7 Rutinitas Sebelum Tidur yang Bikin Kamu Nyenyak Terlelap

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
rutinitas sebelum tidur

Apa yang suka kamu lakukan sebelum tidur? Cek Instagram? Nonton YouTube? Mulai sekarang cobain deh 7 rutinitas sebelum tidur ini, banyak manfaatnya loh. Yuk simak!

Satu jam.. dua jam..

Waktu kamu dihabiskan buat nonton video YouTube atau sekadar scrolling foto teman-temanmu yang ada di laman Instagram sampai kamu terlelap dan berlayar ke alam mimpi.

Beraktivitas seharian di luar rumah pasti membuatmu lelah. Solusinya adalah dengan istirahat. Tidur merupakan kebutuhan manusia, sekaligus cara istirahat terbaik.

rutinitas sebelum tidur 1

Ilustrasi sedang tidur (sumber: pexels.com)

Namun, waktu di dalam 1 hari terlalu singkat kalau cuma dihabiskan untuk bekerja dan istirahat. Coba deh kita hitung. Dari pagi sampai sore kamu ada di kantor buat kerja. Lalu dari malam sampai pagi lagi dipakai untuk jam istirahat. Siklusnya akan seperti itu setiap harinya. Dengan catatan, terkecuali hari libur ya.

Kalau gitu, kapan dong kamu bisa melakukan hal-hal lain yang menyenangkan sekaligus bermanfaat? Padahal kegiatan sederhana tersebut bisa dilakukan untuk refleksi diri juga loh.

Nah, mulai hari ini cobain deh 7 rutinitas sebelum tidur berikut, GenK.  

Mengingat Semua Kegiatan Seharian Bisa Memperkuat Ingatanmu

Berbaringlah di atas kasur. Pejamkan mata, lalu coba ingat-ingat lagi apa saja kegiatan dan peristiwa yang sudah kamu lalui hari ini.

Misalnya, tadi pagi kamu memasak nasi goreng untuk sarapan, lalu berangkat kerja, dan di sore harinya sepulang kerja, kamu bertemu dengan teman lama di peron saat menunggu kereta.

Ini masih permulaan, tidak perlu detail. Bisa-bisa kepalamu jadi pening. Yang terpenting otak kamu sudah terlatih untuk mengingat sesuatu sekalipun itu hal yang sepele. Lantas kenapa kamu perlu mengingatnya?

rutinitas sebelum tidur 2

Ilustrasi mengingat kegiatan seharian sebelum tidur (sumber: dissolve.com)

Tahukah kamu bahwa mengingat kejadian yang sudah kamu lalui seharian bisa mengurangi risiko pikun?

Penyakit pikun bisa terjadi karena otakmu jarang dilatih untuk mengingat. Kamu pasti mudah mengingat kejadian yang berkesan. Lalu bagaimana halnya dengan kejadian kecil?

Baca Juga   8 Cara Mengatasi Keraguan Terhadap Diri Sendiri

Semakin kamu bisa mengingatnya, maka semakin tajam pula ingatanmu. Kebiasaan ini juga berguna sebagai refleksi diri. Apa saja hal berguna yang sudah kamu lakukan hari ini dan apa saja hal yang membuatmu bahagia. Semua terekam jelas di benakmu, GenK. Yuk mulai dicoba dan terapkan menjadi rutinitas sebelum tidur!  

Merencanakan Kegiatan Buat Hari Esok

“Besok mau makan ayam goreng ah…”

“Besok malam mau lanjutin nonton drama seri deh.”

Pemikiran sederhana seperti itu termasuk kegiatan yang direncanakan loh. Kalau sudah punya rencana, maka keesokan harinya akan lebih semangat, karena sudah tahu apa saja yang harus dilakukan dan diselesaikan. Sehingga kamu punya tujuan hidup yang berguna sebagai pegangan dan bayangan yang harus dilakukan di masa depan.

Selain itu, kamu jadi punya persiapan yang matang. Kebanyakan orang tidak bisa menyelesaikan aktivitasnya karena belum ada perencanaan sebelumnya. Mereka membutuhkan waktu lebih dari yang seharusnya.

Untuk mengatasinya, sebelum tidur, buatlah perencanaan untuk hari esok. Tidak perlu terlalu serius. Cukup pikirkan mulai dari hal-hal sederhana.  

Baca Juga   Cara Membuat Jurnal Harian untuk Merawat Kesehatan Mental

Membaca Buku Cetak, Pilih Genre Favoritmu

Dalam kasus ini, membaca buku cetak lebih baik daripada membaca buku online. Sebab, layar ponsel bisa mengeluarkan radiasi yang berpengaruh pada ritme kerja tubuh. Selain itu, juga berdampak dengan jam tidur yang terganggu.

Kalau jam tidur kacau, maka tubuh akan tetap terasa lelah walau sudah tidur semalam. Nantinya akan berdampak pada kualitas kerja dan ujung-ujungnya dapat memicu munculnya stres. Makanya disarankan untuk lebih membaca buku cetak ketimbang buku online sebelum tidur, GenK.

rutinitas sebelum tidur 3

Ilustrasi membaca buku sampai terlelap (sumber: time.com)

Oh iya, sebagian orang ada yang menyukai aroma kertas dari buku baru. Kalau kamu adalah salah satunya, berarti cocok banget nih, karena bisa lebih rileks sebelum tidur. Membolak-balik halaman kertas itu nggak serepot yang kamu bayangkan kok.

Sekedar tips, coba pilihlah cerita yang santai dan menyenangkan, siapa tahu kejadian menyenangkan yang kamu baca di buku bisa hadir di mimpimu juga. Kalau mimpinya indah, keesokan harinya saat kamu bangun tidur, tubuh dan otak akan lebih segar. Silakan dicoba, GenK.  

Mendengarkan Siaran Podcast

Podcast sedang populer banget di kalangan warganet, terutama kawula muda. Mendengar cerita orang lain yang bahkan bisa jadi tidak kamu kenali ternyata mengasyikan. Mendengar podcast bisa menjadi salah satu rutinitas sebelum tidur yang dapat kamu coba, GenK.

rutinitas sebelum tidur 5

Ilustrasi mendengarkan podcast sebelum tidur (sumber: 5h62.com)

Suara dari mikrofon akan memberikan sensasi senang atau bahkan menggelitik. Pernah merasakannya? Kalau iya, mungkin kamu mengalami yang namanya ASMR atau autonomous sensory meridian response. Suaranya bikin ketagihan deh. Oh iya, mendengar podcast juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan stres loh.

Perbincangan yang kamu dengar juga bisa mengantarmu untuk tidur lebih cepat.

Selamat berlayar ke alam mimpi, GenK~  

Lupakan Semua Beban Pikiran

Melupakan tugas yang menumpuk dari dosen atau pekerjaan yang masih banyak di kantor memang tidak mudah. Apalagi kalau kamu tipe orang yang mudah kepikiran dengan hal-hal kecil. Akan tetapi, secara perlahan harus kamu coba untuk melupakan semua beban pikiran sebelum tidur.

rutinitas sebelum tidur 5

Ilustrasi stres sebelum tidur (sumber: geisinger.org)

Kalau sebelum tidur saja banyak pikiran, maka kualitas tidurmu akan berkurang. Keesokan harinya kamu akan tetap stres karena memikirkan hal yang sama. Kalaupun ternyata sulit banget untuk melupakannya, coba diganti dengan memikirkan strategi untuk hari esok seperti yang sudah kami bahas di atas.

Lupakan masalah kuliah.

Lupakan masalah pekerjaan.

Ini cuma sejenak kok, yang penting beri jeda pada tubuhmu supaya bisa istirahat total, karena tubuh dan otak juga butuh waktu untuk istirahat, GenK.  

Baca Juga   8 Langkah Personal Branding di Medsos

Rileks dengan Aromaterapi

Menurut Wikipedia, aromaterapi adalah sebuah jenis pengobatan alternatif menggunakan cairan yang kemudian menguap. Nah, uap inilah yang akan mengeluarkan aroma yang sedap. Aroma ini bisa membuat tubuh dan otakmu menjadi lebih rileks.

Coba deh pasang aromaterapi di nakas dekat kasur untuk menghilangkan stres kalau kamu masih saja tidak bisa melupakan semua beban pikiran yang berkaitan dengan kuliah atau pekerjaan.

Pejamkan mata, tarik nafas lalu buang secara perlahan…

Pusatkan pikiran pada hal-hal yang membuatmu bahagia.

Yuk sama-sama latihan buat rileks!  

Berdoa

Berdoa adalah rutinitas sebelum tidur yang wajib banget kamu lakukan. Tanpa kamu sadari, dengan berdoa maka jiwamu akan jauh lebih tenang. Mintalah kepada-Nya untuk menjaga tidurmu malam ini dan berdoa untuk mendapat mimpi yang indah.

Setelah itu pejamkan mata. Lama-lama kamu akan semakin masuk dan masuk lagi ke alam mimpi.


Itulah 7 rutinitas sebelum tidur yang wajib kamu coba bila ingin tidur nyenyak. Ternyata punya segudang manfaat ya. Yuk mulai sekarang jaga dan tingkatkan kualitas tidur.

Polling

Simpan Artikel Ini.

Simpan artikel ini untuk kamu baca lagi nanti, GenK.

Artikel Terkait
GenK LIFE

Tren Ngabuburit Zaman Now vs Zaman Dulu

GenK LIFE

5 Ide Acara Bukber yang Seru dan Anti Boros

GenK LIFE

Tips Memilih Buku Referensi Skripsi

GenK LIFE

Tips Waktu dan Jenis Olahraga Saat Puasa

GenK LIFE

6 Tips Menghadapi Quarter Life Crisis

GenK LIFE

6 Cara Meningkatkan Konsentrasi Saat Puasa

GenK LIFE

Apakah Kamu Alpha Male dan Alpha Female? Yuk Ikut Tesnya!

GenK LIFE

4 Cara Berpikir Objektif

GenK LIFE

Ciri dan Manfaat Jadi Orang Open Minded!

GenK LIFE

9 Cara Membuat CV Yang Menarik Perhatian Rekruiter

GenK LIFE

8 Cara Membangun Jenjang Karir yang Kamu Inginkan

GenK LIFE

5 Cara Menghilangkan Rasa Minder di Kantor

GenK LIFE

4 Langkah Pengambilan Keputusan yang Tepat

GenK LIFE

Mau Jadi Freelancer? Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya!

GenK LIFE

Tips Mengatasi Kreativitas yang Mandek

GenK LIFE

Manajemen Perhatian agar Mengerjakan Tugas Lebih Efisien

GenK LIFE

Cara Beradaptasi dengan Lingkungan Baru lewat Komunikasi yang Baik

GenK LIFE

Mengenal Generasi Z, Penerus Generasi Milenial

GenK LIFE

5 Cara Keluar dari Hidup Membosankan

GenK LIFE

Apakah Kamu Orang yang Toxic? Yuk Kenali Ciri-Cirinya!

            Artikel Selanjutnya