Yuk, Mengenal Terapi Musik yang Bisa Menyembuhkan Jiwa!

Dibaca Normal: 3 menit aja
terapi musik

Musik memang punya kekuatan tersembunyi yang bikin pendengarnya seolah terbius dengan setiap nada atau juga lirik di dalamnya. Secara psikologis, ketika seseorang mendengarkan musik maka dapat secara otomatis yang awalnya resah menjadi tenang, yang awalnya sedih menjadi riang atau bahkan sebaliknya. Bahkan sejak nada pertama terdengar, kamu bisa tahu kalau itu adalah salah satu lagu spesial dan membuatmu langsung merasakan perlahan air mata membasahi pelupuk. Cukup tujuh nada yang bersatu membentuk melodi untuk menggerakkan jiwa, menghancurkan hati, membuat kita menangis dan menghadirkan kembali kenangan lama yang sudah terkubur sampai dengan membuat orang menjadi lepas kendali. Sekuat itu pengaruhnya, sampai ada terapi musik yang digunakan untuk mengatasi depresi. Nah, bagaimana semua hal tersebut dapat terjadi? Berikut penjelasannya.

Slider
Slider
Slider

1. Musik adalah Kotak Ajaib yang Penuh Memori dan Kenangan

mendengarkan musik

sumber: cmuse.org

Lagu seperti mesin waktu yang siap membawamu melintasi batas kembali ke masa-masa penuh luka. Kita bisa kembali ke masa lalu hanya dengan mendengarkan musik. Cobalah ikuti perjalanan waktu itu dan lihat betapa banyak pelajaran yang bisa kamu ambil. Perhatikan sejauh apa kamu melangkah sejak luka terakhir. Meninggalkan kenangan berarti membuka pintu petualangan yang baru. Musik punya kekuatan untuk merasuki jiwamu. Bisa menginspirasimu untuk berpikir positif, berhenti merokok atau minum alkohol. Bahkan musik bisa membuatmu jatuh cinta.

2. Musik Bisa Mengurangi Rasa Sakit

depresi

sumber: cenegenics.com

Nggak peduli itu adalah lagu Jason Mraz, Sam Smith, Lady Gaga atau bahkan Rage Againts The Machine, genre musik dan lirik yang berpadu sempurna dengan melodi bisa dijadikan sebagai terapi yang efektif mengatasi rasa sakit. Menurut studi dalam Journal of Advanced Nursing di Inggris, rasa sakit kronis karena berbagai kondisi menyakitkan, seperti misalnya kondisi osteoartritis hingga rheumatoid arthritis, bisa berkurang dengan mendengarkan musik. Musik bikin tubuh kita melepaskan hormon endorfin yang mampu meredam rasa sakit.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider
Baca Juga
Ini Manfaat yang Bisa Kamu Rasain Kalau Suka Mendengar Musik Klasik

3. Musik Punya Kekuatan untuk Terapi Pernafasan

relaksasi pernafasan

sumber: nbcnews.com

Musik memiliki kekuatan ajaib yang dapat mempercepat detak jantung atau memperlambat pernafasan kita. Semua orang bisa merasakan pengaruh ini. Tempo meditatif yang lambat memberikan efek relaksasi yang memperlambat detak jantung dan pernapasan kita. Sebaliknya, musik yang cepat dengan tempo upbeat bisa mempercepat kinerja organ ini. Kamu bisa bertanggung jawab atas tubuh dan pikiran. Cukup dengan memilih lagu mana yang akan didengarkan untuk mengobati emosi negatif.

Slider
Slider
Slider
Artikel Terkait
GenK LIFE

Apa Beda Social Distancing dengan Physical Distancing di Tengah Wabah Corona Saat Ini?

GenK LIFE

Sebelum Bisa Online, Begini Perkembangan Sensus Penduduk di Indonesia

GenK LIFE

Kenali Gaslighter dan Cara Menghadapinya Agar Tidak Termanipulasi!

GenK LIFE

3 Fakta Menarik Kimetsu no Yaiba, Manga Shonen Jump Populer

GenK LIFE

Bridge of Life: Kalimat Positif Pemberi Harapan Hidup di Atas Sungai Han

GenK LIFE

Stop Terpaku Pada Standar Kecantikan! Ini Alasannya

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link