3 Kuliner Khas Kalimantan Selatan yang Wajib Kamu Coba!

Dibaca Normal: 3 menit aja

Kalimantan Selatan menjadi salah satu provinsi yang berada di Indonesia dengan ibukotanya Banjarmasin. Kalimantan Selatan biasanya terkenal dengan Kota Banjarmasin sebagai Kota Seribu Sungai. Selain itu, Kalimantan Selatan juga dikenal dengan kain batik khasnya yang disebut dengan sasirangan.

Ragam flora dan fauna juga sangat banyak di Kalsel, di antaranya yang terkenal adalah hewan bekantan dan mangga kasturi. Ciri khas lain dari daerah Kalimantan Selatan ialah kuliner-kulinernya.

Selain terkenal dengan Banjarmasin sebagai Kota Seribu Sungai, Kalimantan Selatan juga memiliki banyak kuliner khas daerahnya. Biasanya, kuliner khas daerah Kalsel sangat mudah ditemui di warung-warung di Kota Banjarmasin.

Berikut ini adalah ulasan saya untuk mengisi kegiatan #KulinerKreativv dari kreativv ID agar para pembaca mengetahui tentang makanan enak di Kota Banjarmasin.

1. Mie Habang

Sumber: https://cookpad.com/id/resep/3758996-mie-bancirmie-habang-khas-kalimantan%F0%9F%92%93

Mie Habang dalam bahasa Banjar memiliki arti mie merah. Hal tersebut tidak salah lagi karena warna mie yang dihidangkan adalah merah. Mie habang terbuat dari tepung terigu dan garam. Sementara warna merah mie tersebut berasal dari pewarna merah makanan atau bisa juga dari saus tomat yang dimasukkan dalam proses pembuatannya.

Baca Juga
8 Game Android Terbaik dengan Grafis Ciamik

Mie habang sangat mudah ditemui di warung-warung kecil sekitar Kota Banjarmasin, harganya pun sangat terjangkau dan beragam. Ada yang menjual mulai dari Rp5.000 s/d Rp20.000, tergantung porsi dan keinginan si pembeli. Mie habang biasanya disantap sebagai sarapan atau pendamping nasi ketika sedang makan.

Selain itu, ada juga pedagang yang menyajikan mie habang sebagai pendamping bakso. Apa pun itu, mie habang tetap terasa lezat kok ketika dimakan!

2. Ketupat Kandangan

Sumber: https://travelingyuk.com/ketupat-kandangan-di-banjarmasin/154481/?utm_source=idle&utm_medium=dekstop&utm_campaign=reload/

Ketupat Kandangan merupakan makanan khas dari Kandangan, Kalimantan Selatan. Kandangan terletak di tepi sungai Amandit dan berjarak 135 km di sebelah utara Kota Banjarmasin. Bahan ketupat yang dihidangkan disini sama seperti ketupat pada umumnya, yaitu beras.

Baca Juga
Sweet Cake, Si Sweety Andalan Arek Suroboyo

Ketupat kandangan sendiri memiliki komponen berupa ketupat, ikan gabus atau haruan, kemudian disiram dengan kuah santan yang sudah bercampur rempah-rempah. Kuliner enak ini banyak ditemui di Kota Banjarmasin atau pun kota-kota lain di Kalimantan Selatan dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp12.000.

Biasanya hidangan ini disantap sebagai sarapan atau menu makan siang. Ketupat dengan karbohidrat, ikan gabus yang lezat, serta kuah santan yang gurih menjadi kombinasi yang pas untuk mengisi perut ketika lapar melanda.

3. Soto Banjar

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Soto_Banjar

Makanan yang terakhir ini merupakan kuliner yang paling populer dari Kalimantan Selatan, kuliner tersebut ialah soto banjar. Soto banjar sudah cukup dikenal di seluruh Indonesia, sehingga tidak diragukan lagi kelezatannya.

Soto banjar adalah soto yang berasal dari suku Banjar, biasanya disajikan dengan ketupat yang diiris-iris bersamaan dengan suwiran ayam, sayur-sayuran, bihun (opsional), perkedel serta memiliki aroma harum rempah-rempah yang berasal dari kuahnya.

Baca Juga
Santuy di Cafe Sambil Nge-Mie Godok Jawa

Orang-orang suku Banjar juga sering menghidangkan kuah dari soto banjar untuk disiram ke sepiring nasi, biasanya disebut nasi sop. Kuliner ini merupakan rekomendasi saya kepada sobat kreativv ID ketika berkunjung ke Kota Banjarmasin. Harganya pun beragam, mulai dari Rp15.000.

Kuliner ini sangat mudah untuk ditemukan di sekitar Kota Banjarmasin, kuliner ini bisa dihidangkan kapan pun baik sebagai menu sarapan, makan siang, atau makan malam.

Itulah 3 kuliner khas Kalimantan Selatan yang wajib kalian coba ketika berkunjung ke Kota Banjarmasin dan sekitarnya. Dari 3 kuliner tersebut, yang mana favorit sobat kreativv ID nih? Favorit saya tetap soto banjar.

Kalau kalian belum pernah mencoba ketiga kuliner tersebut, wajib nih untuk memasukkan Kota Banjarmasin sebagai destinasi wisata kuliner sobat berikutnya. Sampai jumpa di Kota Seribu Sungai, GenKreativv.

Ditulis Oleh

Pemuda Kalimantan yang gemar menulis, membaca buku, bermain game, dan belajar tentang pemrograman komputer.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
GenK STORY

Menariknya Tahu Gejrot di Kawasan Asia Afrika

GenK STORY

Makanan Tradisional Jadi Hits Kekinian

GenK STORY

Kuliner Murah di Pamulang dari Pagi Sampai Malam

GenK STORY

Jajanan Pasar Legendaris Kota Malang yang Wajib Kamu Cicipi!

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link