GenK STORY

6 Rekomendasi Menu Sarapan Khas Melayu di Batam, Sedap Semua!

menu sarapan khas melayu di Batam

Berbicara tentang hidangan untuk sarapan pagi tentu banyak sekali pilihan menu yang bisa kita nikmati. Makanan yang dipilih tentu tergantung selera masing-masing orang. Pilihannya bisa makanan yang manis, gurih, atau mungkin maunya sarapan penuh karbohidrat seperti nasi goreng. Jika kamu sedang di Batam, maka cobalah menikmati makanan untuk sarapan khas Melayu. Menu yang hanya bisa anda temukan di daratan tanah Melayu. Rasa dan kelezatannya dijamin tidak kalah dibanding menu sarapan yang ada di daerah lain. Apa saja menunya dan di mana kamu bisa mendapatkannya, berikut ini rekomendasinya.

1. Mie Lendir

Mie Lendir

sumber: instagram.com/daithien2_

Mie Lendir merupakan menu yang berlabel wajib dicoba saat anda sedang di Batam. Satu porsi Mie Lendir terdiri dari mie kuning dan taoge rebus yang dilengkapi dengan irisan telur rebus, cabai rawit hijau, bawang goreng, dan seledri. Bahan-bahan tadi kemudian disiram kuah kacang yang agak kental berwarna cokelat. Hal ini jugalah yang membuat makanan ini dikenal dengan nama mie lendir. Cita rasa kuah kacangnya gurih dan manis. Rasa manis berasal dari ubi jalar dan kacang tanah, sedangkan rasa gurih didapat dari ayam dan udang. Kenikmatan inilah yang akan membuat anda ketagihan setelah mencobanya. Hampir seluruh kedai kopi di Batam menyediakan menu Mie Lendir ini. Adapun tempat-tempat favoritnya adalah Kedai Kopi Harum Manis, Morning Bakery Greenlad, New Sun Bread KDA dan Morning Bakery KBC.

Baca Juga :   Self-Love: Pesan dari TEDxUPNVJ Tahun 2021

2. Mie Tarempa

Mie Tarempa khas Melayu

sumber: instagram.com/mynameiskhus

Mie Tarempa ini juga salah satu makanan Melayu yang paling dicari oleh wisatawan saat berada di Batam. Kuliner ini dimasak dengan penuh rempah dan warnanya agak kemerahan. Mie nya pun tebal dan kenyal. Tarempa ini sebenarnya berasal dari nama daerah yakni Kota Tarempa, ibu kota Kabupaten Kepulauan Anambas. Namun, saat ini mie tarempa dapat ditemukan di seluruh wilayah Kepulauan Riau termasuk Batam. Keistimewaan mie tarempa terletak pada cita rasanya yang pedas dengan isian potongan ikan tongkol kering yang berlimpah. Rasanya benar-benar enak. Kuliner ini hadir dalam tiga bentuk olahan, yaitu mie tarempa kering, basah, dan lembab. Tempat favorit untuk menikmat mie tarempa ini antara lain di Mie Tarempa Batam Center, Mie Tarempa Berkat Komplek Niaga Mas dan Mie Tarempa Sungai Panas.

3. Nasi Lemak

Nasi Lemak

sumber: sumber : instagram.com/kulinerkoadi

Menu berikutnya adalah Nasi Lemak. Nasi Lemak ini sangat khas karena dibuat dengan campuran santan, jahe, daun pandan, daun serai, sehingga menimbulkan aroma harum dan membuat orang semakin tidak sabar untuk mencicipinya. Nasi ini biasanya disajikan dengan tambahan cabai merah yang dicampur dengan ikan atau sotong. Ada juga yang menambahkan sepotong ayam dan satu butir telur utuh dalam satu porsinya. Tempat menikmat nasi lemak ini antara lain Kedai Kopi BK Pasar Mitra Raya dan Kedai Coffe Time Niaga Mas.

About author

Related posts
GenK STORY

Belajar Dari Masayoshi Son, Orang Terkaya Jepang Yang Berasal Dari Keluarga Miskin

GenK STORY

Ini Yang Harus Dilakukan Ketika Pekerjaanmu Masih Diremehkan Orang Lain

GenK STORY

Tentang Hari Buku Anak Sedunia dan Rekomendasi Cerita untuk Si Kecil

GenK STORY

Self-Love: Pesan dari TEDxUPNVJ Tahun 2021