4 Trik Instastory Kekinian Buat Instagram Makin Kece

Dibaca Normal: 5 menit aja ★
trik instastory

Siapa yang suka update instastory? Mungkin selama ini instastory yang kamu buat sekadar gambar atau video aja. Bosan gak? Kalau iya, nih, kami kasih trik Instagram story kekinian supaya post kamu jadi lebih kece.

Sejak pengenalannya di tahun 2017 kemarin, Instagram story, yang juga dikenal dengan istilah IG story atau instastory telah menjadi salah satu fitur paling populer dari aplikasi berlogo kamera ini.

Berdasarkan data dari We Are Social, sebuah agensi kreatif asal London, Inggris, setiap harinya ada lebih dari 300 juta orang dari seluruh dunia yang menonton instastory dari total 500 juta pengguna aktif Instagram loh. Berarti setidaknya ada 3.400-an story yang di-upload per detik. Wah, banyak banget kan!

Khusus buat kamu yang punya segudang hal untuk di-update, kami punya beberapa trik super kece untuk bikin instastory tampil semakin memukau. Kuylah langsung disimak aja!

1. Cara Menyembunyikan Hashtag

Ingin Instagram story kamu mudah ditemukan di pencarian dan masuk dalam jajaran tren terkini, tapi menggunakan hashtag terkadang terlalu banyak memakan tempat dan bisa merusak estetika? Berikut ini dua cara yang bisa kamu lakukan untuk menyembunyikan hashtag dari instastory.

Cara pertama: Upload gambar di story, usahakan untuk memilih gambar dengan area yang memiliki satu blok warna tertentu. Di sinilah tempat hashtag akan disembunyikan.

Instastory 1

Memasukan hashtag ke IG story (sumber: later.com)

Next, tambahkan hashtag yang kamu inginkan, lalu kecilkan ukurannya secukupnya. Jangan sampai membuat hashtag terlalu kecil karena bisa berisiko tak terbaca oleh Instagram dan kontenmu tidak dapat ditemukan.

Instastory 2

Menyesuaikan warna hashtag dengan background (sumber: later.com)

Untuk menyembunyikan hashtag, block seluruh teks yang kamu masukan dan sesuaikan warnanya dengan warna background foto IG story-mu.

Cara kedua: Sembunyikan hashtag-mu di balik ikon atau elemen lain. Tap ikon sticker atau GIF setelah selesai mengunggah foto ke instastory lalu tambahkan elemen lain tepat di atasnya.

Instastory 3

Menyembunyikan hashtag di balik stiker (sumber: later.com)

Setelah tahu cara menyembunyikan hashtag di Instagram story, kamu juga bisa mengintip cara membuat serta menggunakan hashtag yang tepat untuk berbagai media sosialmu di artikel kami sebelumnya loh.

Baca Juga
7 Cara Manajemen Waktu Supaya Kamu Sukses di Usia Muda

2. Buat Teks Dengan Gradasi Warna

Trik instastory berikutnya yang juga cukup populer adalah penggunaan teks dengan gradasi warna. Fitur ini bisa kamu pakai untuk memberikan efek warna-warni nan cantik untuk teks story kamu, GenK. Cara ini cocok banget untuk menarik orang membaca pesan yang ingin kamu sampaikan di instastory.

Buat yang sering wara-wiri mantengin IG story untuk mencari inspirasi ide konten baru yang menarik, kamu mungkin sudah pernah melihat beberapa orang yang menggunakan fitur tersembunyi ini. Daripada hanya memilih satu warna tertentu untuk teksmu, mending buat gradasi warna sesuai keinginanmu.

Cara membuat gradasi warna pada teks story bisa kamu lakukan dengan mudah, GenK. Pertama, buka Instagram stories, lalu tambahkan teks yang kamu inginkan

Untuk melakukan trik ini, pastikan kamu menggunakan dua jari yah. Satu untuk menahan teks dan satunya lagi untuk memberikan warna lewat color slider..

Instastory 4

Menambahkan teks pada Instagram story (sumber: later.com)

Berikutnya, highlight teks lalu tap dan tahan color slider yang berada di pojok layar. Sambil tetap menahan color slider, pilih warna yang kamu inginkan sampai spektrum warna keluar.

Instastory 5

Highlight teks di story (sumber: later.com)

Klik dan tahan bagian garis pada ujung teks yang kamu highlight, lalu gerakan secara perlahan dari kiri ke kanan secara bersamaan dengan warna pada color spectrum. Hasilnya warna teksmu akan ikut berubah menjadi gradasi yang kece.

Instastory 6

Membuat gradasi warna pada teks (sumber: later.com)

3. Mendesain Background Instastory Transparan

Ketika kamu ingin memasukan teks ke dalam instastory dengan latar belakang gambar yang berwarna-warni, acap kali teks tersebut menjadi samar dengan warna yang ada pada background.

Untuk mengatasinya, kamu bisa membuat latar belakang story menjadi transparan, GenK.Jadi teks yang kamu tambahkan di dalamnya bisa terlihat dengan jelas.

Instastory 7

Upload foto di instastory (sumber: later.com)

Langkah pertama adalah dengan meng-upload gambar yang ingin kamu gunakan di IG story. Tap ikon teks dan ketik tulisan yang diinginkan.

Instastory 8

Pilih warna teks (sumber: later.com)

Next, tap ikon drawing tool yang berada di bagian kanan atas, lalu klik ikon chisel-tip brush yang berbentuk seperti stabilo di urutan kedua dari kiri. Setelah itu, pilihlah warna yang kamu ingin kamu gunakan untuk background dari opsi yang tersedia di bawah.

Instastory 9

Color slider untuk warna background (sumber: later.com)

Kalau kamu sudah menentukan warna yang akan dipakai untuk latar story, tap dan tahan opsi yang kamu pilih sampai warna background-mu berubah. Sudah deh, mudah bukan?

Instastory 10

Tampilan akhir story (sumber: later.com)

Baca Juga
Ingin Duit Tambahan? Cobain 9 Pekerjaan Sampingan untuk Mahasiswa Ini

4. Undang Rasa Penasaran dengan Paint Brush

Selain membuat background yang transparan untuk instastory, kamu juga memanfaatkan tool paint brush untuk membuat blok warna yang menutupi keseluruhan tampilan story. Pas banget buat kamu yang ingin memberikan kejutan kepada para followers lewat sneak peek IG story.

Instastory 11

Contoh foto story (sumber: later.com)

Caranya pun masih sama dengan trik mendesain background transparan sebelumnya. Buka foto yang diinginkan, lalu klik ikon pen yang ada di pojok atas layar, kemudian pilih warna yang kamu mau.

Instastory 12

Blok warna di background story (sumber: later.com)

Kemudian tap ke bagian mana pun di story dan tahan selama 1-3 detik sampai seluruh layar berubah dan tertutupi dengan satu blok warna yang kamu pilih.

Instastory 13

Hasil akhir instastory (sumber: later.com)

Step berikutnya adalah dengan memakai eraser. Kamu bisa menghapus beberapa bagian pada gambar sesukamu, baik dengan menggunakan bentuk seperti cakaran , atau lingkaran untuk memberikan efek teaser pada fotomu.

Efek ini sangat direkomendasikan buat kamu yang ingin memberikan sedikit preview untuk acara yang akan datang seperti brand campaign, atau peluncuran produk baru. Para followers pasti akan menjadi penasaran dengan sedikit cuplikan yang kamu berikan lewat Instagram story-mu.


Itu dia tadi beberapa trik keren yang bisa kamu coba untuk membuat instastory kamu jadi lebih menarik, GenK. Eits, tapi rasanya kurang lengkap kalau cuma story aja yang jadi kece. Yuk sekalian intip cara membuat konten Instagram kreatif ala kreativv ID di post sebelumnya.

Polling

Ditulis Oleh

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
GenK LIFE

5 Cara Ampuh Supaya Terhindar dari Toxic Positivity

GenK LIFE

Alasan Kenapa Kamu Harus Tahu Toxic Positivity

GenK LIFE

Yuk Intip Tips dan Cara Mendapat Uang dari Podcast!

GenK LIFE

7 Rekomendasi Podcast Terbaik Penuh Faedah Buat Anak Kreatif

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link