Buku

8 Genre Buku Fiksi yang Harus Diketahui Penulis Novel Fiksi, Jangan Sampai Salah Pilih, Ya!

Genre Buku Fiksi

Tertarik jadi penulis buku fiksi karena melihat ada banyak banget penulis yang berhasil ngedapetin kesuksesan setelah menerbitkan karyanya, GenKs? Emang, sih, novel adalah salah satu jenis bacaan yang nggak pernah sepi penggemar. Dan untuk jadi penulis buku fiksi itu super gampang banget. Kamu bisa membuatnya tanpa riset mendalam. Cukup berbekal imajinasi yang tiada batas ditambah dengan skill merangkai kata yang mumpuni. Yups, cuma itu doang. Eits, tapi sebelum mulai menulis novel fiksi pertamamu, ada satu hal penting yang harus kamu ketahui dulu, nih. Ternyata jenis buku fiksi itu ada macam-macam. Nah, agar nggak salah pilih, sebaiknya kenali 8 macam genre buku fiksi berikut ini, yuk!

Fantasi

genre buku fiksi

Sumber Gambar : lifesavvy.com

Pertama ada genre fiksi yang ceritanya terkesan nggak masuk akal. Pembaca novel fiksi bergenre fantasi akan diajak untuk terjun memasuki sebuah dunia lain yang benar-benar beda banget dengan kenyataan. Kebanyakan novel fantasi berlatar kerajaan atau alam semesta berkonsep mitos dunia yang dibumbui unsur magis dan supranatural. Meski penulis bebas menuangkan imajinasinya, tapi alur cerita tetap bersifat rasional dan logis serta ada pesan moral.

Realistic Fiction

Sumber Gambar : pcdn.co

Kedua ada genre realistic fiction yang ceritanya berpegang pada cerita-cerita realistis. Biasanya latar novel fiksi realistis itu seputar kehidupan sehari-hari sebuah keluarga, percintaan pasangan kekasih, pertemanan, kehidupan bermasyarakat atau tentang alam, dengan masalah dan penyelesaian yang bisa juga terjadi di dunia nyata.

Fanfiction

Sumber Gambar : fflovers.files.wordpress.com

Inilah genre yang awalnya berasal dari imajinasi fans. Biasanya karakter-karakter dalam novel fanfiction atau yang sering disingkat fanfic itu adalah artis seperti anggota boyband, band, aktor maupun tokoh-tokoh besar yang ceritanya umum dibalut dengan slice of life dan dunia, konsep, karakter dan aspek ceritanya asli dari idola sang penulis yang dijadikan sebagai tokoh di buku tersebut.

Romantis

Sumber Gambar : rd.com

Genre keempat ini jadi yang paling sering kita temuin di toko buku karena nggak dipungkiri peminat novel romantis sangat berjibun. Umumnya buku fiksi dengan genre romantis mengangkat cerita tentang kehidupan sehari-hari dengan bumbu romansa. Kata demi kata dirangkai begitu puitis dan romantis untuk membuat pembaca ikut-ikutan baper, kesemsem dan salting sampai senyam-senyum sendiri saat membaca.

Thriller / Suspense / Mystery

Sumber Gambar : openroadmedia.com

Well, tiga genre ini mengusung tema yang sama dan biasanya, sih, tentang penculikan, pembunuhan atau aksi kriminal lainnya, di mana jalan ceritanya melibatkan pelarian atau pengejaran. Dan yang seru itu, akan ada karakter yang memberi plot twist nggak terduga seiring dengan satu persatu misteri atau pertanyaan mulai terkuak.

Horor

Sumber Gambar : denofgeek.com

Yang keenam ada horor, guys. Nah, kalau genre buku fiksi satu ini dibalut dengan alur cerita yang penuh ketegangan sehingga pembaca pun bakal ikut merinding. Cerita jenis horor biasanya berkaitan dengan dunia gaib dan makhluk halus. Tapi nggak melulu bentuknya seperti iblis, bisa juga penulis menakut-nakuti pembaca melalui ancaman berupa teror kematian doang.

Science Fiction

Genre Buku Fiksi

Sumber Gambar : vox.com

Perpaduan antara fiksi dan sains ilmiah dengan cerita yang terbangun dari dunia modern penuh dengan teknologi serba canggih. Selain itu, biasanya novel genre sci-fi mengambil latar jauh di masa depan, di mana kemajuan ilmu pengetahuan itu belum ada di dunia nyata. Nah, karena berdasarkan pengetahuan ilmiah, maka penulis butuh imajinasi serta kreatifitas tingkat tinggi.

Historical

Genre Buku Fiksi

Sumber Gambar : gobookmart.com

Terakhir, ada genre historical yang bersetting tempat dunia sesungguhnya, di masa berbeda, yakni masa yang telah lampau. Biasanya tokohnya adalah tokoh penting dalam sejarah yang digambarkan secara fiksi, tetapi sesuai dengan sejarah faktual. Selain itu, ada juga historical romance sebagai sub-genre dari novel historical, yang di dalamnya melibatkan kisah-kisah percintaan dan saling bertentangan dengan latar faktual, guys.

So, gimana, nih, udah siap merangkai kata demi kata serta merajut kalimat demi kalimat menjadi karya dengan salah satu genre buku fiksi di atas, Genks?

About author

Related posts
Buku

Love In Heart

Buku

Cara Bersikap Asertif Ala Judy Murphy (Part 2)

Buku

Cara Bersikap Asertif Ala Judy Murphy (Part 1)

Buku

Kamu Hobi Membaca? Ini Dia Beberapa Buku Menarik Dari Penulis Wanita di Seluruh Dunia!