Yuk, Pelihara Tanaman Pengusir Nyamuk yang Bisa Sekaligus Jadi Bahan Masak

Dibaca Normal: 3 menit aja

Kalau di rumah, salah satu hal yang paling mengganggu ketenangan itu adalah nyamuk. Selain gigitannya yang bikin gatal, suaranya yang berdenging juga berisik, kan. Apalagi, gigitan nyamuk kadang bisa saja menyebabkan gangguan kesehatan serius seperti demam berdarah dan malaria. Makanya, kamu perlu punya tanaman pengusir nyamuk di rumah. Selain bisa mengusir nyamuk secara alami, tanaman-tanaman ini juga bisa dijadikan rempah. Berikut tanaman tersebut:

Serai

Sumber: natureeset.com

Kamu pasti tahu tanaman ini. Serai yang kadang juga disebut sereh, biasa digunakan untuk bahan masakan. Aromanya yang khas dan kuat menjadikan serai bahan rempah andalan. Namun, bukan hanya menambah rasa nikmat makanan, serai juga ampuh untuk mengusir nyamuk.

Tanamannya yang asli juga memiliki aroma yang lebih kuat jika dibandingkan dengan lotion nyamuk yang mengandung ekstrak serai. Makanya, kamu bisa, nih, menanam serai sendiri di rumah, misalnya di halaman depan dan belakang. Selain memperindah halaman, serai bisa kamu jadikan bahan bumbu masakan sekaligus pengusir nyamuk.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Kemangi

Sumber: natureeset.com

Daun kemangi merupakan salah satu dari jenis tanaman yang paling sering digunakan untuk bahan masakan. Bahkan, tidak jarang kemangi ini langsung dimakan begitu saja daunnya untuk lalapan dengan sambal. Akan tetapi, rupanya kemangi juga ampuh digunakan sebagai tanaman pengusir nyamuk. 

Kamu bisa menanamnya di pekarangan rumah kamu. Banyak gardener yang sudah expert menyebutkan bahwa kemangi itu mudah ditanam. Kamu pun mudah juga merawatnya. Jadi, tanaman kemangimu tidak akan gampang layu dan mati.

Bawang Putih

Sumber: natureeset.com

Serbaguna dengan sejuta manfaat, bawang putih menjadi salah satu tanaman rempah yang ampuh buat mengusir nyamuk. Tentu saja kamu bisa mengusir nyamuk jauh darimu dengan cara memakan bawang putih, ya. Namun, kamu bisa mengusir nyamuk-nyamuk tersebut dengan menaruh bawang putih di dekatmu.

Jadi, kamu cukup meletakkan bawang putih di tepi kasurmu atau di kebun tanaman di rumahmu, sehingga ini bisa melindungi kamu dari serangan nyamuk. Kalau kamu punya banyak persediaan bawang putih di rumah, ini tidak hanya bagus untuk mengusir nyamuk, tapi juga memudahkanmu memasak.

Artikel Terkait
GenK LIFE

6 Tanda Pasangan Posesif yang Wajib Kamu Waspadai

GenK LIFE

5 Tips yang Harus Kamu Lakukan agar Laptop Tidak Lemot

GenK LIFE

5 Aplikasi untuk Membantu Menjaga Kesehatan Mental Kamu

GenK LIFE

4 Alasan Kamu Harus Jadi Pribadi Konsisten

GenK LIFE

Yang Perlu Kamu Tahu dari Tes Kepribadian MBTI

GenK LIFE

5 Cara Mudah Agar Kamu, Milenial Bisa Hemat Menurut Ahli

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>