal yang juga lebih tinggi. 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Contohnya nih, kamu ingin mencoba gaya hidup ramah lingkungan. Mulailah dari hal paling sederhana terlebih dahulu. Misalnya dengan membawa botol minum serta menggunakan tas belanjaan ketika membeli barang-barang kebutuhanmu di supermarket. Setelah kamu terbiasa dan nyaman, barulah lanjut ke target berikutnya. Perlahan-lahan tapi pasti itu lebih baik dibanding buru-buru tapi hasilnya gak maksimal.  

2. Rencanakan Dari Awal 

Rencanakanlah resolusi tahun baru dengan sematang dan sebaik mungkin. Kalau bisa dari jauh-jauh hari, kamu harus sudah tahu apa sih yang ingin dicapai sepanjang tahun 2020 ini. Perlu diingat kalau resolusi tahun baru haruslah menjadi sebuah tujuan pribadi, bukan hanya ikut-ikutan tren biar terlihat kece aja. 

Resolusi tahun baru 1

Buatlah resolusi tahun baru yang realistis dan make it happen! (sumber: pexel.com)

Kamu dapat menuliskan kerangka besar resolusi tahun 2020 yang terlintas di pikiranmu di buku atau perangkat elektronik. Sehabis itu, kamu dapat mulai menyusun rencana pencapaian yang lebih spesifik dari kerangka besar tadi. Pertimbangkanlah durasi yang diperlukan serta sumber daya yang sekiranya dibutuhkan untuk dapat mencapai tujuan tersebut. 

Gunakanlah kalender untuk memperkirakan estimasi waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu goal. Bisa dari perhitungan pribadi atau riset dari internet. Hitung juga biaya atau faktor pendukung yang akan mempermudah kamu menyelesaikan resolusi tahun baru tersebut. Gak perlu harus akurat banget, yang penting kamu sudah punya estimasi kasar yang bisa jadi patokan untuk resolusi tahun barumu. 

Baca Juga
Imposter Syndrome, Si Sukses yang Tak Pernah Merasa Puas

Artikel Terkait
GenK LIFE

6 Cara Aman Cegah Diri dari Cybercrime

GenK LIFE

Apa yang Menyebabkan Fenomena Bulan Purnama Berwarna Pink?

GenK LIFE

7 Rekomendasi Manga Psycological Thriller Tegang Namun Seru Untukmu

GenK LIFE

Hal-Hal yang Harus Kamu Tahu Soal Penerapan PSBB Saat COVID-19

GenK LIFE

4 Kesalahan Dalam Merawat Kulit yang Banyak Orang Lakukan

GenK LIFE

Mengenal Berbagai Macam Tipe Kecerdasan dan Gaya Belajar

Quizzes

Slider
      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>