GenK LIFE

Generasi Millennial Ga Bisa Nabung? Ini Cara Ngatur Duit Ala Millennial!

Cara nabung ala millennial

Pernah gak,  uang kamu sudah langsung habis padahal masih awal bulan? Yups, masalah seperti ini pasti banyak banget dialami oleh  kita anak muda millennial. Hal ini menjadi sangat momok, pasalnya kaum millennial sangat terpapar dengan gadget dan media sosial sehingga timbul  FOMO ( Fear of Missing Out). Hal itu membuat kita terus berusaha mengejar trend padahal pendapatan kita pas – pasan, akibatnya banyak Millennial yang harus hidup pay check to pay check. Lantas, gimana caranya supaya bisa nabung dong? Tenang, kali ini kami akan bagi 5 tips cara ngatur duit ala millennial.

1. Buat kopimu sendiri.

ngatur duit ala millennial

Sumber Gambar : medkomtek.com

Coba deh mulai sekarang bikin kopi sendiri. Kamu akan terkejut begitu tau berapa uang yang bisa kamu hemat dalam sebulan. Anggap 1 gelas kopi itu Rp. 50.000 dan bandingkan dengan kopi yang dibuat sendiri, let say kamu cuman butuh satu sachet kopi bubuk Rp. 3.000. Total kamu bisa menghemat Rp. 47.000!.  Buat kamu yang tidak ngopi, bisa menerapkan ini dalam hal lain, misalnya sebelum membeli minuman- minuman yang fancy  karena lagi trend, akan  lebih baik kamu coba re- create menu tersebut di rumah.

2.  Menerapkan prinsip compounding.

Coumpounding Intrest

Sumber Gambar : cermati.com

Kalian pasti pernah mendengar peribahasa “ sedikit sedikit lama – lama menjadi bukit” atau cerita “kelinci dan kura- kura” atau pernah mendengar tentang snowball effect?. Kita bisa menerapkan makna dari  pribahasa dan cerita  itu dengan menerapkan prinsip compounding.  Caranya adalah dengan selalu menyisihkan uang kamu untuk ditabung atau bisa juga di investasikan. Setiap bunga atau keuntungan yang kamu dapat, kamu tabung atau investasikan kembali. Jadi di akhir, kamu akan dapat bola salju raksasa dari hasil menggulung uang kamu sedikit demi sedikit itu.

Baca Juga :   Ikuti 5 Tahap Proses Kreatif untuk Ide yang Lebih Imajinatif

3. Gunakan Cash saat berbelanja.

Rupiah

Sumber Gambar : indolaras.com

Kenapa cash? Di era seperti sekarang tentu cash sudah banyak ditinggalkan. Cash sudah digantikan dengan dompet digital ataupun kartu yang mempermudah setiap transaksi. Lalu kenapa Cash?. Dikutip dari buku Broke Millennial karya Erin Lowry, hal  ini terkait dengan psikologis kamu.  Saat berbelanja dengan menggunakan cash kita akan lebih sadar dengan seberapa banyak uang yang  dikeluarkan. Ini juga membuat kamu berfikir ulang saat membeli barang. Karena kamu jadi lebih sadar dengan melihat banyaknya lembaran uang itu. Jadi sayang kan buat belanjain.

4. Cari Pendapatan Tambahan

Sumber Gambar : binus.ac.id

Kalau setelah mengurangi pengeluaran kamu merasa masih membutuhkan pendapatan yang lebih banyak, cobalah untuk mencari penghasilan tambahan. Saat ini ada banyak solusi untuk kamu menambah pundi-pundi bahkan hanya dari rumah. Kamu bisa mencoba berbagai bisnis yang minim modal, salah satunya adalah bisnis dropship.

5. Kumpulkan Uang Receh

cara ngatur duit ala millennial

Sumber Gambar : Beritabeta.com

Jangan anggap remeh uang receh! Ada pepatah yang bilang, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Mulailah realisasikan nasehat dari pepatah tersebut dengan mengumpulkan setiap uang receh yang didapat dan ditemukan dalam tas, saku, ataupun dompet. Sediakan celengan dengan ukuran besar untuk mengumpulkan recehan ini. yang cukup besar, karena uang recehan lumayan memakan tempat.

 

Nah itulah 5 cara ngatur duit ala millennial yang perlu kalian semua ketahui.

 

About author

Related posts
GenK LIFE

Pingin Silaturahmi Tapi Takut Pandemi? Simak Tips Amannya Disini!

GenK LIFE

Pengen Hidup Jadi Lebih Baik? Ini 4 Buku Untuk Membangun Kebiasaan Yang Wajib Dibaca!

GenK LIFE

Ide Hampers Lebaran Unik untuk Jalin Silaturahmi dengan yang Tersayang

GenK LIFE

Memperingati Hari Tari Internasional, Intip 6 Tarian Unik di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published.