leadersingle

Cara Meningkatkan Self Talk Positif untuk Hidup yang Lebih Baik

Dibaca Normal: 4 menit aja
self talk positif

Self talk adalah kegiatan di mana kamu berdialog yang ditujukan untuk diri sendiri menggunakan inner voice atau berbicara dalam hati. Melakukan self talk dapat menjadi salah satu cara untuk berdamai dengan diri sendiri loh. Akan tetapi, ada dua jenis self talk yang harus kamu ketahui, ada yang positif dan ada pula yang negatif. Keduanya memiliki sifat yang saling bertolak belakang. Supaya hidup lebih berkualitas, berikut kami bagikan cara meningkatkan self talk positif yang bisa langsung kamu praktikkan. Yuk disimak!

Self Talk Positif dan Negatif, Kenali Perbedaannya

Berdebat dengan suara batin merupakan cara efektif untuk menafsirkan sesuatu. Akan menjadi sangat berguna ketika kalimat yang dilontarkan bersifat positif. Namun akan menjadi petaka jika terus-terusan mencekoki pikiran dengan kalimat negatif. 

Self talk positif sama dengan berbicara dengan diri tanpa menghakimi. Inner voice yang sifatnya positif dapat mengurangi rasa takut dan meningkatkan kepercayaan diri loh. Tetapi sifat alami manusia cenderung untuk berbicara sendiri secara negatif. Ini sangat berbahaya. Bisa-bisa malah mengubur kepribadian asli kamu dengan menciptakan fake personalities. Jadi tidak ada bedanya dengan menindas diri sendiri dong?

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider
self talk positif

Ilustrasi inner voice (sumber: steemit.com)

“Kamu tidak kreatif” atau “Kamu bukan orang yang berguna”. Apakah kamu berani mengatakan itu kepada sahabatmu? Lalu apakah kamu dapat menjamin kalau mereka akan baik-baik saja setelah mendengar kata-kata tersebut? Sekarang kita balikan. Jika kamu tidak tega berkata seperti itu ke sahabatmu, tapi kamu malah sampai hati mengatakan hal tersebut kepada diri sendiri.

Sikap seperti ini bukan termasuk self talk positif karena sangatlah toxic. Kamu mesti banget menjauhkan diri dari sugesti negatif. Sebaliknya, tingkatkan lagi sugesti positif untuk menyehatkan pikiran. Bagaimana jika kalimatnya diganti menjadi “Saya ingin menjadi orang kreatif” bukan “Saya tidak kreatif”. Sehingga lebih enak didengar dan bersifat motivatif.

Positif dan negatif. Keduanya jelas berbeda. Dampak yang bakal kamu dapatkan juga berbeda. Sekarang tinggal pilih, apakah kamu ingin tetap di zona self-criticism atau mau menyayangi diri sendiri lewat kalimat-kalimat positif.

Baca Juga
5 Alasan Kenapa Self-Talk Bisa Bikin Hidup Lebih Tenang

Cara Meningkatkan Self Talk Positif

self talk positif

Selalu berpikir positif (sumber: pexels.com)

Buat kamu yang ingin mendalami monolog positif, ada satu hal yang mesti banget kamu tanamkan. Ini benar-benar dasar, yaitu berpikir positif. Dengan membiasakan diri dengan pola pikir seperti itu, maka kamu akan jauh lebih termotivasi setiap menghadapi rintangan. Akan tetapi ada baiknya jika berpikir positif dibarengi dengan berpikir kritis. Tujuannya supaya kamu punya pertimbangan yang lebih seimbang dan tidak akan salah langkah.

Balik lagi soal self talk positif, memang ketika kamu membentuk kebiasaan baru pasti membutuhkan waktu dan usaha. Namun seiring berjalannya waktu, pola pikirmu bisa berubah loh. Berikut adalah cara meningkatkan self talk positif:

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider
Artikel Terkait
GenK LIFE

5 Manfaat Art Therapy untuk Kesehatan Raga dan Mentalmu

GenK LIFE

Aneh Tapi Nyata, 4 Fobia Unik yang Bikin Kamu Bertanya-tanya

GenK LIFE

5 Barang Ini Berpotensi Menjadi Media Penyebaran Virus Corona

GenK LIFE

Biografi Singkat RA Kartini: Pejuang Emansipasi Wanita Indonesia

GenK LIFE

Meski Terdengar Aneh, 4 Fobia Aneh Ini Beneran Ada Loh

GenK LIFE

Mari Bercermin dari 7 Tanda Orang Narsistik Berikut

      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>