Rahasia Waktu Terbaik Otak Bekerja, Bikin Kamu Makin Produktif

Dibaca Normal: 4 menit aja

Tahukah kamu jika otak manusia memiliki ritme kerja optimal pada waktu-waktu tertentu? Yap, jadi bukan cuma kamu doang yang bisa bikin jadwal aktivitas harian, otak pun punya waktunya sendiri loh. Nah, makanya kami akan memberikan bocoran waktu terbaik otak bekerja, biar kamu bisa jadi makin produktif. Dikutip dari Health.MSN (4/11/2010), terdapat 8 waktu berbeda yang bisa kamu manfaatkan untuk mengoptimalkan fungsi otak loh. Kapan saja? Mari disimak ulasan lengkapnya di bawah! 

Slider
Slider
Slider

1. Jam 7-9 pagi

Waktu terbaik otak bekerja 1

Sumber: pexels.com

Waktu terbaik otak bekerja dimulai sejak kamu bangun tidur di pagi hari. Gunakan rentang waktu dari jam 7 sampai 9 pagi untuk membangun mood, bisa dengan menghubungi orang tersayang atau mendengarkan lagu penyemangat. Jangan lupa untuk mengisi perut dengan sarapan bernutrisi agar kamu bisa terhindar dari mood swing yang dapat terjadi akibat kelaparan. Meditasi dan olahraga ringan juga bisa jadi cara yang tepat untuk membantu meningkatkan mood.   

2. Jam 9 pagi – 11 siang   

Waktu terbaik otak bekerja 2

Sumber: pexels.com

Nah, sekarang kamu memasuki fase emas yang paling optimal atau dikenal sebagai waktu terbaik otak bekerja. Pada rentang waktu antara jam 9 pagi sampai 11 siang, otakmu akan memproduksi hormon kortisol (hormon stres). Hormon inilah yang berperan dalam meningkatkan perhatian dan fokusmu agar bisa lebih produktif dalam mengerjakan berbagai macam hal. Pada saat inilah otak kamu sedang ada pada kondisi prima dan siap melakukan berbagai tugas yang membutuhkan konsentrasi serta kemampuan analisa tinggi. Waktunya untuk kamu menjadi kreatif dan produktif nih.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider
Baca Juga
Design Thinking, Skill Mencari Solusi yang Dibutuhkan di Zaman Sekarang

3. Jam 11 – 2 siang 

Waktu terbaik otak bekerja 3

Sumber: pexels.com

Setelah melewati fase prima yang dibantu oleh produksi hormon kortisol, sekarang adalah waktu terbaik otak bekerja untuk tugas yang lebih kompleks dan sulit. Mulai dari jam 11 hingga 2 siang, produksi hormon melatonin yang membantumu tidur telah menurun dengan tajam. Alhasil, tubuhmu bisa lebih siap untuk menerima tantangan yang berat. Eits, tapi harus diperhatikan agar kamu tidak mengerjakan beberapa tugas sekaligus supaya konsentrasimu tidak terpecah yah. Lakukanlah pekerjaan secara bertahap, satu demi satu. 

Slider
Slider
Slider
Artikel Terkait
GenK LIFE

Saat Rekan Kerja Menyebalkan, Terapkan Anger Management Berikut!

GenK LIFE

Negara-Negara dengan Durasi Puasa Terlama di Dunia

GenK LIFE

Yang Perlu Kamu Tahu dari Tes Kepribadian MBTI

GenK LIFE

5 Dongeng yang Terkenal di Indonesia, Mana yang Paling Kamu Suka?

GenK LIFE

4 Jenis Shaming yang Tanpa Sadar Sering Dilakukan Banyak Orang

GenK LIFE

5 Cara Terkini Tingkatkan Imunitas Tubuh untuk Lawan Virus Corona 

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link