Cara Membuat Foto Cityscape Menggunakan HP

Dibaca Normal: 3 menit aja 😊

Hello, GenK. Saya Dedi, hobi saya memotret. Kali ini saya mau membagikan sedikit tips dan trik cara membuat foto cityscape pakai handphone. Di artikel ini saya akan bahas mulai dari cara pengambilan foto sampai editingnya biar foto kamu keliatan ciamik. Gimana sih caranya? Yuk, baca!

Oh iya, foto yang saya jadikan contoh di sini adalah karya saya yang jadi pemenang pertama kompetisi foto #CekreKreativv yang diadakan oleh kreativv ID. Kompetisi ini mengharuskan kita memotret lewat handphone dengan tema cityscape. Seru banget! Nah, biar gak kelamaan, sekarang kita langsung aja bahas tipsnya. Simak sampai habis ya!

Tips 1. Sabar

Sebenarnya syarat pertamanya yang memang itu: mau mencoba dan sabar. Saya saranin, kalau mau hunting cityscape photography, kamu jangan bawa kendaran pribadi. Mending naik transportasi umum plus jalan kaki karena kadang ada beberapa spot foto bagus yang memang hanya bisa diakses dengan jalan kaki .

Baca Juga   5 Tips Mobile Photography yang Harus Diperhatikan ala Dony Setiawan

Tips 2. Selalu Siapkan Kamera

Nah, ini penting, GenK. Kamu harus selalu stand by dan siap untuk memotret. Kenapa? Karena kamu gak akan pernah tahu kapan momen yang bagus akan muncul. Setiap detik momen, dapat terjadi dan dapat juga berubah-ubah. Jadi, jangan lengah dan selalu pastikan kamera kamu siap. Oke, sekarang kita lanjut dengan membahas contoh hasil foto cityscape hasil bidikan saya sendiri. Ini nih foto yang jadi juara pertama di kompetisi #CekreKreativv ID.

cityscape photography

sumber: foto karya penulis

Foto ini diambil menggunakan handphone Google Pixel 1. Saya mengabadikan foto ini hari minggu saat Car Free Day di Jakarta. Foto ini diambil sekitar pukul 11 siang ketika sudah mulai sepi, para pejalan kaki dan kendaran sudah mulai lewat. Saya yang sedang menunggu bus pulang akhirnya malah jadi menunggu momen jalanan agak kosong sedikit untuk mengambil foto yang bagus. Ini foto aslinya, GenK.

sumber: penulis

Dari foto ini, saya melakukan editing pertama menggunakan Snapseed. Biasanya di Snapseed sayahanya mengatur pencahayaan dan detailnya.

cityscape

sumber: penulis

cityscape

sumber: penulis

Dari Snapseed lanjut pindah ke Adobe Lightroom Mobile. Di sini, saya biasa mainkan tone warnanya sesuai selera. Selalin itu, saya mengubah sedikit kecerahannya lagi. Setelahnya, saya melakukan beberapa editing color mix. Detailnya bisa kamu lihat pada gambar berikut.

sumber: penulis

sumber: penulis

Sehabis itu, saya lanjut mengedit menggunakan Lens Distortion. Aplikasi ini khusus berfungsi untuk menambah objek seperti cahaya matahari, hujan dll agar foto kita menjadi lebih ciamik.

cityscape

sumber: penulis

Langkah terkahir, baru deh di kasih watermark. Saya biasa memakai Add Watermark. Saran saya, kalau mau memberi watermark yang proporsional, gunakan watermark yang kecil saja, jangan sampai menghalangi objeknya. Ingat, GenK, yang dilihat orang itu fotonya, bukan watermark-nya. Kalau kamu masih penasaran, nih saya bagi data gambarnya.

cityscape

sumber: penulis

Gimana, GenK? Semoga cukup membantu kamu yang mau ambil foto cityscape ya. Jangan takut berkarya. Hanya lewat HP, kamu udah bisa kok menghasilkan foto yang kece! Salam jepret!

Baca Juga   Ikan Kuah Kuning Sambal Dayak

Dedi Nasution adalah pemenang pertama kompetisi #CekreKreativv. Kompetisi ini diadakan untuk mendorong #GenKreativv berani berkarya fotografi lewat HP. Lihat sendiri kan hasil foto Dedi? Hanya lewat, HP kamu bisa ambil gambar sekeren itu. Kamu juga pasti bisa, GenK!

Tentang Penulis

Saya seorang yg menyukai Foto , saya sangat antusian melihat foto foto yg luarbiasa memiliki nilai seni yg bagus dan saya juga sangat menyukai photography Hoby saya motret mengabadikan moment yg berbeda dari sudut pandang yg berbeda juga.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
GenK STORY

Ikan Kuah Kuning Sambal Dayak

GenK STORY

Nongkrong Nyaman, Minuman Kekinian dan Gak Bikin Kantong Bolong

GenK STORY

Rekomendasi Podcast Indonesia yang Wajib Kamu Dengarkan

GenK STORY

Tujuan Karir Fresh Graduate: Boleh Gak Asal Milih Tempat Kerja Setelah Lulus?

GenK STORY

Trik Memotret Night Photography dengan Handphone

GenK STORY

5 Tips Mobile Photography yang Harus Diperhatikan ala Dony Setiawan

GenK STORY

Citra Marina, Kartini yang Berkarya di Kereta

GenK STORY

Raditya Dika, Founder Stand Up Indo dan Penulis Komedi Terbaik Indonesia

GenK STORY

Marishka Soekarna, Role Modelku Seorang Mama

GenK STORY

DIY Hiasan Interior Berbudget Murah untuk Rumah Scandinavian

GenK STORY

Jenis-Jenis Sepatu Sneakers yang Wajib Sneakerhead Punya

GenK STORY

Tetap Produktif dan Kreatif dengan Mengubah Galau Jadi Karya

GenK STORY

Solusi untuk Pemerintah dalam Merumuskan Aturan IMEI

GenK STORY

7 Game Android Terbaik dengan Grafis Ciamik

            Artikel Selanjutnya