GenK LIFE

Selain Google Meet, 6 Aplikasi Google Ini Buat Produktif Work From Home

Kasus corona atau COVID-19 hingga kini tercatat terus mengalami peningkatan. Hal ini tentu membuat kita semua menjadi semakin khawatir. Berbagai upaya pencegahan dari wabah ini juga sudah terus digalakkan. Salah satu imbauan pencegahan yang dilakukan adalah dengan mengimbau masyarakat untuk tidak keluar rumah.

Tak hanya imbauan untuk tetap di rumah, perusahaan pun banyak meminta para pekerjanya untuk bekerja di dalam rumah atau work from home. Demi membuat pekerja tetap produktif, beberapa perusahaan bahkan memanfaatkan beragam aplikasi agar bisa melakukan pekerjaan secara online. Salah satu aplikasi yang banyak digunakan adalah Google Meet.

Google Meet. (Sumber: Google Play Store)

Seperti yang kita tahu, Google merupakan perusahaan multinasional yang khusus memberikan jasa dan produk beragam di internet. Beberapa contoh produk yang dimiliki oleh Google adalah mesin pencarian, komputasi di website, perangkat lunak dan juga periklanan.

Google sendiri didirikan oleh dua orang mahasiswa dari universitas Stanford. Sejak menjadi sebuah perusahaan swasta pada 1998, Google terus melakukan berbagai inovasi demi memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya berhubungan dengan jasa dan teknologi internet.

Dengan semakin berkembangnya teknologi, maka tak heran jika Google kini menyajikan berbagai macam layanan berbasis teknologi dan internet. Berikut beberapa contoh aplikasi yang dikeluarkan oleh Google yang dapat meningkatkan produktivitas kamu.

1. Google Keep

Google Keep. (Sumber: Support Google)

Salah satu aplikasi ini mungkin bagi sebagian orang tidak terlalu penting. Namun, bagi kamu yang memiliki banyak tugas ataupun deadline, mungkin aplikasi ini bisa membantu. Jika kamu mungkin sering mencatat berbagai hal dengan buku ataupun notes yang terkesan datar dan membosankan, Google Keep tentu bisa membantu. Aplikasi ini dipenuhi bebagai macam warna yang pastinya juga akan memperindah dan membuat catatanmu menjadi lebih menarik.

2. Think with Google

Think with Google. (Sumber: Dribbble).

Aplikasi ini mungkin bisa membantumu bagi yang bekerja di bidang iklan dan juga pemasaran. Aplikasi keluaran Google ini akan bisa memberimu informasi, ide pemasaran bahkan tren terbaru di masyarakat yang tentu sangat kamu butuhkan. Sangat membantu, kan?

Baca Juga :   Don't Give Up! Simak Cara Mengatasi Perasaan Insecure Ini

3.  Google Trends

Google Trends. (Sumber: Oberlo).

Nah bagi kamu yang ingin selalu update dan tahu tentang tren di Indonesia bahkan di dunia, aplikasi ini tentu akan sangat membantumu. Terlebih bagi kamu yang bekerja di media, aplikasi ini pasti dibutuhkan agar kamu bisa tahu lebih cepat dan tak tertinggal untuk selalu update.

4. Google Translate

Google Translate. (Sumber: Support Google).

Kalau untuk aplikasi ini, pasti sudah tidak asing, kan? Aplikasi ini tentu sudah sering digunakan oleh banyak orang yang tentunya akan sangat membantu terlebih dalam bidang terjemahan antar bahasa. Jadi, berkat aplikasi ini kita bisa terbantu hingga mengurangi language barrier atau kendala berbahasa.

5. Google Images

Google Images. (Sumber: Support Google).

Apabila kamu ingin mencari gambar mengenai informasi yang paling komprehensif, maka aplikasi Google satu ini tempat yang tepat. Dengan aplikasi ini, kita dapat dimudahkan untuk mencari gambar yang sama bahkan hingga ke sumber awal gambar tersebut ada. Wah menakjubkan, bukan?

6. Google Scholar

Google Scholar. (Sumber: Advanced Search).

Aplikasi Google yang satu ini juga mungin bukan aplikasi yang asing bagi kita. Jika kiat merupakan seorang akademisi, membutuhkan hal-hal ilmiah seperti jurnal, aplikasi inilah tempatnya. Hanya dengan pencarian sesuai kata kunci yang diinginkan, Google Scholar akan memberikan kita berbagai pilihan tulisan hingga jurnal ilmiah yang dapat kita pakai.

7. Google Web Designer

Google Web Design. (Sumber: Web Design Tutorial).

Bagi kamu seorang web designer atau web developer, aplikasi ini mungkin bisa sangat membantu. Google Web Designer merupakan sebuah aplikasi yang dibuat dengan berbagai fitur yang akan mempermudah membuat design web yang modern dan juga interaktif. Aplikasi ini juga memungkinkan untuk menggunakan seminimal mungkin kode CSS. Aplikasi ini ditujukan bagi para ahli dan menengah pembuat konten web berbasis HTML-5, Desain responsive, iklan dan lainnya.

Nah, itu dia beberapa aplikasi dari Google yang ternyata dapat juga membantu pekerjaan dan membuat diri menjadi produktif. Bagi GenK sendiri, aplikasi Google apa saja yang sudah kalian coba selama menjalani work from home selain Google Meet?

About author

Related posts
GenK LIFE

Mengenal Hari Bahasa Ibu, Perjuangan Mempertahankan Bahasa Asli

GenK LIFE

Mulai Daur Ulang Plastik, Langkah Kecil Selamatkan Bumi

GenK LIFE

Ingin Bayar Cashless? Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

GenK LIFE

7 Cara Agar Tidak Mudah Baper, Kamu Wajib Tahu!