GenK LIFE

5 Tips Menabung Cerdas yang Bisa Bikin Kamu Cepat Kaya

Penghasilan yang kita miliki terkadang bisa terasa kurang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Padahal tanpa disadari ada berbagai faktor penyebab yang mungkin kamu lakukan yang bikin kantong jebol dan tabungan tipis. Maka dari itu kami sajikan khusus kamu beberapa tips menabung cerdas biar cepat kaya. 

1. Kurangi Nongkrong

Sumber: pexels.com

Jika kamu ingin menabung, maka kegiatan yang perlu banget untuk dikurangi adalah nongkrong. Ini dia nih tips menabung yang paling efektif khususnya buat para anak milenial yang hobi nongkrong cantik. Saat kamu terlalu sering nongkrong di cafe bersama teman-teman atau seorang diri, pengeluaranmu otomatis akan bertambah. Tentu bukannya tidak boleh sama sekali. 

Setelah bekerja tentu ingin melepas kepenatan atau sekadar memberi penghargaan kepada diri sendiri karena telah berusaha keras, kamu masih dapat memanjakan diri dengan membeli makanan yang enak di tampak yang nyaman. Namun yang perlu kamu ingat adalah jangan lakukan hal tersebut terlalu sering. Cukup satu sampai 2 kali dalam sebulan agar penghasilanmu tidak bobol dan kamu bisa menabung satu juta dalam sebulan.

Baca Juga :   Bagaimana Cara Berhenti Menyentuh Wajah Agar Terhindar dari Virus Corona?

2. Batasi Uang Tunai 

Sumber: pexels.com

Banyak orang yang membawa uang tunai dengan jumlah yang tak sedikit dan seringkali bisa terpakai untuk membeli sesuatu yang tidak direncanakan. Kamu juga semakin mudah mengeluarkan uangmu karena merasa masih ada uang di dompet. Agar terhindar dari hal tersebut, tips menabung yang perlu kamu praktikkan adalah dengan membawa uang sesuai dengan kebutuhan harianmu.

 Sebelum itu, kamu perlu merencanakan keuangan harian terlebih dahulu. Catat apa yang perlu dibeli dan pengeluaran apa saya yang harus kamu bayar setiap harinya. Misalnya uang makan dan transportasi bawalah uang yang sesuai dengan kebutuhan tersebut. Kamu bisa membawa cadangan uang Rp100.000 di dompet. Namun usahakan uang tersebut tidak terpakai karena uang tersebut adalah uang darurat. Pastikan jangan membawa banyak uang tunai yah.

About author

Related posts
GenK LIFE

Mengenal Hari Bahasa Ibu, Perjuangan Mempertahankan Bahasa Asli

GenK LIFE

Mulai Daur Ulang Plastik, Langkah Kecil Selamatkan Bumi

GenK LIFE

Ingin Bayar Cashless? Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

GenK LIFE

7 Cara Agar Tidak Mudah Baper, Kamu Wajib Tahu!