GenK LIFE

Fresh Graduate Juga Punya Peluang Lolos Interview Kerja, Lho!

interview fresh graduate

Yay, welcome to the real world, fresh graduates! Selamat tinggal kehidupan kampus, selamat datang dunia kerja! Wah, jangan dikira perburuan untuk mendapatkan pekerjaan adalah hal yang mudah dilakukan, terutama untuk kamu yang masih fresh graduate. Nggak sedikit perusahaan menyertakan pengalaman bertahun-tahun sebagai syarat sarjana mendapatkan posisi bagus. Nah, bagi mereka yang baru saja lulus tentu persyaratan ini mustahil dipenuhi. Lantas apakah bagi mereka nggak ada kesempatan sama sekali untuk bisa masuk perusahaan meski nggak punya pengalaman? Eits, tunggu dulu, dengan tips-tips di bawah ini, kamu yang baru lulus kuliah pun bisa menjawab dengan mudah setiap pertanyaan yang diajukan saat wawancara, kok.

1. Jelaskan Apa yang Kamu Ketahui tentang Perusahaan Kami

interview dengan hrd

sumber: yh-group.co.uk

Luangkan waktu untuk mengecek situs web perusahan dan pelajari informasi yang ada. Persiapkan dirimu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti, kapan perusahaan didirikan, jadwal kegiatan harian mereka hingga misi mereka. Ketidaktahuanmu soal perusahaan bisa menggambarkan kalau kamu adalah sosok yang kurang peduli dengan lingkungan tempat kerja. Pertanyaan ini juga bisa mengungkap apa yang kamu cari di dalam perusahaan dan bagaimana kamu memberikan keuntungan bagi perusahaan.

2. Coba Ceritakan Sedikit tentang Dirimu

perkenalkan diri saat interview

sumber: specials-images.forbesimg.com

Sebagian besar perusahaan mengajukan pertanyaan ini untuk menggali lebih dalam tentang diri pelamar dan latar belakang mereka khususnya para pelamar fresh graduate. Misalnya, apakah mereka aktif di kegiatan kampus, kursus apa saja yang mereka ambil dan bagaimana mereka melalui kehidupan magang dengan lancar. Perusahaan juga ingin tahu tentang aspek apa dalam kehidupan yang paling kamu utamakan hingga sampai ke titik seperti sekarang. Mulailah dengan memberi jabaran singkat tentang kegiatanmu sekarang dan jelaskan secara terperinci dalam riwayatmu yang kamu anggap paling memenuhi syarat untuk mengisi posisi di perusahaan mereka. Tambahkan informasi tentang hal yang kamu sukai, seperti hobi dan minat untuk membantu perusahaan mengingatmu lebih mudah. Walaupun masih sebagai fresh graduate, tidak salahnya kamu juga menceritaka tentang mimpimu dalam hal karir. Hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa kamu memang bertekad kuat untuk mendapatkan apa yang sedang kamu lamar saat ini.

Baca Juga :   8 Cara Membangun Jenjang Karir yang Kamu Inginkan

3. Jelaskan Pengalamanmu Selama Magang

ceritakan pengalaman magang ke hrd

sumber: insights.dice.com

Jika kamu menyertakan magang dalam resume yang cukup menonjol, perusahaan mungkin memintamu menjelaskannya. Nah, ini adalah kesempatan emasmu sebagai fresh graduate untuk mempromosikan diri dan unjuk keterampilanmu. Ceritakan pengalamanmu, apa peranmu dan bagaimana tugasmu saat itu bisa membentuk dirimu bisa berkomunikasi dengan efektif. Jelaskan juga tantangan yang pernah kamu hadapi dan bagaimana kamu bisa melaluinya. Coba jelaskan juga bagaimana pengalamanmu bisa memberi pelajaran untuk melalui tantangan di posisi yang kamu lamar saat ini.

About author

Related posts
GenK LIFE

Sering Merasa Kesepian? Mungkin Ini Penyebabnya!

GenK LIFE

Lagi Fokus Ngerjain Skripsi? Ini Tips Biar Lebih Semangat Lagi!

GenK LIFE

5 Olahraga untuk Mengatasi Anxiety, Dijamin Bikin Hatimu Makin Happy

GenK LIFE

Ini Dia Cara Menikmati Hidup di Saat Kamu Tengah Berjuang Meraih Mimpi