7 Rutinitas Sebelum Tidur yang Bikin Kamu Nyenyak Terlelap

Dibaca Normal: 5 menit aja
rutinitas sebelum tidur

Apa yang suka kamu lakukan sebelum tidur? Cek Instagram? Nonton YouTube? Satu jam.. dua jam.. Waktu kamu dihabiskan buat nonton video YouTube atau sekadar scrolling foto teman-temanmu yang ada di laman Instagram sampai kamu terlelap dan berlayar ke alam mimpi. Beraktivitas seharian di luar rumah pasti membuatmu lelah. Solusinya adalah dengan istirahat. Tidur merupakan kebutuhan manusia, sekaligus cara istirahat terbaik.

rutinitas sebelum tidur 1

Ilustrasi sedang tidur (sumber: pexels.com)

Namun, waktu di dalam 1 hari terlalu singkat kalau cuma dihabiskan untuk bekerja dan istirahat. Coba deh kita hitung. Dari pagi sampai sore kamu ada di kantor buat kerja. Lalu dari malam sampai pagi lagi dipakai untuk jam istirahat. Siklusnya akan seperti itu setiap harinya. Dengan catatan, terkecuali hari libur ya.

Kalau gitu, kapan dong kamu bisa melakukan hal-hal lain yang menyenangkan sekaligus bermanfaat? Padahal kegiatan sederhana tersebut bisa dilakukan untuk refleksi diri juga loh. Nah, mulai hari ini cobain deh 7 rutinitas sebelum tidur berikut.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Mengingat Semua Kegiatan Seharian Bisa Memperkuat Ingatanmu

rutinitas sebelum tidur 2

Ilustrasi mengingat kegiatan seharian sebelum tidur (sumber: dissolve.com)

Berbaringlah di atas kasur. Pejamkan mata, lalu coba ingat-ingat lagi apa saja kegiatan dan peristiwa yang sudah kamu lalui hari ini. Misalnya, tadi pagi kamu memasak nasi goreng untuk sarapan, lalu berangkat kerja, dan di sore harinya sepulang kerja, kamu bertemu dengan teman lama di peron saat menunggu kereta.

Ini masih permulaan, tidak perlu detail. Bisa-bisa kepalamu jadi pening. Yang terpenting otak kamu sudah terlatih untuk mengingat sesuatu sekalipun itu hal yang sepele. Lantas kenapa kamu perlu mengingatnya? Tahukah kamu bahwa mengingat kejadian yang sudah kamu lalui seharian bisa mengurangi risiko pikun?

Penyakit pikun bisa terjadi karena otakmu jarang dilatih untuk mengingat. Kamu pasti mudah mengingat kejadian yang berkesan. Lalu bagaimana halnya dengan kejadian kecil? Semakin kamu bisa mengingatnya, maka semakin tajam pula ingatanmu. Kebiasaan ini juga berguna sebagai refleksi diri. Apa saja hal berguna yang sudah kamu lakukan hari ini dan apa saja hal yang membuatmu bahagia. Semua terekam jelas di benakmu. Yuk mulai dicoba dan terapkan menjadi rutinitas sebelum tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
GenK LIFE

5 Bahan Alami Ini Bisa Kamu Gunakan Untuk Hand Sanitizer, Loh!

GenK LIFE

Benarkah Banyak Minum Air Putih Dapat Cegah Corona?

GenK LIFE

5 Cara Terkini Tingkatkan Imunitas Tubuh untuk Lawan Virus Corona 

GenK LIFE

Ternyata Begini Cara Berpikir Kreatif Masing-Masing Zodiak

GenK LIFE

Siap ke Kantor Saat ‘New Normal’? Jangan Lupakan Barang Wajib Ini

GenK LIFE

Halaman Rumah Makin Fotogenic dengan Berbagai Jenis Tanaman Hias Outdoor Ini

Quizzes

Slider
      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>