Hobi Masak? Kamu Harus Tau Jenis Wajan Ini Beserta Fungsinya!

Dibaca Normal: 3 menit aja
jenis wajan beserta fungsinya

Sebagian orang ada yang malas banget untuk pergi kedapur walau cuma buat masak air panas sekalipun, tapi tau ga sih kalau di dapur itu banyak banget peralatan yang fungsinya juga berbeda. Bahkan, untuk wajan saja itu banyak sekali jenis yang sesuai dengan kegunaannya. Buat kamu yang hobi masak, sudah seharusnya banget kamu tau benda-benda dibawah ini yang menjadi alat pendukung untuk membuat masakan kamu menjadi lebih lezat dan cantik dilihat. Berikut pembahasan jenis-jenis wajan atau panci yang sesuai beserta fungsinya.

Slider
Slider
Slider

Wok

jenis wajan Wok

sumber: homedepot.com

memasak-pakai-wok

Wok adalah wajan yang bentuknya tidak datar melainkan cekung ke dalam karena sesuai dengan fungsinya wok adalah wajan yang digunakan untuk menggoreng dengan minyak yang banyak, tujuannya agar bahan masakan yang digoreng terendam sempurna pada minyak. Ukurannya juga beragam ada yang kecil, sedang hingga yang lumayan besar. Tapi jangan salah Genk, Wok ini juga bisa digunakan untuk memasak gulai rendang, gulai opor atau tumisan-tumisan biasa, karena penampangnya yang cekung kedalam, membantu kita memasak menjadi lebih mudah dan leluasa.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Fry Pan

memasak-pakai-wok

masak-dengan-frypan

Kalau dari bentuknya wajan yang satu ini, pasti sering kita sebut dengan kata teflon. Perlu kalian tau nih, teflon itu sebenarnya bukan nama jenis panci atau wajannya melainkan nama dari senyawa polimer yang telah diciptakan oleh seorang yang bernama Roy J. Plunkett (1910 – 1994) di DuoPont. Senyawa ini sifatnya termoplastik dan biasnya dijadikan bahan lapisan dari wajan itu sendiri. Sesuai dengan bentuknya yang datar fry pan ini bisanya dipakai untuk memasak masakan yang tidak perlu menggunakan minyak yang banyak bahkan untuk beberapa jenis fry pan ada juga yang tidak perlu menggunakan minyak goreng sama sekali loh. Kamu bisa banget menggunakan fry pan untuk masak Sei Sapi lezat dengan Sambal Luat yang pedas nampol!

Baca Juga
Masak Jadi Lebih Menyenangkan dengan 5 Desain Dapur Minimalis Berikut

Casserole

jenis wajan casserole

dustovenscookware.com

masak-dengan-casserole

Dikenal juga sebagai braiser pan, wajan satu ini biasanya digunakan untuk memasak masakan yang membutuhkan waktu cukup lama dalam pengolahannya, contohnya seperti memasak nasi dan juga masakan Asia lainnya. Tetapi wajan ini juga bisa dipakai untuk memanggang berbagai masakan karena tutupnya dapat mengunci kelembapan sehingga hasil masakan dapat matang sempurna. Selain itu, casserole ini juga bisa kamu jadikan sebagai wadahnya langsung dan disajikan dimeja makan karena bentuknya yang cantik.

Slider
Slider
Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
GenK STORY

6 Rekomendasi Menu Sarapan Khas Melayu di Batam, Sedap Semua!

GenK STORY

Ikan Kuah Kuning Sambal Dayak

GenK STORY

Moshi-Moshi Ramen, Sensasi Makan Ramen Bernuansa Jepang

GenK STORY

Tonton Aksi Seru Anime dalam 5 Rekomendasi Anime Action Terbaik Ini

GenK STORY

5 Tips Mobile Photography yang Harus Diperhatikan ala Dony Setiawan

GenK STORY

Mie Ongklok Longkrang Kuliner Khas Wonosobo yang Menggoda Lidah

Quizzes

Slider
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link