Tren Ngabuburit Zaman Now vs Zaman Dulu

Dibaca Normal: 5 menit aja
tren ngabuburit

Kamu pernah mendengar tentang ngabuburit, GenK? Atau sudah akrab dengan istilah tersebut? Ngerasa gak kalau sekarang trennya berubah?

Di bulan puasa seperti ini, aktivitas bepergian, bermain, atau berkegiatan sambil menunggu buka puasa disebut sebagai ngabuburit.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Sebagian besar orang melakukannya dengan berkeliling sambil mencari makanan pembuka puasa, khususnya di perumahan. Jalanan biasanya mulai ramai dipenuhi orang yang berlalu-lalang bersama anggota keluarga, mencari takjil dari penjual yang satu ke yang lainnya.

Kalau kamu pernah atau gemar melakukannya, berarti kita sama ya, GenK.

Asal Muasal Ngabuburit

Walaupun sudah sering kamu dengar dan gunakan dalam percakapan, tapi tahukah kamu tentang asal muasal istilah ngabuburit?

Istilah ini ternyata berasal dari bahasa Sunda, GenK. Yakni dari kata “burit” yang memiliki arti sore hari menjelang magrib. Dalam bahasa Sunda, ada beberapa istilah yang dipakai sebagai penanda waktu dalam kurun waktu 24 jam. Seperti “isuk-isuk” yang menunjukkan waktu pagi-pagi, kemudian “beuranguntuk menandai waktu siang hari, “burit” untuk sore hari, dan “peuting” untuk menandai malam hari.

Dari kata dasar “burit” itulah, kata ngabuburit akhirnya dimaknai sebagai aktivitas yang dilakukan di sore hari menjelang magrib dan lama kelamaan digunakan sebagai istilah yang akrab dengan bulan Ramadhan.

Dalam bahasa Sunda sendiri, sesungguhnya ada istilah lain yang sering terdengar di bulan puasa, GenK. Yaitu “munggahan”, yang berasal dari kata “munggah” yang artinya naik. Kegiatan munggahan diartikan sebagai “naik ke bulan yang suci”.

Sedangkan di dalam Kamus Bahasa Sunda yang dibuat oleh Lembaga Basa dan Sastra Sunda (LBSS), kata “ngabuburit” diartikan sebagai “ngalantung ngadagoan burit”, yang memiliki arti kurang lebih sebagai “bersantai-santai sambil menunggu sore hari”.

Di sisi lain, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menuliskan ngabuburit sebagai menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadan. Di KBBI, kata ini dilengkapi dengan keterangan (sd) yang menunjukkan asal kata dari bahasa Sunda.

Namun, kegiatan menunggu buka puasa ternyata tidak sekadar berjalan-jalan mencari takjil, GenK. Banyak aktivitas lain yang dilakukan masyarakat di Indonesia. Selain menyenangkan, kegiatan ini juga bisa bikin lupa waktu. Tiba-tiba, adzan magrib sudah berkumandang deh, GenK.

Di Indonesia sendiri, tren ngabuburit ternyata berubah dari waktu ke waktu, khususnya di kota-kota besar.

Awal Tren Ngabuburit

Aktivitas ngabuburit zaman dulu jauh berbeda dengan saat ini. Belum maraknya teknologi saat itu, menyebabkan remaja lebih sering melakukan kegiatan di luar rumah bersama teman-teman.

Meski masih bisa ditemukan, namun beberapa kegiatan menunggu buka puasa berikut mulai tertelan zaman. Di antaranya, mungkin ada yang sering kamu lakukan sewaktu bulan puasa di masa lampau, GenK.

1. Memainkan permainan tradisional

ngabuburit 1

memainkan permainan tradisional (Sumber: Kabarsidiacom)

Coba deh kamu ingat-ingat, sebelum ada smartphone pasti kamu lebih suka mengisi waktu di luar rumah, kan? Banyak sekali permainan tradisional yang bisa kamu mainkan bersama teman-teman seperti bermain congklak, layangan, hingga egrang.

Bermain egrang misalnya, sangat digemari saat bulan ramadan karena menantang dan mengadu ketangkasan.

2. Menonton televisi

ngabuburit 5

Menonton televisi (Sumber: Arah.Com)

Saat bosan bermain di luar rumah, sebagian orang memilih untuk menonton televisi sambil menunggu waktu berbuka puasa. Banyak acara atau program yang hadir khusus di bulan puasa.

Salah satunya seperti serial Lorong Waktu. Kamu mungkin masih ingat dengan akting Om Dedy Mizwar dan Reza yang berkelana melintasi waktu bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
GenK LIFE

Kenapa Milenial Hobi Travelling? Bukan Sekadar Tren Loh..

GenK LIFE

Buat yang Sering Begadang, Ini Lho Cara Menghilangkan Kantung Mata!

GenK LIFE

Fumio Sasaki, Mengisi Kekosongan Jiwa dengan Hidup Minimalis

GenK LIFE

Tanda-Tanda Pasanganmu Bersifat Manipulatif dan Cara Menghadapinya

GenK LIFE

Rahasia Waktu Terbaik Otak Bekerja, Bikin Kamu Makin Produktif

GenK LIFE

Apa itu Herd Immunity dan Kenapa Dihubungkan dengan Corona?

Quizzes

Slider
      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>