Masuk Musim Hujan, Soto Betawi dulu Buat Menghangatkan Badan

Dibaca Normal: 3 menit aja

Masuk musim hujan gini enaknya makan-makanan yang berkuah, anget-anget, apalagi pakai sambel, nikmatnya.

Di antara berbagai macam makanan berkuah seperti bakso, mie kuah, atau pun soto. Soto tetap punya penggemarnya tersendiri. Soto bahkan merupakan salah satu hidangan untuk jamuan makan kenegaraan. Indonesia patut bangga nih.

Tapi, udah pada tau kan soto betawi atau biasa disingkat sobet? Salah satu warisan kuliner Nusantara ini asalnya dari Betawi. Warna kuahnya yang keruh dan kental menjadi ciri khas dari soto betawi ini.

Nah, ngomong-ngomong soal soto ini ada banyak macamnya lho GenK kreativv ID! Selain soto betawi, ada juga soto madura, soto lamongan, soto kudus, coto makasar, dan masih banyak lagi. Walaupun soto betawi ini asalnya dari Betawi sana, tapi kota-kota lain saat ini juga menjual soto betawi dan rasanya nggak kalah juara.

Baca Juga
3 Kuliner Khas Kalimantan Selatan yang Wajib Kamu Coba!

Nah, salah satu makanan enak di Yogyakarta yang soto betawinya sudah saya cicipi ada di Soto Betawi Bang H. Pitung. Konon katanya sih, yang punya emang orang Betawi asli.

Kepo sedikit, sempat mengira kalau kuah soto betawi ini terbuat dari santan aja. Ternyata salah GenK, yang buat kuah soto betawi ini terasa semakin legit karena ada campuran susu sapi. Bahkan ada juga soto betawi yang dibuat khusus dengan susu low fat bagi mereka yang sedang menjalankan program diet atau tidak bisa mengonsumsi santan.

Kuah sobet dimasak dengan berbagai rempah-rempah Indonesia, apalagi isian dari sotonya yang menggiurkan banget gini. Potongan daging, bermacam jeroan (babat, hati, paru), potongan kentang, potongan tomat segar, ditambah telur, bawang goreng, dan emping yang terakhir disiram legitnya kuah soto betawi. Beh… Ngiler nggak tuh?

Baca Juga
Intip Makanan Enak Under 30K, Yuk GenK!

Soto betawi ini juga merupakan salah satu makanan legendaris dan termasuk #KulinerKreativv Indonesia. Untuk harga, masih masuklah ke kantong mahasiswa. Cukup dengan Rp22.000 kalian udah bisa nikmatin lezatnya soto betawi ini GenK. Masih cukup terjangkau ‘kan?

Soto betawi yang saya pesan ini soto betawi komplit. Isinya ada babat, daging, telur, irisan tomat, kentang, dan emping. Ditambah acar, kecap, dan sambal makin tambah nikmat GenK.

Kalau favorit saya, kuah selalu saya campur ke kerupuk. Sensasi rasanya tuh loh GenK, renyahnya kerupuk berpadu kuah sobet. Endes pisan.

Ada lagi nih yang unik dari sajian soto betawi di Bang H. Pitung ini. Penyajianya pakai semacam wadah alumunium yang di bagian bawahnya ada parafin dan lilin, jadi kuah soto dijamin tetap hangat.

Baca Juga
Santuy di Cafe Sambil Nge-Mie Godok Jawa

Tata sajian yang berbeda ini terbukti menambah kepuasan pelanggan loh. Selain unik, penyajian seperti ini menjaga kuah sobet dalam keadaan hangat dan rasa sobet pun tetap terjaga.

Desain ruangan di Soto Betawi H. Pitung juga menampilkan ornamen Betawi. Terlihat dari jendela kayu yang terpasang di tembok, serta ornamen kayu dan lampu gantung yang menambah kesan Betawi banget!

Range harga Soto Betawi Bang H. Pitung ini berkisar antara Rp15.000-Rp25.000 (tergantung isian soto). Lokasinya sendiri berada di Ruko Babarsari (sebelum pom bensin Babarsari), Depok, Sleman, Yogyakarta (tertera di Google Maps). Soto Betawi Bang H. Pitung buka setiap hari pukul 07.00-21.00 WIB.

Gimana? Musim hujan gini nggak mau neduh dulu buat mencicipi gurihnya soto betawi?

Ditulis Oleh

content writer beauty n fashion, penggila kulineran, hobi masak, suka jalan-jalan, suka nulis, dan hobi nonton film horror. Find me at instagram @ardeliatali

Tulis Komentar

Artikel Terkait
GenK STORY

Menariknya Tahu Gejrot di Kawasan Asia Afrika

GenK STORY

Makanan Tradisional Jadi Hits Kekinian

GenK STORY

Kuliner Murah di Pamulang dari Pagi Sampai Malam

GenK STORY

Jajanan Pasar Legendaris Kota Malang yang Wajib Kamu Cicipi!

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link