GenK STORY

Hidden Gem Kemang Dalam: Ketoprak

Makan siang di daerah Kemang bagi kita yang sedang berhemat adalah aktivitas yang gampang-gampang susah. Kebanyakan pilihan yang ada cukup menguras kantong. Setidaknya, kamu harus merogoh kocek 45 ribuan untuk makan dan minum di restoran cepat saji alias fast food di wilayah ini.

Syukur-syukur ada promo dompet digital, tapi kan tidak selalu ada. Pedagang kaki lima banyak sih, tapi belum tentu rasanya enak.

Beruntunglah kamu menemukan artikel ini, ada makanan enak di wilayah Kemang Dalam dengan harga di bawah 30 ribu. Sebuah gerobak setia mangkal setiap siang menyajikan ketoprak spesial. Walau dihimpit oleh banyak restoran mahal nan bergengsi di sekitar Kemang, abang ketoprak ini tetap saja banyak diburu pelanggan.

Terlebih, dengan menjamurnya kantor-kantor startup baru yang mulai banyak menghuni kawasan Kemang.

Ketoprak ini tidak punya nama khusus. Pada dasarnya, memang hanya abang pedagang kaki lima biasa yang menjual ketoprak. Penjualnya bernama Bang Rohim. Ia berjualan di atas trotoar yang terletak di wilayah Kemang Dalam, di antara Jl. Kemang Dalam XI dan Jl. Kemang Selatan 1.

Agar lebih mudah, cari saja Cordelia Custom Cake di peta Google. Lokasinya persis di samping toko kue tersebut. Bang Rohim berjualan dari mulai pukul 9 pagi hingga pukul 3 siang.

Seporsi ketoprak harganya cuma 13 ribu. Plus cashback sebesar 37 ribu kalau bayar dengan uang pecahan 50 ribu. Yang membuat ketoprak ini spesial bukanlah tambahan telur ceplok atau dadar. Namun, bumbu kacangnya yang lekoh, tidak encer seperti kebanyakkan ketoprak yang bisa merobek kertas bungkusnya.

Lekoh sendiri sering digunakan oleh banyak orang Betawi atau Sunda untuk menggambarkan sebuah makanan dengan kuah atau saus yang kental dan gurih. Pernah makan gado-gado Betawi otentik yang saus kacangnya sangat gurih? Begitulah saus kacang ketoprak ini.

Tidak hanya itu, bihun dan sayuran tauge di ketoprak ini cukup fresh, tidak keras maupun berbau aneh. Yang paling penting adalah Bang Rohim nggak pelit dengan kerupuk. Kalau lihat foto di atas, bungkus kerupuknya besar dan penuh.

Bahkan, bisa tambah kalau tidak malu meminta. Ketoprak Bang Rohim memang nggak ada obat, pantas untuk masuk daftar #KulinerKreativv di kreativv ID.

Lokasi tempat Bang Rohim berjualan sangat mendukung untuk menikmati ketoprak spesial ini. Kemang Dalam adalah sebuah komplek perumahan yang terletak di bagian tengah kawasan Kemang.

Sebagai sebuah komplek, ada banyak pepohonan tumbuh yang membuat suasana di Kemang dalam menjadi lebih sejuk dibanding wilayah Kemang lainnya. Walau matahari bersinar terik seperti yang terjadi belakangan, tidak akan mengganggu ritual pelanggan untuk menikmati ketoprak spesial ini.

Tidak hanya ketoprak, ada beberapa pedagang yang juga menjual makanan lainnya, seperti gado-gado dan gorengan. Pada pagi hari, ada Bang Diki yang menjual nasi uduk murah meriah. Sebungkus nasi uduk dengan tempe orek dan tahu hanya dijual seharga 7 ribu rupiah, bulatkan jadi 10 ribu untuk menambah lauk jengkol balado.

Menjelang sore hari, tukang nasi goreng beserta tukang bakso turut hadir meramaikan tempat ini. Terakhir, ada sebuah warung kecil yang buka dari pagi hingga malam menjual berbagai minuman dan makanan kecil.

Tempat ini menjadi hotspot bagi banyak masyarakat Kemang yang ingin mencari makan. Berbagai macam menu hidangan dari pagi, siang, hingga malam ada di tempat ini. Walau begitu, ketoprak Bang Rohim tetap menjadi primadona di tempat ini.

Bagi kalian yang ingin mampir, luas jalan di lokasi ini cukup lebar. Ada banyak supir taksi kerap beristirahat memarkirkan mobil taksi mereka di pinggir jalan. Namun, bila jalanan tersebut penuh, kamu bisa coba memarkirkan kendaraan di supermarket Hero yang terletak tidak jauh dari lokasi ini.

Sayangnya, tidak ada transportasi umum yang melintas di lokasi ini.

About author

Related posts
GenK STORY

Membedah Gaun Era Victoria dalam Film Enola Holmes

GenK STORY

Cara Merancang Interior Cafe Saat New Normal

GenK STORY

Pandemi Bikin Kamu Rebahan Terus? Lakukan Kegiatan Produktif Berikut Yuk GenK!

GenK STORY

Rumah Sebagai Tempat Bermain di Masa Pandemi

Leave a Reply

Your email address will not be published.