Menariknya Tahu Gejrot di Kawasan Asia Afrika

Dibaca Normal: 3 menit aja

Halo GenK kreativv ID, kali ini aku mau berbagi info menarik seputar makanan enak di Kota Bandung. Nah, buat kalian yang mau wisata ke Kota Bandung, kalian wajib tau nih tentang kawasan Asia Afrika.

Daerah ini terkenal sebagai tempat wisata yang gak pernah sepi dari pengunjung loh. Baik wistawan luar maupun warga Bandung sendiri pun gak ada bosannya datang ke sini, GenK.

Kalian akan temui beranekaragam kuliner di kawasan ini dan yang paling menarik perhatian adalah tahu gejrot. Makanan ini sangat digemari dan kalian gak perlu khawatir dengan rasanya, GenK. Di kawasan ini, kalian akan temui banyak pedagang tahu gejrot tapi semua rasa makanannya tetap mantul (mantapp betul).

Ratarata para pedagang tahu gejrot berjualan keliling, GenK. Mereka berjualan dengan gerobak yang dipikul. Nah, di kawasan ini akan selalu ada pedagang tahu gejrot yang stay jualan di tempat ini setiap hari mulai pukul 12.0023.00, tepatnya di samping PLN dekat dengan gedung KAA. Kalian gak perlu khawatir, disini juga disediakan tempat duduk di bawah pepohonan yang rimbun.

Tahu gejrot merupakan salah satu jajanan khas Cirebon yang memiliki cita rasa unik yang di gemari karena perpaduan rasa asam manis pedas dengan rasa khas dari tahu gembos.

Hal menarik yang perlu kalian ketahui bahwa tahu gejrot ini sudah ada sejak sebelum Indonesia merdeka loh, GenK. Bermula dari pabrikpabrik tahu milik warga keturunan China di Kabupaten Cirebon kala situasi ekonomi dan politik belum stabil.

Baca Juga
Kuliner Bandung yang Tidak Boleh Terlewatkan

Mayoritas mayarakat Cirebon kala itu bekerja sebagai buruh tahu. Mereka berjualan keliling dari satu kampung ke kampung lainnya.

Usut punya usut, nama tahu gejrot berasal dari kelatahan masyarakat dalam proses pembuatannya, di mana penuangan bumbu dengan cara di hentak atau di gejrotkan sehingga menimbulkan bunyi jrot-jrot.

Karena yang di gejrot adalah tahu, maka orangorang latah menyebutnya tahu gejrot. Sejak saat itu tahu gejrot khas Cirebon semakin berkembang dan terkenal di mana-mana.

Tahu yang di gunakan untuk membuat tahu gejrot yakni, tahu gembos yang di tuang dengan bumbu kuah rasa manis dari gula merah, rasa asam dari asam jawa, dan sensasi pedas dari cabai rawit yang ditambah dengan bawang semakin menggugah selera makan.

Tahunya beda dari tahu-tahu biasa. Tekstur tahu berkulit yang di dalamnya berongga membuat perpaduan rasa khas dari tahu bercampur menyerap bumbu kuahnya sehingga menjadi rasa yang mantap betul deh pokoknya.

Kali ini aku menjajaki tahu gejrot khas Cirebon dari Mang Epo. Mang Epo sudah berjualan tahu gejrot di kawasan ini sejak tahun 2004. Berarti sudah 15 tahun, GenK. Tidak diragukan lagi rasanya mantap betul!


Untuk penyajiannya simple, namun cukup menarik karena menggunakan piring yang terbuat dari tanah liat. Tidak perlu khawatir makanan tradisional khas yang banyak digemari mulai kalangan muda hingga tua ini memiliki harga yang terjangkau.

Harganya cukup murah, GenK. Hanya dengan Rp10.000,- kalian sudah bisa menikmatinya dengan puas karena isinya yang lumayan banyak.

Selain rasanya yang enak, suasana di sekitarnya tentu memikat hati. Karena di sekitar lokasi penjual tahu gejrot juga terdapat beragam kuliner lainnya dan juga buat kalian yang tertarik untuk mencari buku-buku lama di sini banyak, GenK.

Tidak hanya itu aja, yang paling istimewa lagi, kawasan Asia Afrika merupakan tempat bersejarah yang sangat menarik dikunjungi karena bangunan bersejarah yang unik, yakni Gedung Merdeka.

Baca Juga
3 Tempat Makan All You Can Eat di Bandung yang Wajib Kamu Coba

Sebagian besar dari kalian pasti tau kan, GenK, kalau tempat ini digunakan sebagai tempat pertemuan Konferensi Asia Afrika (KAA) dan pada tanggal 24 April 1980 bangunan ini diresmikan menjadi Museum Asia Afrika oleh Presiden Republik Indonesia ke-2 yaitu, Presiden Soeharto.

So, kalian juga bisa wisata mengunjungi museum bersejarah ini. Tak hanya itu saja, di sepanjang jalan kalian akan dihibur dengan berbagai macam tokoh kartun, karakter anime, superhero, bahkan siap-siap bakal di datangi berbagai sosok hantu seperti Pocong, Kuntilanak, Valak, dan banyak banget. Kalian juga bisa seru-seruan foto bersama mereka loh.

Nah, udah tau kan, GenK, betapa menggiurkannya makan tahu gejrot di kawasan Asia Afrika. Jadi buat kalian para pecinta #KulinerKreativv yang mau ke Kota Bandung jangan sampai melewatkan makanan enak yang satu ini ya.

Ditulis Oleh

Seorang yg passionate terjun dalam dunia kuliner, hobi memasak, food entrepreneur dan food enthusiast

Tulis Komentar

Artikel Terkait
GenK STORY

Makanan Tradisional Jadi Hits Kekinian

GenK STORY

Kuliner Murah di Pamulang dari Pagi Sampai Malam

GenK STORY

Jajanan Pasar Legendaris Kota Malang yang Wajib Kamu Cicipi!

GenK STORY

Moshi-Moshi Ramen, Sensasi Makan Ramen Bernuansa Jepang

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link