GenK LIFE

Yuk, Simak Tipsnya Biar Tetap Bugar Saat Puasa Ramadhan!

tips-bugar-saat-puasa

Berpuasa nggak hanya menjadi aktivitas ibadah saja. Namun, puasa juga memberikan berbagai manfaat kesehatan buat kamu. Seperti halnya puasa Ramadhan kali ini, beruntungnya kita jika dipertemukan kembali dengan bulan Ramadhan. Nah, biar makin semangat puasa penuh selama sebulan, kamu juga perlu tahu caranya menjaga kebugaran saat berpuasa. Jadi, kamu nggak lemas dan bawaannya malah mager terus. Yuk, kita simak tips agar bugar selama puasa!

Berolahraga dengan Tepat

Sumber Gambar : iloveqatar.net

Saat berpuasa, tubuhmu nggak akan bekerja seperti biasanya. Terjadi perubahan body clock, sehingga kamu mungkin sulit beradaptasi dengan rutinitas puasa. Namun, kamu tetap harus berolahraga biar bugar. Saat di bulan puasa, waktu yang ideal buat olahraga adalah saat pagi-pagi banget setelah kamu sahur, atau setelah matahari terbenam sehabis kamu berbuka. Ini membuat metabolisme kamu tetap bekerja normal.

Kemudian, waktu olahraga ideal adalah 45 menit untuk melakukan gerakan intens. Di saat Ramadhan, kamu lebih baik menjaga massa otot, daripada membentuk otot. Bukan waktu yang tepat buat memaksakan diri sendiri. Oh ya, olahraga ringan yang bisa kamu lakukan di antaranya seperti jalan kaki, berenang, bersepeda dan yoga.

Melakukan Diet Sehat

Tips bugar selama puasa

Sumber Gambar : iloveqatar.net

Tentu aja menu makanan dan minuman sangat penting saat puasa Ramadhan. Jadi, sederhananya, kamu diet dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Tahu, nggak, sih, kunci sebenernya untuk tetap fit, itu bukan makanan, melainkan air putih. Jadi, begitu sudah waktunya buka puasa, segera hidrasi kembali tubuh kamu. Tujuannya untuk melancarkan metabolisme setelah puasa seharian.

Kamu disarankan minum 3-4 liter air sehari. Tapi, tergantung pada aktivitas yang kamu lakukan juga. Makanlah empat atau lima porsi kecil setelah berbuka. Ini cukup buat mengembalikan energi kamu. Kamu bisa makan besar satu porsi sebelum imsak. Lalu, berbukalah pas ketika matahari terbenam. Kemudian, makan lagi sekitar pukul 21:30. Terakhir, kamu bisa makan untuk pre-bedtime pukul 23:30.

Baca Juga :   Pupuk Jiwa Nasionalisme-mu dengan Bangga Gunakan Produk Lokal!

Memperhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Tips bugar selama puasa

Sumber Gambar : iloveqatar.net

Jangan lupa, kamu juga perlu disiplin memilih makanan untuk dikonsumsi. Pastikan makanan kamu mengandung protein dan karbohidrat kompleks serta lemak esensial. Setelah berolahraga, konsumsilah milkshake tapi ganti dengan susu kedelai. Lengkapi dengan camilan bergizi, yaitu satu potong buah dan segenggam kacang-kacangan.

Kemudian, makanlah makanan dengan nutrisi lengkap, seperti telur, sayur, roti tawar dan kopi. Lalu, kamu bisa langsung berolahraga. Tapi, untuk porsi makannya bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan pencernaan kamu. Jadi, nggak harus banyak banget juga. Yang penting itu pilihan makanannya, ya.

Pastikan Kamu Nggak Dehidrasi

Tips bugar selama puasa

Sumber Gambar : bobvila.com

Mungkin kamu nggak menyangka kalau selama puasa, tubuh kamu kehilangan banyak cairan, bisa sampai 1 liter per hari. Ini karena tubuh nggak mendapat asupan makanan yang cukup. Jadi, tubuhmu membakar sumber energi seadanya, yaitu lemak dan air.

Nah, 60-70% tubuh kamu terdiri dari air. Jadi, begitu asupan air berkurang, ini bakal mempengaruhi sel-sel dan saraf tubuh, sehingga nggak bisa berfungsi maksimal. Kamu bisa dehidrasi, dan efeknya antara lain yaitu sembelit, sakit kepala, pusing, lelah dan kulit kering.

Oke, biar nggak dehidrasi, biasakan kamu minum minimal delapan gelas setiap hari. Kemudian, hindari makanan panas dan pedas soalnya bikin tambah haus. Terus, jangan tambahkan terlalu banyak garam di makanan kamu. Soalnya garam dan rasa asin itu meningkatkan kebutuhan cairan di dalam tubuh.

Kemudian, pastikan kamu makan sayur dan buah segar karena kaya serat dan air, sehingga mengurangi rasa haus. Kalau mau minum jus, minumlah yang segar dan nggak pakai pemanis. Satu lagi, coba untuk nggak langsung minum banyak air sekali waktu. Jadi, minumlah air di sela-sela aktivitasmu makan.

Nah, itu tadi tips bugar selama puasa . Kuncinya, rajin olahraga ringan, dan selalu penuhi sumber energi dari air putih dan makanan sehat. Dengan begitu, kamu bakal selalu happy, sehat dan energik selama puasa.

About author

Related posts
GenK LIFE

Para Workaholic Wajib Baca! Ini 5 Dampak Buruk Bekerja Terlalu Keras

GenK LIFE

Ini Dia Penjelasan Mengenai Anak Indigo Berdasarkan Sains!

GenK LIFE

Pingin Silaturahmi Tapi Takut Pandemi? Simak Tips Amannya Disini!

GenK LIFE

Pengen Hidup Jadi Lebih Baik? Ini 4 Buku Untuk Membangun Kebiasaan Yang Wajib Dibaca!