3 Gerakan Senam Otak Sederhana untuk Melatih Kreativitas

Dibaca Normal: 4 menit aja
senam otak

Olahraga senam tidak hanya bisa menjadikan tubuh kamu lebih sehat, tapi juga bisa bermanfaat untuk membantu meningkatkan kreativitas loh. Wah, gimana tuh? Caranya lewat senam otak, GenK. Yuk simak beberapa gerakan sederhananya di bawah ini. 

Ingatkah kamu saat dulu masih duduk di bangku sekolah dan setiap hari Jumat pagi biasanya ada agenda yang rutin dilaksanakan sebelum mulai kelas. Hayo ada yang ingat gak? Yap, jawabannya adalah senam. Siapa sih yang tidak pernah melakukan aktivitas olahraga yang satu ini?

Irama musik yang syahdu bergema di seluruh penjuru sekolah dengan seorang instruktur berdiri di depan kerumunan untuk menunjukan gerakan senam. Seluruh tubuh pun ikut bergerak, dari ujung kepala sampai ke ujung kaki, mulai sesi pemanasan, hingga bagian pendinginan. 💪

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Senam yang Iya Iyalah (sumber: kaorinusantara.or.id)

Nah, senam memang jadi salah satu pilihan olah tubuh yang paling asyik dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Dari anak-anak sampai orang tua, semua bisa turut serta menjadi lebih sehat dengan olahraga yang menyenangkan ini. Nah, senam bukan hanya bisa bikin badan terasa lebih bugar, tapi juga punya manfaat yang baik untuk otakmu, GenK. 

Nama senam khusus tersebut adalah senam otak. Fungsinya tentu saja jadi sebagai olahraga yang bisa menyegarkan dan menyehatkan otakmu. Kali ini kami akan bagikan kamu tutorial gerakan senam otak yang bisa bikin kamu jadi semakin kreatif, GenK. Cus disimak! 

Sejuta Manfaat Senam Otak 

Senam otak 6

Ilustrasi senam otak (sumber: energyconnectiontherapies.com)

Senam otak merupakan salah satu metode yang paling tepat untuk membantu meningkatkan daya kerja otak serta bisa bikin kamu lebih mudah fokus, GenK. 

Berbeda dengan senam biasa yang mengharuskan kamu untuk menggunakan seluruh anggota tubuh, senam otak atau brain gym dapat dilakukan dengan gerakan tangan sederhana. 

Menurut pakar dari movementbasedlearning.com, aktivitas gym brain bisa memberikan stimulasi dan melancarkan peredaran darah ke otak, sampai mampu menguatkan daya ingat kamu loh. Wah, keren banget kan. 😱

Nah, brain gym sendiri pada awalnya diciptakan oleh pasangan suami-istri Paul dan Gail Dennison untuk membantu meningkatkan kemampuan belajar anak-anak dengan menggunakan prinsip neuroscience

Tapi dalam perkembangannya, senam otak dapat dilakukan oleh siapa saja dari usia anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang lanjut usia. Sejuta manfaat yang bisa didapatkan dari aktivitas yang satu ini memang bisa berguna buat semua orang. 

Khusus buat kamu anak kreatif yangs sering dipusingkan saat sedang mencari ide, atau bahkan terkena art block, yuk langsung disimak aja beberapa gerakan senam otak simpel yang bisa kamu praktikan dengan mudah berikut. 

1. Gerakan Menyilang 

Senam otak 1

Gerakan senam otak pertama ini bisa dengan mudah dilakukan, baik duduk atau dengan berdiri. Caranya adalah dengan menggerakan lutut kananmu ke atas secara perlahan, lalu gunakan siku tangan kirimu untuk menyentuh lutut kanan. Begitu pula dengan lutut kiri, angkat perlahan ke atas dan sentuh menggunakan siku kananmu. 

Jika kamu mengalami kesulitan saat menggunakan siku untuk menyentuh lutut, gak perlu khawatir. Alternatif yang bisa kamu coba lainnya adalah dengan menggunakan tangan. Ulangi gerakan menyilang ini selama 1-2 menit.

Senam otak 2

Tujuan dari aktivitas yang satu ini adalah melatih komunikasi antara otak kanan dan otak kirimu dengan metode koordinasi antara bagian tubuh. Nah, gerakan ini bisa membantu meningkatkan kemampuan critical thinking, problem solving, auditory, dan masih banyak lagi, GenK. Mantap kan! 😏

2. Angka Delapan 

Kalau gerakan senam otak yang berikutnya bisa berfungsi untuk meningkatkan fleksibilitas kamu dalam menggunakan kedua belahan otak secara seimbang. Aktivitas ini bisa kamu lakukan saat duduk maupun berdiri, GenK. 

Senam otak 3

Jika sedang dalam posisi duduk, gambarlah ∞ atau angka 8 di atas secarik kertas. Gambarlah mulai dari titik pusat angka lalu buatlah lingkaran kanan dan kiri secara terus menerus sampai membentuk angka delapan. 

Senam otak 4

Lakukanlah aktivitas ini dengan memakai tangan kamu yang paling dominan selama 30 detik, lalu ganti dengan tangan yang satunya lagi. Misalnya kalau kamu adalah seorang kidal, gambarlah ∞ dengan tangan kiri terlebih dahulu, lalu ganti dengan tangan kanan. 

Pada awalnya, kamu pasti akan merasa kesulitan saat menggambar dengan menggunakan tangan yang jarang kamu gunakan. Ini dia inti dari gerakan menulis tersebut, GenK. Otakmu akan dilatih supaya lebih fleksibel dalam melakukan gerakan motoris yang bisa menyeimbangkan kedua belahan otak. 

3. Sinkronisasi Jari 

Senam otak dengan menyinkronkan jari adalah contoh gerakan super praktis dan mudah dilakukan di mana saja, GenK. Mau lagi berdiri, duduk, telungkup, terentang, terbalik, sampai tidur sekalipun, cukup pakai tangan aja. 😊

Nah caranya adalah dengan mengepal kedua telapak tanganmu, lalu gerakan ibu jari kiri bersamaan dengan jari kelingking kanan, tanpa menggerakan jari yang lainnya. Ulangi gerakan yang sama dengan ibu jari kanan dan jari kelingking kiri. 

Senam otak 5

Cobalah secara perlahan terlebih dahulu, lalu tingkatkan kecepatannya sampai benar-benar bisa sinkron antara jempol dan jari kelingking. Kalau kamu masih kesulitan, jangan menyerah yah

Kegiatan ini mudah, tapi efektif banget untuk melatih otak kanan dan kiri kamu supaya bisa seimbang loh. Praktiknya pun praktis dan bisa dilakukan di mana aja. Sambil menunggu makanan datang di restoran, dalam perjalanan pulang di kereta, atau di atas motor, senam otak cukup pakai tangan dengan gerakan ini. 


Demikian tadi beberapa gerakan senam otak yang bisa kamu coba untuk melatih otak kanan dan kirimu supaya bisa berfungsi dengan lebih optimal. Ide kreatif bisa lancar mengalir tanpa batas. 😁

Polling 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
GenK LIFE

Stop Terpaku Pada Standar Kecantikan! Ini Alasannya

GenK LIFE

Apakah Kamu Orang yang Toxic? Yuk Kenali Ciri-Cirinya!

GenK LIFE

Tips Memilih Buku Referensi Skripsi

GenK LIFE

Imposter Syndrome, Si Sukses yang Tak Pernah Merasa Puas

GenK LIFE

Yang Perlu Kamu Tahu dari Tes Kepribadian MBTI

GenK LIFE

Apa yang Dimaksud Dengan False Positive dan False Negative Saat Rapid Test COVID-19

Quizzes

Slider
      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>