Kenapa Zona Waktu di Indonesia dibagi Menjadi Tiga? Ini Dia Penjelasannya!

Dibaca Normal: 3 menit aja

Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan dengan wilayah yang sangat luas. Wilayah yang luas ini secara otomatis juga memiliki bentangan garis bujur yang sangat panjang. Indonesia secara geografis terletak diantara 95° hingga 141° bujur timur. Begitu panjangnya bentangan garis bujur ini membuat wilayah Indonesia dibagi menjadi tiga zona waktu. Namun, sebelum membahas mengenai pembagian zona waktu ada beberapa hal yang mesti kamu tahu terlebih dahulu nih.

Slider
Slider
Slider
Zona waktu 1

Sumber: saintif.com

Waktu antar negara di dunia ini tentu berbeda-beda karena efek dari rotasi Bumi. Selain itu, pembagian waktu antar negara juga diatur oleh zona waktu. Pembagian zona waktu antar negara mengacu pada GMT (Greenwich Mean Time). Greenwich adalah sebuah kota di negara Inggris dimana disinilah garis bujur 0° yang menjadi patokan penentuan waktu dunia.

Konsep pembagian waktu GMT secara umum ada dua. Pertama, negara yang berada di wilayah barat Greenwich maka waktu GMT-nya negatif. Sebaliknya, apabila negara tersebut berada di wilayah timur Greenwich maka memiliki waktu GMT yang positif. Indonesia merupakan wilayah yang berada di timur Inggris maka secara otomatis GMT-nya positif.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Pembagian Waktu di Indonesia

Zona waktu 2

Sumber: wikipedia.org

Secara sederhana, penentuan waktu di suatu tempat didasarkan pada posisi garis bujur geografis. Sementara itu, keberadaan garis lintang lebih tepat digunakan untuk mengukur lamanya durasi siang atau matahari bersinar di lokasi tersebut. Dalam satu hari, matahari berputar pada porosnya selama 23 jam 56 menit kemudian dibulatkan menjadi 24 jam.

Perputaran tersebut menyebabkan matahari berada pada posisi celestial sphere dan membentuk satu lingkaran penuh. Mengingat satu lingkaran penuh adalah 360° dan ditempuh dalam 24 jam, maka 1 jam sama dengan 15°. Kemudian, setiap panjang garis bujur 15° ditetapkan sebagai zona waktu tersendiri dengan rumus GMT+ waktu area tersebut.

Oleh karena itulah, wilayah Indonesia dibagi menjadi tiga zona waktu karena memiliki panjang garis bujur 44°. Lalu, total panjang garis bujur tersebut (44°) dibagi dengan konversi satu jam ke dalam satuan derajat (15°). Hasil perhitungan tersebut adalah 2,93 dan bisa dibulatkan menjadi 3. Jadi, panjang waktu keseluruhan di Indonesia adalah 3 jam. Atas dasar inilah wilayah Indonesia dibagi menjadi tiga zona waktu, yaitu WIB, WITA dan WIT.

Slider
Slider
Slider
Artikel Terkait
GenK LIFE

Beberapa Tren yang Lahir untuk Mengatasi Kesepian Kita

GenK LIFE

Aneh Tapi Nyata, 4 Fobia Unik yang Bikin Kamu Bertanya-tanya

GenK LIFE

5 Cara Keluar dari Hidup Membosankan

GenK LIFE

Bikin Hari Istimewanya Lebih Spesial dengan Ucapan Ulang Tahun untuk Sahabat

GenK LIFE

Kangen Hiking? Ini Cara Aman Kembali Mendaki di Tengah Pandemi

GenK LIFE

5 Langkah Praktis dan Mudah untuk Mengusir Rasa Kesepian

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link