GenK STORY

Self-Love: Pesan dari TEDxUPNVJ Tahun 2021

TEDxUPNVJ

TEDxUPNVJ adalah acara nirlaba yang berada di bawah naungan TED. Acara ini diorganisir dan dikelola oleh para mahasiswa UPN Veteran Jakarta, guna mengajak berbagai individu dari latar belakang berbeda untuk bertukar pikiran dengan melihat perspektif baru yang bernilai, sesuai dengan filosofinya, “Ideas Worth Spreading”.

Acara TEDxUPNVJ 2021 Digelar secara Daring

Setelah sukses dengan TEDxUPNVJ 2019, TEDx kembali digelar pada Sabtu, 13 Februari 2021 secara daring. Dengan tajuk “The Art of My Body”, TEDxUPNVJ 2021 bertujuan untuk memberikan wawasan lebih dalam mengenai body positivity serta memahami berbagai identitas yang dimiliki oleh manusia, seperti ras, gender, etnis, dan seksualitas.

Dewasa ini, tidak sedikit orang yang belum bisa memunculkan perasaan self-love dikarenakan terlalu fokus dengan kekurangan yang dimiliki. Oleh karena itu, TEDxUPNVJ ingin mengajak semua peserta untuk lebih mengenal, memahami, memaknai serta menerima diri sendiri.

TEDxUPNVJ percaya tiap individu adalah makhluk yang kompleks dan mempunyai seni tersendiri dalam tubuhnya. Sehingga, dengan menghadirkan pembicara-pembicara yang dapat memberikan insight dan perspektif baru mengenai tubuh manusia, peserta mampu melihat “seni” manusia dari sudut pandang yang berbeda.

Baca Juga :   Cara Meningkatkan Self Talk Positif untuk Hidup yang Lebih Baik

TEDxUPNVJ 2021 Penuh dengan Pembicara Keren

TEDxUPNVJ 2021 menghadirkan pembicara-pembicara dengan latar belakang yang beragam, mulai dari model, mahasiswa, psikiater, seniman, sex educator, life coach, hingga engineer, untuk saling bertukar pikiran mengenai seni dalam tubuh. Berikut pembicara yang hadir pada TEDxUPNVJ 2021: The Art of My Body.

  1. Aditya PradiptaA Letter to My Body
  2. Dr. Ria Maria Theresa, Sp. KJThe Rhythm of Heart, Mind, and Body
  3. Fiona Callaghan M.SiHow Colonialism Shapes Indonesian Beauty Standards
  4. Jennifer ElimSex Education: Indonesian Emergency
  5. Maulidya FalahWoman in Tech: How to Fix The Industry’s Gender Problem
  6. Regina AnggitaEmbodiment in Art: Body
  7. Tiara Adelia4 Secrets the Modelling Industry Doesn’t Want You to Know
  8. Yohanes Hariadinata S.MButterfly Effect: How a Chaos Theory Led to a Leadership

Di salah satu talks, sempat membahas mengenai self-acceptance dan body positivity, di mana kita diajak untuk lebih menerima berbagai kekurangan diri guna menjadikannya sebagai keunikan. Keunikan yang merupakan hasil dari transformasi kekurangan diri dapat memicu individu menjadi lebih positif secara hati, tubuh, serta pikiran. Gerakan self-acceptance dan body positivity mengingatkan kita semua bahwa tubuh adalah sesuatu yang kompleks, karena beauty is about self-empowerment.

Baca Juga :   Apa Love Language Kamu? Temukan di Sini!
acara-tedxupnvj

Salah satu materi TEDxUPNVJ yang disampaikan melalui online

Sesi Sharing dengan Peserta Acara

Di akhir acara, TEDxUPNVJ memberikan kesempatan bagi para peserta untuk saling bertukar pikiran dengan para pembicara dari berbagai latar belakang yang dikemas dalam Networking Session. Hal ini sesuai dengan komitmen awal TED, yaitu berbagi inspirasi, sebab inspirasi adalah awal dari segalanya.

sesi-sharing-acara-TED

Sesi sharing acara TEDxUPNVJ

Semoga, dengan digelarnya acara ini, kita semua semakin cinta pada diri sendiri, tanpa perlu membandingkan kelebihan dan kelemahan dengan orang lain. Adanya acara TEDxUPNVJ online juga membuktikan bahwa meski di masa pandemi, tetap ada kegiatan positif yang dapat kita lakukan.

Written by:

Fachri Rizki

(Communications, Editorial, & Marketing TEDxUPNVJ)

Baca Juga :   Terapkan Body Positivity, Cintai Dirimu dengan Tips Ini
Related posts
GenK STORY

Tentang Hari Buku Anak Sedunia dan Rekomendasi Cerita untuk Si Kecil

GenK STORY

Heart Waffle, Inspirasi Unik Hidangan Hari Valentine

GenK STORY

3 Manfaat Menggunakan Sunscreen

GenK STORY

Pementasan Teater KataK Virtual “Paman Doblang” Sukses Menarik Hati 1000 Penonton