GenK LIFE

5 Tahapan Quarter Life Crisis, Kamu Ada di Mana?

Bertumbuh kembang menuju kedewasaan memang tak mudah. Berbagai aral rintangan datang membuatmu pusing tujuh keliling. Mungkin kamu bahkan pernah berpikir akan indahnya hidup tanpa bebas di masa kecil dulu. Jangan khawatir, tidak ada tantangan yang tak bisa dilewati, begitu pula dengan quarter life crisis. Dilansir dari berbagai sumber, layaknya orang yang sedang berdukacita, ada beberapa tahapan quarter life crisis yang mesti kamu lewati. Yuk simak ulasan lengkapnya berikut! 

1. Pre-crisis

Tahapan quarter life crisis 1

Sumber: pexels.com

Tahapan quarter life crisis pertama bisa disebut dengan istilah pre-crisis. Kamu membuat banyak keputusan besar dalam berbagai aspek hidupmu. Mulai dari karir, hubungan, pendidikan, hingga urusan pribadi. Bisa saja kamu memutuskan untuk menerima tawaran pekerjaan impian, atau diterima lanjut studi di kampus tujuan. 

Ada perasaan yang membuncah dari dalam hatimu akan berbagai kesempatan yang berhasil kamu dapatkan. Namun pada saat yang bersamaan, kamu merasa bahwa hidupmu terkekang dalam keputusan yang telah kamu buat. Keinginan untuk lepas dan lari dari ‘kurungan’ tersebut pun muncul, tapi pikiranmu mengatakan bahwa kamu tidak bisa keluar.  

2. Kepanikan Bermula

Tahapan quarter life crisis 2

Sumber: pexels.com

Selepas tahapan quarter life crisis dimulai, kepanikan pun bermula. Perasaan membuncah yang kamu rasakan dari berbagai keputusan yang kamu perlahan menghilang dan gelombang panik pertama datang menghampiri. Keputusan yang kamu buat sepertinya kurang meyakinkan. 

Beragam kemungkinan yang dapat terjadi seandainya kamu memutuskan lain pun muncul di dalam benak. “Harusnya kemarin aku terima aja yah tawaran dari perusahaan itu.”. “Tahu gini kan mending aku bisa langsung naik pangkat seandainya waktu itu…”. “Astaga, apa yang sudah aku lakukan?”. Kamu merasa bahwa ada banyak pilihan yang bisa dicoba dan dorongan untuk mengubah hidup juga turut berkembang dalam tahapan ini. 

Baca Juga :   Quarter Life Crisis dan Balada Kegalauan Anak Milenial
About author

Related posts
GenK LIFE

Yuk, Simak Tipsnya Biar Tetap Bugar Saat Puasa Ramadhan!

GenK LIFE

Bridge of Life: Kalimat Positif Pemberi Harapan Hidup di Atas Sungai Han

GenK LIFE

Rekomendasi Podcast Indonesia Buat Menginspirasi Hari-Harimu

GenK LIFE

4 Alasan Kamu Harus Jadi Pribadi Konsisten