GenK STORY

Bikin Sendiri Resep Odading di Rumah Yuk, GenK!

Resep odading tiba-tiba jadi viral dan banyak dibicarakan oleh masyarakat sejak video yang dibuat oleh seorang pengguna TikTok tersebar di seluruh media sosial. Di dalam video tersebut, seorang laki-laki yang selanjutnya diketahui bernama Mang Ade Londok, sedang makan sambil me-review rasa makanan odading yang dibuat di warung Mang Sholeh. Masyarakat langsung heboh dan ingin ikut mencoba makanan tersebut. Tapi kamu tahu nggak sih GenK, apa itu odading dan bagaimana cara membuatnya?

Apa itu Odading?

apa itu odading

Sumber: ayosemarang.com

Odading sebenarnya adalah roti goreng. Resep odading pun sama dengan roti goreng, yaitu tepung yang dibuat menjadi adonan dan digoreng di atas wajan dengan minyak panas. Di berbagai daerah di Indonesia, odading atau roti goreng ini dijual bersamaan dengan cakwe. Penyebutan nama odading pun sebenarnya dari masyarakat Jawa Barat. Kebanyakan warga sana menyebut roti goreng sebagai odading.

Kalau soal awal mula nama odading, hal ini terjadi pada zaman pendudukan Belanda di Indonesia, di mana ada seorang anak Belanda yang menginginkan jajanan yang dijual di pinggir jalan. Karena tidak tahu namanya, sang anak hanya menunjuk gerobak penjual. Ibu sang anak melihat gerobak penjual tersebut dan berkata. “Oh, dat ding”. Akhirnya, roti goreng di area Jawa Barat lebih dikenal sebagai odading.

Awal Mula Odading Jadi Viral di Berbagai Media Sosial

awal mula odading viral

Sumber: sweetrip.id

Mulanya memang dari video TikTok odading Mang Sholeh, makanan dan resep odading banyak dicari. Semakin viral, semakin banyak warga yang mampir ke kedai odading Mang Sholeh. Mereka datang karena ingin mencicipi jajanan manis ini.

Kalau kamu penasaran dengan makanan odading, kamu sebenarnya nggak perlu keluar rumah apalagi pergi ke Bandung. Kamu bisa coba buat sendiri resep odading sambil #DiRumahAja. Selain bahan dan alat yang digunakan sederhana, cara membuatnya juga gampang banget, GenK. Yuk, simak cara gampang buat odading di rumah berikut ini!

Baca Juga :   Mencicipi Lezatnya Garlic Cheese Bun dan Roti Khas Korea Lainnya!
About author

Related posts
GenK STORY

Tentang Hari Buku Anak Sedunia dan Rekomendasi Cerita untuk Si Kecil

GenK STORY

Self-Love: Pesan dari TEDxUPNVJ Tahun 2021

GenK STORY

Heart Waffle, Inspirasi Unik Hidangan Hari Valentine

GenK STORY

3 Manfaat Menggunakan Sunscreen