fbpx

Yang Perlu Kamu Tahu dari Tes Kepribadian MBTI

Dibaca Normal: 9 menit aja 😊
tes kepribadian MBTI

Kamu INTJ yah? Eh, bukan, pokoknya yang tengahnya S sama F gitu. Pernahkah kamu mendengar pertanyaan tersebut? Kalau udah, berarti kamu sudah tahu dong tes kepribadian MBTI yang lagi nge-hits itu. Tapi bedanya apa sih sama tes-tes yang lain?  

Tes untuk mengetahui kepribadian seseorang merupakan salah satu tes yang paling banyak diminati, khususnya oleh para anak muda, kayak kamu, GenK. Tes kepribadian dapat dilakukan secara digital melalui internet maupun secara tradisional berupa pertanyaan secara tertulis.

Nah, dari sekian banyak tes kepribadian yang ada, tes menggunakan format dan metode MBTI merupakan yang paling banyak dipilih.

Hayo, ada yang tahu kenapa?

Mari kita simak, GenK!

Apa Itu Tes MBTI?

Ini dia tes kekinian yang paling banyak digandrungi oleh banyak orang. Tes kepribadian MBTI (Myres-Briggs Type Indicator) merupakan sebuah tes untuk menentukan kepribadian yang dimiliki oleh seseorang berdasarkan caranya melihat dunia dan membuat keputusan.  

Namanya sendiri diambil dari penemunya yang merupakan sepasang ibu dan anak Katherine Briggs dan Isabel Myers. Keduanya mengembangkan tes ini sejak Perang Dunia Kedua berdasarkan teori tipe-tipe kepribadian oleh Carl Jung. Udah lama banget kan?

Briggs dan Myers mengembangkan tes ini dengan menggunakan beberapa set pertanyaan untuk menguji respons dan pilihan seseorang mengenai sesuatu maupun bagaimana bertindak saat dihadapkan pada suatu kejadian.

Pertanyaan-pertanyaan yang diberikan bertujuan untuk mengukur lima aspek kepribadian yang jika digabungkan akan menentukan tipe kepribadian seseorang loh, GenK.

Apa aja tuh aspeknya?

Aspek yang Diuji oleh Tes MBTI

tes kepribadian MBTI 1

Aspek-aspek kepribadian MBTI (sumber:verywellmind.com)

1. Pikiran

Aspek pikiran menunjukan bagaimana cara kita berinteraksi dengan lingkungan sekitar nih, GenK.

Kalau kamu mudah bergaul dan menyukai keramaian, maka kamu termasuk orang yang ekstrover. Sementara kebalikannya adalah introver. Kamu lebih memilih melakukan segala sesuatu sendirian dan tidak terlalu menyukai aktivitas yang melibatkan interaksi sosial dengan banyak orang.

Nah, tapi ada juga nih tipe ambiver. Seorang yang ambiver dapat menikmati waktu bersama dengan banyak orang dan juga menyukai waktunya saat sendirian.

2. Energi

Untuk aspek ini, kepribadian kamu akan ditentukan dari bagaimana cara kamu melihat dunia dan memproses informasi. Dua jenis orang pada aspek ini adalah pengamat dan intuitif.

Seorang pengamat memiliki pola pemikiran yang pragmatis dan down-to-earth serta berfokus pada apa yang ada masa sekarang.

Sementara jika kamu adalah seorang yang intuitif, berarti kamu memiliki pikiran yang terbuka akan hal-hal baru dan sangat imajinatif.

3. Sifat

Cara kita mengatur emosi dan membuat keputusan merupakan aspek yang penting loh untuk kita kuasai, GenK.

Kamu harus tahu apakah kamu adalah seseorang yang menggunakan logika dan rasionalitas dalam membuat keputusan. Atau justru lebih cenderung percaya pada perasaanmu nih.

Tapi jangan salah, menggunakan perasaan bukan berarti baper yah, GenK.

4. Taktik

Bagian kepribadian ini memperlihatkan cara kita dalam melakukan suatu pekerjaan dan merencanakan sesuatu nih.

Jika kamu suka mengorganisir segala hal dalam keseharianmu dan selalu menyusun rencana yang matang sebelum melaksanakan sesuatu, maka kamu memiliki kemampuan penilaian yang baik.

Tapi kalau kamu adalah orang yang spontan dan lebih memilih untuk beradaptasi terhadap sebuah situasi dibanding merencanakannya sebelumnya, maka bisa dibilang prospektif nih.

5. Identitas

Aspek terakhir dan paling mempengaruhi kepribadian seseorang adalah rasa percaya diri akan kemampuan kita sendiri dan keputusan yang kita buat.

Kamu adalah seorang yang tegas (assertive) jika kamu memiliki rasa percaya diri yang tinggi akan kemampuan yang kamu miliki dan gak gampang stres nih kalau lagi ada masalah.

Nah, kalau kamu mudah stres dan selalu memikirkan cara untuk memperbaiki sesuatu telah kamu lakukan, kamu termasuk seorang turbulence, GenK.

Baca Juga   Meningkatkan Produktivitas dengan To Don’t List

Hasilnya, tes ini mengategorikan kepribadian menjadi 16 tipe yang kemudian dibagi ke dalam empat grup berdasarkan fungsinya yaitu:

  • Analis: Arsitek, Ahli Logika, Komandan, Pendebat
  • Diplomat: Advokat, Mediator, Protagonis, Juru Kampanye
  • Pengawal: Ahli Logistik, Pembela, Eksekutif, Konsul
  • Penjelajah: Virtuoso, Petualang, Pengusaha, Penghibur

Setiap grup tersusun atas empat tipe kepribadian yang memiliki dua ciri kepribadian yang sama. Dua ciri tersebut menggambarkan peran khusus yang sama-sama dimiliki oleh seluruh kepribadian dalam grup yang sama.  

Grup Analis memiliki ciri yang sama pada energi dan sifatnya. Orang-orang yang masuk ke dalam grup ini memiliki kemampuan intelejensi yang tinggi dan mengedepankan rasionalitas dibanding perasaan. Para Analis akan melakukan berbagai pendekatan yang berdasarkan fakta dan pemikiran objektif untuk menemukan solusi sebuah masalah.

Tipe-tipe kepribadian dalam grup Diplomat sangat menghargai dan peduli terhadap orang-orang dan lingkungan sekitarnya.  Mereka suka bernegosiasi untuk menyelesaikan suatu masalah dan selalu berusaha untuk memberikan dampak positif bagi sekitarnya. Waduh, isinya udah kayak tokoh protagonis semua nih.

Dalam grup ini, kemampuan manajemen yang baik merupakan kunci segalanya. Orang-orang dari grup ini adalah para pekerja keras yang taat peraturan, sangat kooperatif dan menghargai kerja sama tim. Jadi grup ini paling anti tuh, kalau misalnya sesuatu gak berjalan tanpa rencana yang matang, GenK.

Untuk grup yang satu, kamu pasti punya nih teman yang mirip sama para Penjelajah. Tipe-tipe kepribadian yang masuk dalam grup ini biasanya suka melakukan sesuatu secara spontan, jago dengan urusan pertukangan dan mudah bosan nih. Mereka ini nih yang paling pas dengan pepatah you live only once, GenK.

Bukan Sekedar Tes Biasa

tes kepribadian MBTI 2

Tes kepribadian dalam proses rekrutmen pekerja (sumber: nulearn.in)

Siapa nih yang suka ikut tes-tes kepribadian berdasarkan zodiak atau golongan darah, Genk?

Eits, jangan samakan tes yang satu ini dengan tes-tes tersebut yah. Tes MBTI bukan tes sembarangan loh.

Kok bisa?

Bisa dong.

Nah, kepopuleran tes kepribadian MBTI seringkali membuat tes ini menjadi bagian dari proses perekrutan karyawan loh, GenK. Beberapa perusahaan sudah mensyaratkan para calon karyawan untuk mengumpulkan hasil tes ini sebagai pengganti tes psikotes

Hasil tes MBTI dipercaya karena tingkat keakurasiannya yang tinggi dalam menentukan jenis kepribadian seseorang.

Seperti yang kita tahu, tes kepribadian itu hukumnya wajib, GenK, di dalam sebuah proses rekrutmen karyawan. Di hampir setiap proses tersebut, biasanya akan ada tes kepribadian baik dalam bentuk tes tertulis maupun melalui sesi wawancara.

Tes kepribadian akan menentukan apakah seseorang cocok untuk bekerja di sebuah perusahaan atau tidak. Hal ini terkait dengan visi dan misi perusahaan, juga tak lupa budaya kerja yang diterapkan di lingkungan kantor.

Apakah seseorang akan cocok dengan budaya perusahaan atau tidak serta bagaimana cara seseorang berhubungan dengan sesama rekan kerja di kantor. Bahkan tidak sedikit loh, perusahaan yang menentukan tipe-tipe kepribadian yang sesuai untuk beberapa posisi pekerjaan tertentu.

Untuk posisi pekerjaan tertentu seperti di bidang administrasi dan akuntansi misalnya, dibutuhkan orang yang memiliki tingkat keakuratan yang tinggi serta kemampuan untuk organisasi yang baik.

Atau misalnya untuk menjadi seorang staf di bagian public relations,  pastinya yang akan dicari adalah orang dengan kemampuan berkomunikasi yang baik dan rasa percaya diri yang tinggi.

Bukan yang malu-malu kucing yah, GenK.

Baca Juga   Apa Benar Night Owls Lebih Kreatif daripada Early Birds?

Pembagian kategori kepribadian yang menyeluruh dan kompleks berdasarkan aspek-aspek kepribadian; penelitian selama bertahun-tahun dengan narasumber dari beragam profesi dan latar belakang yang berbeda di seluruh dunia membuat tes MBTI lebih banyak dipilih dibanding tes kepribadian lainnya.

Makanya banyak perusahaan yang mempercayakan hasil tes ini untuk merekrut karyawan baru, GenK. Kalau kamu sedang mencari pekerjaan, ataupun hanya penasaran dengan tipe kepribadianmu, tidak ada salahnya loh untuk mengambil tes ini.

Tidak hanya penting untuk membantumu dalam membangun karir, tes MBTI juga bisa digunakan untuk banyak loh, GenK.

Dengan mengetahui tipe kepribadian MBTI-mu, kamu bisa tahu kelebihan dan kelemahanmu, juga urusan keluarga, pergaulan, gaya parenting, kebiasaan di tempat kerja, hingga urusan percintaan.

Bisa dibilang tes ini sudah all-included nih, GenK.

Tipe-Tipe Kepribadian MBTI

 

tes kepribadian MBTI 3

16 tipe kepribadian MBTI (sumber: 16personalities.com)

Kalau kamu yang akrab dengan tes kepribadian MBTI, tentu sudah tahu dong ada berapa banyak tipe kepribadian yang ada?

Berapa tuh, GenK?

Jawabannya ada 16 tipe kepribadian.

Banyak banget kan.

Apa aja tuh? Ini dia, GenK:

  • Sang Arsitek (INTJ-A/INTJ-T)

Tipe kepribadian pertama dalam kategori analis ini adalah seseorang yang memiliki serta sangat menghargai kemampuan intelenjensi yang tinggi. Orang dengan tipe ini  seringkali yang pada masa kecilnya dicap sebagai ‘kutu buku’.

Kalau kamu punya teman yang suka bekerja sendiri dan cenderung pendiam, mungkin saja dia memiliki kepribadian tipe ini, GenK.

  • Ahli Logika (INTP-A/INTP-T)

Salah satu tipe kepribadian yang paling jarang ditemui ini adalah para pemikir logis yang melakukan segala sesuatu dengan penuh pertimbangan.

Tipe kepribadian ini sekilas mirip dengan Sang Arstikek yah, GenK. Keduanya sama-sama mengutamakan kecerdasan berpikir dalam banyak hal.

  • Sang Komandan (ENTJ-A/ENTJ-T)

Bisa dibilang kepribadian yang satu ini adalah satu kepribadian dengan bakat kepemimpinan yang paling menonjol nih. Tipe kepribadian ini biasanya juga seorang alpha male atau alpha female nih, GenK.

Sang Komandan memiliki ambisi yang kuat dalam mewujudkan visi dan misi yang dibuatnya. Kemampuan berpikirnya sangat strategis dan selalu mengedepankan rasionalitas.

  • Si Pendebat (ENTP-A/ENTP-T)

Wah, kalau kamu mendengar kata ‘pendebat’, sifat seperti apa yang duluan muncul di otakmu nih?

Sesuai dengan namanya, para pemilik kepribadian ini cenderung memiliki tendensi untuk melihat suatu topik dari berbagai macam sudut pandang dan tidak takut untuk menyuarakan apa yang dipercayanya benar.

  • Sang Advokat (INFJ-A/INFJ-T)

Jika kamu adalah pemilik kepribadian ini, kamu patut bangga nih, Genk. Gimana enggak? Sang Advokat adalah tipe kepribadian paling langka, cuma ada kurang dari satu persen orang di seluruh dunia dengan kepribadian ini.

Sang Advokat adalah para pecinta damai yang selalu berusaha untuk membawa dampak positif bagi sekitarnya. Bunda Theresa, Martin Luther King, dan Mahatma Gandhi adalah contoh tokoh Sang Advokat.

  • Sang Mediator (INFP-A/INFP-T)

Kepribadian yang satu ini selalu berusaha untuk melihat kebaikan yang ada dalam setiap orang. Biasanya orang-orang melihat tipe kepribadian ini sebagai individu yang pemalu dan pendiam.

Sang Mediator akan berusaha untuk memahami perasaan setiap orang dan orang-orang sekitarnya.

  • Si Protagonis (ENFJ-A/ENFJ-T)

Tipe kepribadian Protagonis memiliki bakat alami untuk menjadi seorang pemimpin. Orang-orang dengan kepribadian ini memiliki karisma yang kuat dan passion dalam mengerjakan hal yang dipilihnya.

Jika kamu adalah Si Protagonis, kamu memiliki potensi yang besar untuk menjadi seorang politisi karena kemampuanmu untuk dapat mempengaruhi orang dengan pesonamu.

  • Sang Juru Kampanye (ENFP-A/ENFP-T)

Sang Juru Kampanye ini secara alami adalah orang-orang yang independen dan menyukai kebebasan.

Tipe kepribadian ini selalu tertarik dengan ide-ide besar yang unik dan sangat terbuka untuk mencoba hal baru yang dianggapnya keren.

  • Ahli Logistik (ISTJ-A/ISTJ-T)

Wah, ini dia tipe kepribadian yang paling asyik diajak kerja kelompok nih, GenK. Kok bisa?

Orang-orang dengan tipe kepribadian ini paling gak suka menunda-nunda pekerjaan dan akan berusaha untuk menyelesaikan tugas sekecil apapun secepatnya.  Idaman banget deh untuk jadi anggota tim kamu.

  • Sang Pembela (ISFJ-A/ISFJ-T)

Ada yang ingat asrama Hufflepuff di Harry Potter gak nih? Asrama berlogo luwak ini terkenal akan sifatnya pekerja keras dan memiliki loyalitas yang tinggi, Genk.

Mirip banget dengan Sang Pembela yang juga selalu loyal serta berdedikasi tinggi dengan pekerjaan dan orang-orang yang dicintainya.

  • Eksekutif (ESTJ-A/ESTJ-T)

Nah, kalau tipe kepribadian ini adalah jagonya dalam hal mengatur dan mengorganisir berbagai macam, GenK. Biasanya paling gak tahan tuh kalau ngeliat sesuatu yang berantakan, bawaannya beres-beres mulu gitu, GenK.

Seorang Eksekutif juga sangat taat dan patuh pada aturan yang ada. Ada gak temen kamu yang kayak gini, GenK?

  • Konsul (ESFJ-A/ESFJ-T)

Ada yang pernah jadi cheerleader pas zaman sekolah?

Tahu dong, pentingnya peran cheerleader kalau tim sepak bola sekolahmu sedang bertanding.

Nah, layaknya seorang cheerleader,  para Konsul adalah penyemangat yang selalu memberikan vibe positif dimanapun dan kapanpun mereka berada. Jika kamu merasa mudah menyerah dan sering murung, seorang Konsul bisa membantu kamu untuk kembali bersemangat loh!

Kamu bisa! Kamu pasti bisa! Gitu loh, GenK!

  • Virtuoso (ISTP-A/ISTP-T)

Nah jangan sampai salah sebut loh, nama kepribadian ini Virtuoso, bukan Ferguso yah, GenK. Ahlinya bikin barang-barang unik dan suka berkreasi dari berbagai macam hal mulai dari otomotif, hingga DIY.

Tipe kepribadian ini paling gak tahan dengan yang namanya rutinitas dan lebih memilih untuk mencoba kegiatan berbeda yang lebih menantang.

  • Si Petualang (ISFP-A/ISFP-T)

Para Petualang adalah orang-orang bebas yang suka mengekspresikan ide-idenya dan biasanya paling jago bikin sesuatu yang estetis nih, GenK.

Kamu pasti punya dong teman yang jago dan suka banget menggambar. Biasanya orang-orang dalam tipe ini selalu berusaha melihat sesuatu dari kacamata seni dan memiliki pola pikir yang ‘out of the box’.

  • Sang Pengusaha (ESTP-A/ESTP-T)

Kalau kamu adalah Sang Petualang, berarti kamu adalah orang yang suka menjadi pusat perhatian dan tidak malu untuk maju ke hadapan orang banyak.

Sang Pengusaha memiliki tipe kepribadian yang paling gampang disukai oleh banyak orang karena pembawaannya yang supel dan easy going.

  • Si Penghibur (ESFP-A/ESFP-T)

Kalau kepribadian yang satu ini pasti mudah ditebak dong.  Yap, seperti namanya, orang-orang bertipe ini biasanya yang paling asyik saat kamu lagi ngumpul dan bikin pesta makin rame.

Jika Si Penghibur ini tidak hadir dalam suatu acara, sepertinya ada yang kurang gitu, GenK. Tanpa lo gak asyik deh. Biasanya mereka juga punya bakat menyanyi atau nge-dance yang yang selalu bisa menghidupkan suasana.

Baca Juga   6 Cara Meningkatkan Konsentrasi Saat Puasa

Tips Saat Melaksanakan Tes MBTI

Kepopuleran tes kepribadian MBTI membuat tes ini dapat dengan mudah kamu ambil secara gratis melalui berbagai situs yang tersedia di internet. Ada banyak situs yang menawarkan tes kepribadian dengan menggunakan jenis MBTI ini.

Nah, sebelum kamu mencoba mengambil tesnya, ada baiknya kamu perhatikan dulu beberapa tips di bawah ini supaya hasilnya tes yang kamu ambil bisa lebih akurat, GenK:

1. Pilihlah situs yang menawarkan tes MBTI dengan set kuisioner yang lengkap, biasanya terdiri lebih atas 60 pertanyaan atau lebih. Pastikan kuisioner tersebut memiliki opsi jawaban yang spesifik dengan lebih dari dua pilihan.

Pertanyaan yang hanya terdiri dari dua pilihan jawaban cenderung memiliki tingkat akurasi yang lebih kecil dibandingkan kuisioner dengan pilihan jawaban yang lebih banyak.

2. 16personalities.com merupakan contoh situs yang paling sering digunakan untuk mengambil tes kepribadian MBTI. Sudah ada lebih dari 180 juta tes yang  diambil melalui situs ini loh, GenK.

Kuisioner yang ada di situs ini memiliki 7 pilihan jawaban yang berbentuk skala kecenderungan terhadap suatu kondisi atau pernyataan yang diberikan.

Kamu bisa memilih untuk sangat setuju, cukup setuju, sedikit setuju, netral, sedikit tidak setuju, cukup tidak setuju, atau sangat tidak setuju untuk setiap pertanyaan yang diberikan.

3. Luangkan waktu kosong untuk mengambil tes MBTI. Dengan begitu kamu bisa lebih fokus saat menjawab pertanyaan yang diberikan, GenK. Jangan sampai kamu mengisi tes ini saat lagi melakukan aktivitas lain apalagi pas jam kerja yah.

Pastikan juga kamu sedang dalam kondisi yang tenang yah, GenK. Jangan sampai kamu barusan marah-marah atau lagi sedih habis nonton drama gitu, terus ngambil tesnya.

Karena jumlah pertanyaannya yang lumayan banyak nih, pastiin juga kondisi internet kamu. Soalnya kalau tiba-tiba internetnya down di tengah jalan, bisa-bisa kamu harus mengulang dari awal lagi loh.

4. Fokuslah dan pahami pertanyaan yang diberikan. Lalu sesuaikan dengan konJdisi yang kamu hadapi dan pilihlah jawaban yang paling cocok dengan kamu.

Ingat yah, GenK, ini cuma tes kepribadian aja kok, jadi gak ada jawaban salah dan benar. Isilah dengan sejujur-jujurnya. Kamu bisa mengambil tes ini selama yang kamu mau nih, jadi take your time, GenK!

5. Oh ya, jangan sampai ada pertanyaan yang tidak kamu isi yah. Isilah semua pertanyaan yang ada dan usahakan juga untuk tidak memilih netral di pilihan jawabannya yah, GenK.

Jika kamu tidak yakin akan suatu pertanyaan, kami sarankan untuk memilih pilihan sedikit setuju atau sedikit tidak setuju. Soalnya pilihan jawaban netral dapat mengurangi akurasi hasil tesnya nanti loh.


Gimana, Genk? Sudah siap untuk mengambil tes kepribadian MBTI? Ingat yah, apapun hasil tesnya, cuma kamu yang lebih tahu bagaimana kepribadian kamu sebenarnya. Selamat mencoba!

Polling

 

Tentang Penulis

Halo GenKreativv disini.

1 Comment

Tulis Komentar

Artikel Terkait
GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Art Block dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

5 Jenis Pekerjaan Buat Kamu yang Hobi Menggambar

GenK LIFE

Yuk Belajar Cara Membuat Kalender Sendiri

GenK LIFE

5 Cara Tepat dan Mudah Belajar Mengetik Cepat

GenK LIFE

Apa Itu Meme? Budaya Komunikasi Kekinian Anak Milenial

GenK LIFE

5 Alasan Kenapa Self-Talk Bisa Bikin Hidup Lebih Tenang

GenK LIFE

Design Thinking, Skill Mencari Solusi yang Dibutuhkan di Zaman Sekarang

GenK LIFE

Memahami Fobia Generasi Milenial: dari FOMO hingga Jomblo

GenK LIFE

Baru Mulai Bisnis? Yuk Baca Cara Jualan Online Lengkap!

GenK LIFE

Mengenal Eustress, Stres yang Baik Untukmu

GenK LIFE

Kenapa Proses Kreatif Itu Penting?

GenK LIFE

Kerja Terampil di Industri Kreatif dengan 4 Soft Skill Ini

GenK LIFE

Cara Menjalani Gaya Hidup Minimalis Tanpa Membebani Diri

GenK LIFE

Beberapa Tren yang Lahir untuk Mengatasi Kesepian Kita

GenK LIFE

4 Profesi Kekinian yang Cocok untuk Lulusan Desain Komunikasi Visual

GenK LIFE

Mengontrol Mimpi lewat Lucid Dream

GenK LIFE

Tren Ngabuburit Zaman Now vs Zaman Dulu

GenK LIFE

5 Ide Acara Bukber yang Seru dan Anti Boros

GenK LIFE

Tips Memilih Buku Referensi Skripsi

GenK LIFE

Tips Waktu dan Jenis Olahraga Saat Puasa

            Artikel Selanjutnya