Cara Membuat Foto Cityscape Menggunakan HP

Dibaca Normal: 3 menit aja

Hello, GenK. Saya Dedi, hobi saya memotret. Kali ini saya mau membagikan sedikit tips dan trik cara membuat foto cityscape pakai handphone. Di artikel ini saya akan bahas mulai dari cara pengambilan foto sampai editingnya biar foto kamu keliatan ciamik. Gimana sih caranya? Yuk, baca!

Oh iya, foto yang saya jadikan contoh di sini adalah karya saya yang jadi pemenang pertama kompetisi foto #CekreKreativv yang diadakan oleh kreativv ID. Kompetisi ini mengharuskan kita memotret lewat handphone dengan tema cityscape. Seru banget! Nah, biar gak kelamaan, sekarang kita langsung aja bahas tipsnya. Simak sampai habis ya!

Tips 1. Sabar

Sebenarnya syarat pertamanya yang memang itu: mau mencoba dan sabar. Saya saranin, kalau mau hunting cityscape photography, kamu jangan bawa kendaran pribadi. Mending naik transportasi umum plus jalan kaki karena kadang ada beberapa spot foto bagus yang memang hanya bisa diakses dengan jalan kaki .

Baca Juga
Jenis-Jenis Sepatu Sneakers yang Wajib Sneakerhead Punya

Tips 2. Selalu Siapkan Kamera

Nah, ini penting, GenK. Kamu harus selalu stand by dan siap untuk memotret. Kenapa? Karena kamu gak akan pernah tahu kapan momen yang bagus akan muncul. Setiap detik momen, dapat terjadi dan dapat juga berubah-ubah. Jadi, jangan lengah dan selalu pastikan kamera kamu siap. Oke, sekarang kita lanjut dengan membahas contoh hasil foto cityscape hasil bidikan saya sendiri. Ini nih foto yang jadi juara pertama di kompetisi #CekreKreativv ID.

cityscape photography

sumber: foto karya penulis

Foto ini diambil menggunakan handphone Google Pixel 1. Saya mengabadikan foto ini hari minggu saat Car Free Day di Jakarta. Foto ini diambil sekitar pukul 11 siang ketika sudah mulai sepi, para pejalan kaki dan kendaran sudah mulai lewat. Saya yang sedang menunggu bus pulang akhirnya malah jadi menunggu momen jalanan agak kosong sedikit untuk mengambil foto yang bagus. Ini foto aslinya, GenK.

sumber: penulis

Dari foto ini, saya melakukan editing pertama menggunakan Snapseed. Biasanya di Snapseed sayahanya mengatur pencahayaan dan detailnya.

cityscape

sumber: penulis

cityscape

sumber: penulis

Dari Snapseed lanjut pindah ke Adobe Lightroom Mobile. Di sini, saya biasa mainkan tone warnanya sesuai selera. Selalin itu, saya mengubah sedikit kecerahannya lagi. Setelahnya, saya melakukan beberapa editing color mix. Detailnya bisa kamu lihat pada gambar berikut.

sumber: penulis

sumber: penulis

Sehabis itu, saya lanjut mengedit menggunakan Lens Distortion. Aplikasi ini khusus berfungsi untuk menambah objek seperti cahaya matahari, hujan dll agar foto kita menjadi lebih ciamik.

cityscape

sumber: penulis

Langkah terkahir, baru deh di kasih watermark. Saya biasa memakai Add Watermark. Saran saya, kalau mau memberi watermark yang proporsional, gunakan watermark yang kecil saja, jangan sampai menghalangi objeknya. Ingat, GenK, yang dilihat orang itu fotonya, bukan watermark-nya. Kalau kamu masih penasaran, nih saya bagi data gambarnya.

cityscape

sumber: penulis

Gimana, GenK? Semoga cukup membantu kamu yang mau ambil foto cityscape ya. Jangan takut berkarya. Hanya lewat HP, kamu udah bisa kok menghasilkan foto yang kece! Salam jepret!

Baca Juga
Ayam Kremes Kedai Tombo Kangen yang Bikin Kangen

Dedi Nasution adalah pemenang pertama kompetisi #CekreKreativv. Kompetisi ini diadakan untuk mendorong #GenKreativv berani berkarya fotografi lewat HP. Lihat sendiri kan hasil foto Dedi? Hanya lewat, HP kamu bisa ambil gambar sekeren itu. Kamu juga pasti bisa, GenK!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
GenK STORY

Menariknya Tahu Gejrot di Kawasan Asia Afrika

GenK STORY

Makanan Tradisional Jadi Hits Kekinian

GenK STORY

Kuliner Murah di Pamulang dari Pagi Sampai Malam

GenK STORY

Jajanan Pasar Legendaris Kota Malang yang Wajib Kamu Cicipi!

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link