Mau Masak Tak Usah ke Pasar, Yuk Tumbuhkan Tanaman Hortikultura Sendiri!

Dibaca Normal: 3 menit aja
tanaman hortikultura

Menyediakan bahan pangan bukan hanya tugas pak tani. Kamu bisa menyediakan kebutuhan makanmu sendiri di rumah. Kebutuhan pangan seprti buah dan sayur adalah contoh tanaman yang bisa kamu tanam sendiri di rumah. Selain lebih irit, kamu bisa menyesuaikan kebutuhan pangan apa saja yang harus kamu penuhi untuk sehari-hari. Untuk mendapatkan makanan-makanan ini kamu bisa mulai dengan menanam tanaman hortikultura.

Hortikultura adalah sebutan untuk jenis tanaman yang bisa dibudidayakan dan memberi keuntungan bagi pemiliknya. Hortikultura bisa kamu mulai dari lahan yang ada di rumah dan bisa berupa media tanam tanah langsung atau dari polybag. Berikut ini adalah tanaman hortikultura yang bisa kamu tanam dengan mudah di rumah.

1. Kangkung

Kangkung

sumber:  activerain.trulia.com

Kangkung termasuk salah aatu jenis tanaman sayur yang mudah untuk ditanam. Jika kamu masih memiliki lahan tanah sisa yang cukup subur di halaman rumah, gunakan saja untuk menanam kangkung. Kalau pun tidak ada lahan sisa yang cukup luas, kamu bisa memanfaatkan polybag atau memanfaatkan teknik menanam secara hidroponik. Kangkung yang ditanam dalam media hidroponik akan tumbuh tetap segar dan tumbuh cukup lebat meski tidak seperti pertumbuhannya di tanah. Masa panen dari kangkung juga cukup cepat sehingga kamu tidak perlu khawatir kehabisan sayuran.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

2. Sawi

sawi

sumber: healthygfasian.com

Tanaman sayur lain yang bisa dibiakkan di rumah yaitu sawi. Media tanam yang cocok untuk menanam sawi yaitu tanah. Kamu bisa membudidayakan sawi di polybag kecil. Pertumbuhan sawi dari pembibitan hingga panen membutuhkan waktu yang sedang saja, tidak terlalu cepat atau terlalu lama. Sebab ukuran sawi yang biasa ditanam di rumah berukuran kecil, kamu bisa menanam sawi di beberapa polybag agar kebutuhan sayur terpenuhi. Masak nasi goreng atau mie kini bisa kamu tambahkan sawi yang dipetik dari kebun sendiri.

3. Terong

terong

sumber: nature-and-garden.com

Tanaman hortikultura berikutnya yang mudah ditanam di rumah yaitu terong. Untuk menanam terong di polybag, pilihlah ukuran polybog yang sedang atau cukup besar. Sebab pertumbuhan batang tanaman terong cukup tinggi. Sediakan juga kayu atau bambu penyangga agar ketika sudah agak tinggi batangnya tidak doyong atau roboh. Agar pertumbuhan terong semakin cepat dan terong yang dihasilkan baik, kamu bisa memberikan nutrisi berupa micin atau MSG yang biasa kamu dapat dari warung.

Baca Juga
Anti Gabut dengan Urban Farming, ‘Belanja’ Bisa Langsung di Halaman Rumah

Artikel Terkait
GenK LIFE

Waspada ‘Brain Freeze’ Saat Makan Atau Minum Sesuatu yang Dingin

GenK LIFE

Karantina Wilayah dan Pembatasan Sosial Apa Bedanya dengan Lockdown?

GenK LIFE

Tak Hanya Orang Indonesia, Orang Korea juga Percaya Mitos, Loh!

GenK LIFE

Karir Meredup Rawan Post Power Syndrome? Simak Faktanya!

GenK LIFE

5 Cara Keluar dari Hidup Membosankan

GenK LIFE

6 Tips Menghadapi Quarter Life Crisis

Quizzes

Slider
      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>