Tujuan Karir Fresh Graduate: Boleh Gak Asal Milih Tempat Kerja Setelah Lulus?

Dibaca Normal: 3 menit aja
tujuan karir fresh graduate

Yeaaay.. akhirnya wisuda juga! Setelah berjibaku menyelesaikan skripsi dan bolak-balik ngejar dosen untuk revisi, akhirnya punya gelar tambahan di belakang nama yang dikasih sama orangtua. Sebagai anak yang baru lulus banget dari kuliah, pasti kita punya cita-cita bisa kerja di kantor bonavit dan sesuai dengan passion.Tapi tahu gak sih, GenK, kalau dunia setelah kita melepas topi toga itu gak seindah drama yang sering mama kita tonton. Kita mulai harus memikirkan tujuan karir fresh graduate yang gak selalu mulus sesuai rencana.

D sinilah dunia yang sebenarnya dimulai, hari di mana uang jajan dari papa gak akan mengalir sederas biasanya, dan kamu harus mulai menghidupi dirimu sendiri.

Gimana caranya?

Untuk bertahan hidup, kita memiliki kebutuhan yang banyak, mulai dari sandang, pangan dan papan. Nah, karena kebutuhan yang sangat banyak ini, entah itu kebutuhan pokok atau kebutuhan tambahan untuk status sosial, kamu harus bekerja.

Namun, masalahnya adalah mencari kerja itu gak seindah yang kamu bayangkan. Kenapa? Karena dalam mencari kerja, biasanya kamu akan menemukan kesulitan menyamakan keinginan dan kemampuan kamu dengan kerjaan itu.

Semua orang yang baru lulus kuliah pasti punya harapan tinggi atas pekerjaan pertamanya. Beberapa orang cukup beruntung karena harapannya jadi kenyataan. Tapi, ada juga yang belum mendapat kesampatan mewujudkan cerita indah itu.

Baca Juga
Santuy di Cafe Sambil Nge-Mie Godok Jawa

Buat kamu yang sedang meraba tujuan karir fresh graduate, jangan sampai punya pemikiran “Duh… yaudah deh yang penting gue kerja dulu.” itu adalah kalimat yang wajib dihindari, GenK. Kamu layak mendapatkan pekerjaan yang terbaik, sesuai dengan kualitasmu.

Terus gimana dong? Cari kerja kan susah, saingannya banyak.

Berikut beberapa saran yang mungkin bisa berguna untuk adik-adik fresh graduate:

1. Kerja Gak Harus di Perusahaan Besar

GenK, sekarang tuh banyak banget perusahaan yang berkembang dan butuh kalian semua yang punya kreativitas tanpa batas. Walaupun perusahaannya belum besar, namun kemauan mereka untuk maju sangat besar. Sekarang ini banyak banget perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase berusaha menemukan pasar yang tepat. Kita biasa mengenal mereka dengan sebutan startup.Buat kalian yang aktif, dinamis dan mau maju, perusahaan ini pasti cocok banget buat kalian.

tujuan karir fresh graduate

ilustrasi fresh graduate (sumber: pexels.com)

2. Melenceng dari Jurusan Kuliah

Dulu kuliah di jurusan MIPA, berhubungan dengan hal-hal eksak, tapi pas kerja jadi staff di bagian administrasi.

Well, ini adalah kasus yang banyak banget terjadi. Kok bisa? Ya, karena ada kalimat tadi, “Yang penting gue kerja dulu deh…”

Saya sih sama sekali gak mengharamkan yang tipe begini, sama sekali gak salah, bahkan kalian bisa dapat ilmu yang mungkin kalian gak pelajari sebelumnya pas jadi mahasiswa. Tapi ini akan menjadi salah. kalau kalian cuma setengah-setengah.

Baca Juga
Ayam Kremes Kedai Tombo Kangen yang Bikin Kangen

Maksudnya setengah-setengah adalah ketika nanti mungkin kalian harus pindah dari perusahaan ini, dan ternyata kalian gak menguasai kemampuan 100% untuk posisi admin, kalian akan kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan baru lagi. Karena setiap kultur perusahaan itu berbeda-beda, tentu SOP kerja juga berbeda. Jadi kalian setidaknya harus menguasai penuh tentang posisi kalian sehingga CV kalian menjual walaupun background pendidikan gak sesuai. Kebayang dong kalau semuanya nanggung? Sudah pendidikan gak sesuai, penglaman kerja melenceng, dan parahnya lagi skill kamu kurang.

3. Tidak Berminat Boleh, Menolak Jangan

Dari sekian banyak lapangan pekerjaan, posisi Marketing adalah posisi yang paling merajai. Tapi masih banyak juga orang yang bilang “Duh gue gak bakat jualan, gue gak bisa lah, males ah ngurusin omset..”


GenK, sadar gak, secara gak langsung kalian meremehkan diri kalian sendiri. Belum dicoba aja sudah bilang gak bisa. Padahal gak ada salahnya mencoba, karena posisi ini punya jenjang karir yang cepat melesat loh. Lagi pula, Marketing dan Sales itu beda ya. Silakan dicari tahu lagi lebih mendalam.

tujuan karir fresh graduate

ilustrasi fresh graduate (sumber: pexels.com)

4. Butuh Kerja Memang, Tapi Jangan Sembarang Terima Pekerjaan

Ini adalah hal yang paling penting.

Baca Juga
Ikan Kuah Kuning Sambal Dayak

Ketika kalian sedang gencar mencari kerja, kalian biasanya akan memasukan CV ke berbagai perusahaan melalui aplikasi pencari kerja. Atau, kalian akan mengikuti sejumlah Job Fair dan membawa CV kalian sebanyak-banyaknya untuk di-drop di sana tanpa tahu melamar di perusahaan apa.

Alangkah baiknya kalian mengenali dulu perusahaan yang kalian lamar dan melakukan riset kecil sebelum benar-benar berharap bisa bergabung. Tujuannya agar kalian gak salah pilih perusahaan dan terhindar dari hal-hal yang mungkin bisa merugikan kalian sendiri.

Jadi, GenK, intinya sih kalau kalian bekerja itu harus dengan hati dan logika yang seimbang. Tidak ada kata cukup untuk belajar. Di tempat kalian bekerja nantinya kalian harus terus meng-upgrade kualitas kalian. Kalau sudah ter-upgrade terus, nantinya bukan lagi kalian yang mencari kerjaan, tapi kerjaan yang mencari kalian.

Good luck, GenK!!

kreativv ID punya beberapa tips yang harus dibaca oleh para fresh graduate nih, GenK. Pasti berguna banget buatmu. Jangan sampe gak baca ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
GenK STORY

Menariknya Tahu Gejrot di Kawasan Asia Afrika

GenK STORY

Makanan Tradisional Jadi Hits Kekinian

GenK STORY

Kuliner Murah di Pamulang dari Pagi Sampai Malam

GenK STORY

Jajanan Pasar Legendaris Kota Malang yang Wajib Kamu Cicipi!

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link