GenK LIFE

Restorative Yoga, Uniknya Olahraga Sambil Rebahan

restorative yoga

Yoga sudah dikenal banyak orang sebagai olahraga yang dapat melenturkan tubuh dan merelaksasi pikiran. Namun perlu diketahui pula bahwa yoga terdiri dari beragam aliran yang fungsinya juga berbeda-beda. Salah satu yoga yang perlu untuk kamu coba yaitu restorative yoga atau yoga pemulihan. Sesuai dengan namanya, yoga ini memang bertujuan untuk pemulihan fisik maupun pikiran. Kalau selama ini kamu mengenal yoga sebagai olahraga dengan gerakan-gerakan rumit, berbeda halnya dengan aliran satu ini. Dalam restorative yoga ini kamu akan diajak lebih jauh untuk berelaksasi. Gerakan yang dilakukan di sini cukup pelan dan konstan, bahkan banyak yang dilakukan dalam posisi rebahan. Sekilas melihatnya kamu mungkin mengira gerakan ini mudah dilakukan tapi ternyata tidak juga. Sebab ada beberapa gerakan yang menuntutmu berada di satu posisi dalam waktu lama. Lalu, apa manfaat dari restorative yoga ini? Berikut adalah lima manfaat yang bisa kamu dapatkan darinya.

1. Meminimalisir Beban Pikiran dan Stres

gerakan yoga mengurangi stres

sumber: helpguide.org

Manfaat yoga secara umum adalah untuk meringankan beban pikiran dan stres yang bisa muncul akibat rutinitas sehari-hari. Manfaat ini juga bisa kamu dapatkan dari restorative yoga. Pengaturan pernapasan dari setiap aktivitas yoga yang kamu lakukan akan membuat pikiran lebih tenang sehingga stress bisa diminimalisir. Untuk mencapai fokus ketenangan ini cukup bervariasi. Jika kamu sulit untuk tenang, cobalah rutin untuk melakukan yoga walau hanya sekitar 10 menit setiap hari.

2. Menstimulus Tubuh untuk Peka Terhadap Ketegangan

gerakan restorative yoga

sumber: healthspectra.com

Restorative yoga adalah yoga yang dipusatkan pada pemulihan seluruh tubuh termasuk bagian otot. Ketegangan-ketegangan yang kamu rasakan pada otot-otot tubuh bisa kamu atasi di sini. Posisi yang harus kamu lakukan dalam restorative yoga ini cukup membuat ketegangan yang dirasakan akan semakin terasa. Beberapa posisi yang akan kamu lakukan di sini akan dipusatkan pada tulang dada dan pinggang. Semakin tepat posisi yang kamu peragakan maka kamu akan bisa merasakan dimana pusat ketegangan tubuh.

Baca Juga :   6 Jenis Olahraga di Rumah Supaya Tubuh Tetap Bugar

3. Memberi Manfaat untuk Merelaksasi

gerakan yoga untuk relaksasi

sumber: yogajournal.com

Setiap gerakan pada restorative yoga umumnya memiliki hitungan yang cukup lama. Kamu bisa menikmati setiap gerakan agar tubuh semakin terasa rileks hingga kemudian bisa merasakan sinyal-sinyal relaksasi secara lebih mudah. Gerakan untuk relaksasi ini cukup konstan sehingga pastikan kamu tetap fokus pada tujuan melakukan yoga agar tidak mudah menyerah melakukannya.

About author

Related posts
GenK LIFE

Kenalan Dengan Hewan Mitologi Khas Indonesia, Yuk!

GenK LIFE

Pelit Sama Diri Sendiri? Ini 5 Hal Yang Bakal Kamu Alami

GenK LIFE

Sering Merasa Kesepian? Mungkin Ini Penyebabnya!

GenK LIFE

Lagi Fokus Ngerjain Skripsi? Ini Tips Biar Lebih Semangat Lagi!