GenK LIFE

Ritme Sirkadian dan Rahasia Cara Kerja Tubuh Manusia

Pernahkah kamu bertanya kenapa manusia memiliki waktu tidur dan bangun yang kurang lebih sama setiap harinya? Misalnya menjelang waktu tengah malam, rasa kantuk mulai datang menghampiri dan di kala pagi tubuh pun kembali terjaga seperti biasanya, bahkan tanpa bantuan alarm. Fenomena ini merupakan sebuah siklus alami yang dikenal dengan istilah ritme sirkadian, yaitu waktu kerja biologis tubuh yang diatur dalam rentang waktu 24 jam. 

Mengetahui rahasia cara kerja tubuh manusia lewat ritme sirkadian bisa membantumu untuk lebih memahami dan mengerti waktu optimal untuk beraktivitas. Rahasia ini memiliki kaitan erat dengan waktu kerja terbaik otak pada jam-jam tertentu setiap harinya. Ritme sirkadian memiliki pengaruh kuat pada proses biologis tubuh manusia; mulai dari produksi hormon, suhu tubuh, pola makan, siklus tidur, regenerasi sel, dan regulasi level gula darah.

Ritme sirkadian 1

Sumber: pixabay.com

Fungsi dari ritme sirkadian ini sendiri adalah sebagai sistem kontrol yang menjaga keseimbangan tubuh agar dapat menjalankan proses biologis dengan normal. Jadi seperti alarm alami yang mengingatkan kamu kapan harus tidur dan kapan harus bangun dalam durasi dan waktu yang paling optimal. Maka dari itu, dalam beberapa kasus yang menyebabkan gangguan ritme sirkadian, fungsi biologis tubuh dapat mengalami gangguan. 

Contoh yang paling sering dialami adalah orang-orang yang bekerja shift dengan perubahan jadwal yang dapat merusak pola tidur alami. Sementara kasus lainnya bisa ditemukan saat kamu sedang berpergian ke tempat lain dalam zona waktu yang berbeda dan menyebabkan fenomena yang dikenal dengan istilah jet lag. 

Baca Juga :   5 Cara Menghilangkan Ngantuk Paling Ampuh di Tempat Kerja
About author

Related posts
GenK LIFE

Mengenal Hari Bahasa Ibu, Perjuangan Mempertahankan Bahasa Asli

GenK LIFE

Mulai Daur Ulang Plastik, Langkah Kecil Selamatkan Bumi

GenK LIFE

Ingin Bayar Cashless? Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

GenK LIFE

7 Cara Agar Tidak Mudah Baper, Kamu Wajib Tahu!